Unicorn! Menurut Bangsa Celtic.

Unicorn! Menurut Bangsa Celtic.

Unicorn. Nama itu pasti memberikan bayangan kuda-kuda berbulu putih menggemaskan dengan satu tanduk. Nama itu juga mungkin memberikan bayangan kuda dengan tanduk yang sering muncul di kaos anak-anak perempuan (dari usia 4-18, karena sepertinya anak-anak SMA masih menyukai Unicorn) dan juga stiker-stiker, beserta banyak merchandise lainnya.

Kabar baik dari Unicorn sebagai metode branding dan merchandising… mereka tidak bergantung sama sekali akan Trademark untuk membentuk merchandise. Tidak seperti Star Wars, Disney Princess, dan semacamnya lagi. Orang-orang bebas mendesain Unicorn seperti yang mereka mau. Bisa dibuat menggemaskan, mulia, bahkan agak gila (Serius, ada permainan bernama Unstable Unicorns, kusarankan mainkan dulu board game tersebut sebelum membaca tulisan ini).

Tetapi, bahkan untuk standard menyeramkan milik Unicorn, makhluk itu tidak akan pernah tampak sebagai makhluk yang… berbahaya.

Tentunya Kuda Nil (Fun Fact: Hippopotamus berasal dari bahasa Yunani Hippo (Kuda) dan Potamus yaitu Dewa Sungai, Kuda Nil juga berasal dari kata-kata tersebut, maksudnya Sungai Nil) tidak tampak sebagai makhluk menyeramkan tetapi jumlah kematian tahunan atas serangan hewan dipuncaki Kuda Nil selama belasan tahun.

Jadi… Sebelum anda ingin mendapatkan gambaran negative akan Unicorn, bermainlah Unstable Unicorns dulu selama (mungkin) 5-6 kali, baru baca tulisan ini. Aku bukan orang kejam yang ingin merusak gambaran indah makhluk imut ini, tetapi aku mungkin saja merusak gambaran indah dari makhluk ini.

Asal Usul Mitologi

Sebelum membahas secara unik mengenai Unicorn di Skotlandia dan menurut orang Celt, kita bahas dulu asal Unicorn di mitologi dunia.

Unicorn sendiri merupakan istilah Latin. Jika ada hubungannya dengan Latin berarti Unicorn berasal dari Romawi. Unicorn sendiri diciptakan oleh Julius Caesar, aku tidak perlu menjelaskan siapa dia… dan Caesar yang merupakan ilmuwan dan sejarawan yang pintar memutuskan untuk mencatat penemuannya akan sebuah badak di Afrika.

Penjelasan yang ia buat? “Bertanduk Satu, tampak seperti Kuda” Ia menamakan Badak ini  Unicorn, Latin untuk “Satu Tanduk”

Caesar memang salah satu orang terpintar di Romawi, baik secara ilmu filosofis atau ilmu empirikal seperti sains dan sejarah… Namun Caesar-pun belum pernah melihat Badak sebelumnya. Satu-satunya hal yang Caesar lihat mirip dari Badak adalah kakinya yang ada 4 dan kebiasaannya berlari. Dari situ, ia berasumsi bahwa Badak adalah Kuda dengan cula.

Maju bertahun-tahun dari era Romawi dan pindah dari penanggalan AUC, penanggalan Caesar, penambahan bulan Juli dan Agustus, lalu muncullah bangsa Celtic. Mereka juga mengadopsi Unicorn dengan cara mereka sendiri.

Tidak ada catatan sejarah resmi yang aku temukan di buku-buku mitologiku (aku punya banyak, percaya aja deh… 😀 ) namun, aku punya 3 teori asal orang Celtic mampu menemukan catatan akan Unicorn.

Satu, ada kebetulan bahwa mereka memang mempunyai legenda yang sama tentang Unicorn, namun karena kurangnya catatan serta kepopuleran dari mitologi Celtic, catatan yang diprioritaskan sejarawan berasal dari Romawi. Kedua, mereka menemukan atau bertemu dengan prajurit Romawi dan mendapat cerita tentang Unicorn. Ketiga, mereka melakukan pengamatan yang sama dengan yang Caesar lakukan.

Masalah dengan teori ketiga ada di fakta bahwa bangsa Celtic tidak memiliki catatan empirik pernah sampai ke Afrika. Untuk teori kedua, mereka memang bertemu dengan prajurit Romawi. Tetapi pertemuan yang tercatat pernah terjadi adalah pasukan yang dipimpin oleh Ratu Boudicca. Mengingat bahwa kota-kota mereka dan prajurit mereka kalah melawan kemampuan militer Romawi… Aku tidak begitu terkejut bahwa mereka mengadopsi mitologi Romawi secara gelap.

The Original Unicorn!

Unicorn sendiri dicatat sebagai makhluk yang dicintai bangsa Romawi. Tanduknya bias diparut dan bubuk dari tanduk unicorn bias menyembuhkan penyakit (katanya). Kedatangannya membawa keberuntungan baik, dan mereka sangat suka makan rumput yang masih terkena embun pagi.

Tetapi… Orang Celtic semacam memutar cerita itu.

Oh iya, tolong ketahui bahwa tidak ada kuda bersayap dan bertanduk di mitologi Romawi ataupun Yunani. Itu hanya ciptaan Pop Culture, menggabungkan Pegasus dan Unicorn.

Padahal itu tidak mungkin karena Pegasus adalah mitologi Yunani yang tidak diadopsi oleh orang Romawi (ceritanya panjang) dan Unicorn tidak ada di mitologiYunani.

Dari titik ini, apa yang anda putuskan untuk baca tidak bisa ditarik lagi. Jangan mau menyesal di kemudian hari.

Oke. Anda yakin?

Unicorn! New and Improved!

Orang Yunani dan Orang Romawi memiliki banyak cerita Kuda yang menyeramkan dan mengganggu.

Ada Kuda milik Ares yang mampu menyemburkan api, ada kuda yang dikendarai Helios dan Apollo untuk mengantarkan matahari, ada kuda yang ditangkap Hercules karena kuda tersebut menyukai daging manusia. Ada kuda yang merupakan anak dari Poseidon dan Demeter, ada kuda bersayap juga (Pegasus) yang merupakan anaknya Poseidon, dengan Medusa sebagai Ibunya, dan masih lebih banyak lagi kuda yang lahir karena Poseidon.

Tetapi, dari seluruh mitologi mengganggu dan jijik itu, Unicorn belum pernah sekalipun dijadikan bahan candaan atau bahan hinaan. Mereka selalu tampak sebagai makhluk bahagia, tanpa sedikitpun peduli tentang dunia nyata.

Catatan terpenting untuk orang Celt bagi Unicorn ada di cerita pahlawan terbesar mereka, yaitu Cu Chulainn. Cu Chulainn ini adalah seorang demigod yang dididik sebagai prajurit, tetapi punyamasalah amarah besar. Ketika marah, ia menjadiversi lain dirinya yang lebih kejam, dan beberapa cerita menyatakan bahwa ia menjadi monster.

Kasarnya, Cu Chulainn adalah campuran dari Hulk dan Hercules.

Pekerjaan yang Cu Chulainn lakukan cukup banyak, dan aku tidak perlu menjelaskan terlalu banyak, namun, salah satu pertarungan terberat Cu Chulainn adalah saat ia melawan seekor Unicorn.

Unicorn di mitologi Skotlandia/Irlandia/Celtic memiliki kemungkinan 1 banding 2 untuk menjadi Unicorn jahat. Ada banyak nama untuk itu, tetapi yang paling umum digunakan adalah Vector.

Vector ini sama seperti Unicorn, tetapi, mereka tidak menyukai rumput yang masih ada embun paginya. Mereka memilih untuk memakan mayat kucing (mereka tidak membunuh kucingnya dulu, tapi kalau kucingnya sudah mati, baru mereka makan) dan… Jantung Manusia.

Karena orang Celtic termasuk orang zaman dahulu yang agak gila, mereka YAKIN 100% bahwa tanduk Unicorn digunakan sebagai senjata. Umumnya, sama seperti seseorang menggunakan tombak, Unicorn Jahat (alias Vector) menggunakan tanduknya untuk menusuk jantung, lalu memakannya seperti kita memakan Sate Ayam.

Oke, itu agak kebangetan, tapi, anda mengerti maksudku apa.

Selain itu, sebagai Unicorn, tanpa masalah kepribadian Vector juga, mempunyai air liur yang menciptakan efek hipnosis. Mereka tidak menggunakan ini untuk menyerang karena makanan yang mereka sukai juga sebenarnya tidak perlu diburu, tetapi mereka menggunakan ini untuk kabur.

Namun jika Unicorn itu mulai schizophrenic, baru ia akan menggunakan air liur miliknya sebagai senjata dan alat untuk berburu.

Kesimpulan.

Sesudah hari ini, apakah anda masih ingin membelikan anak perempuan anda, atau keponakan perempuan anda sebuah kaos bergambar Unicorn? MUHAHAHAHAHAH

(P.S. Jika anda merasa tidak nyaman dengan mengetahui ini, bagilah tulisan ini keteman-teman anda. Seenggaknya anda tidak sendirian…)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *