Siapa Yang Akan Di”mati”kan di Avengers Infinity War?

Siapa Yang Akan Di”mati”kan di Avengers Infinity War?

Hmm, hmm, hmm… Sebagai fan MCU, dan juga komik-komikan marvel pada umumnya, menurutku, selain lokasi para Infinity Stones, juga penting untuk memberikan teori siapa yang akan mati… Dan sejujurnya, faktor yang perlu dilihat untuk film dengan budget, dan potensi profit sebanyak ini (mengingat bahwa masih akan ada sekuel dari film ini dan juga film-film sendiri dari para Avenger…) yang akan jadi faktor bukan cuman cerita… tapi kontrak si MCU, dan juga potensi profit dari si tokoh.

Yah, sayangnya ini bukan komik yang tinggal, “Udah, lu bunuh aja tuh Captain America… tar kita spin-off lagi”. Dikarenakan super cepatnya membuat komik jika dibandingkan dengan membuat sebuah film, maka spin-off sebagai alasan untuk menghidupkan karakter gak akan terlalu mudah. Oh, tentunya mengingat fakta bahwa spin off karakter bukan cuman menggambar ulang si karakter tapi tentunya mengganti aktor yang bisa se cucok Robert Downey Jr. untuk Iron Man akan… menarik.

Tentunya judulnya bilang di”mati”kan karena bagaimanapun juga faktornya bukan hanya cerita… Jadi gak bisa bilang meninggal, so let’s just consider one or two things here…

Faktornya banyak banget sekarang… (tanpa mengurutkan)

  • Internet reaction
  • Social-related stuff yang mungkin akan di post di Internet
  • Marketing
  • Cerita
  • Kontrak
  • Budget menyewa si aktor
  • Fans dari si tokoh
  • Dan banyaknya lagi…

Jadi ya… pikirkan dari potensi kontrak si bioskop, dan mari kita mulai secara alphabetical πŸ˜€ .

Ant-Man

Err… No, kayanya gak… Mengingat bahwa timeline Ant Man and The Wasp itu SESUDAH Infinity War, dan dirilis di bulan Juli, sesudah rilisnya Infinity War pada akhir bulan April ini, kayanya cukup obvious bahwa Scott Lang gak akan dibuat mati. Jadi, ya… tentunya di MCU pasaran Ant-Man yang semi komedi ini akan selalu ada, dan meski level penontonnya gak sebanyak, say Iron Man dalam terms tech based Marvel Movie, tetep aja ada orang yang suka nonton Superhero based movie with some comedy aspects in it…

Oh dan FYI, Ant-Man sendiri bukan bagian yang terlalu “tinggi” atau commercialized di Infinity War, tapi dia akan bermain peran kok. Don’t miss the funny stuff and acts from Ant-Man in the movie πŸ™‚ .

Kesimpulan: Comedies are important! (Gak akan mati)

Black Panther

Uhh… Uhh… Uhh…

Jadi, pertama-tama, film ini super duper cocok dalam era post kolonialisme, yang sedang kita dan beberapa negara mantan di kolonisasi sedang alami ini. Black Panther juga mampu mengenai market Afrika dengan cukup baik. (meski dia di shoot di Australia)

Selain itu, Black Panther adalah salah satu film karya Marvel paling laku, dan dengan ngetrennya Meme dan joke Black Panther di negara kita sendiri, seperti Mba’ku, M’baku Jusuf T’challa, Tarian Khas Wakanda sesudah sambutan Pak RW dan Pak Camat, tentunya potensi profit dan gatebreaking untuk masuk ke pasar Afrika dari Black Panther sangat tinggi.

Ia kaya, ayahnya kaya, ia setia pada negaranya… Ialah, Jusuf T’challa

Selain itu udah ada sekuel, dan… yah, T’Challa kayanya gak mungkin di “mati” in sama MCU. At least not anytime soon.

Kesimpulan: Post Kolonialisme! (Gak akan mati)

Black Widow

Jadi, berikutnya kita kembali ke dunia Internet dan masalah sosial yang OMG sering pisan diungkit, dan juga dijadikan clickbait bedah buku… Feminisme… (seriusan, ini katanya udah jadi running joke 3 tahun di Sahabat Museum Asia Afrika, dan kata kakak-kakak disitu, masukkin Feminisme ke judulnya, dijamin setidaknya 50 cewe akan datang).

Nah, dengan sedikitnya tokoh perempuan di Infinity War, kalau Black Widow dibunuh, akan banyak sekali Feminism based posts nongol tuh namanya di Reddit, dan apa lah… Jadi, meski dalam banyaknya faktor lain (such as marketing, film kedepannya, fanbase) Black Widow jadi kandidat cocok, besar kemungkinan dia gak akan dibunuh kecuali Marvel mau dipandang sebagai sexist oleh beberapa fanatik feminisme di Internet…

Untuk film, setahuku banyak yang kepengen film Black Widow, tapi yah, kayanya gak bakalan ada… too bad. Mengingat satu dua faktor lain, kalau Black Widow akan ngilang dari MCU, alias kontrak Scarlett Johansson habis, gak bakal dibunuh.

Kesimpulan: Feminism! (Tipis lah)

Bucky Barnes (Winter Soldier)

Sebagai aktor, Sebastian Stan cukup kebuka, dan diizinkan studio untuk membuka satu atau lebih hal ke umum… dan setahuku Sebastian Stan sudah disewa untuk 9 film, dan setahuku Bucky baru nongol dengan role penting untuk 5 film? Jadi, Bucky masih ada hutang kontrak 4 film lagi sama Studio.

Selain itu, Bucky sendiri juga tampaknya akan menjadi temannya T’challa di film-film Black Panther… tampaknya dia dapet rumah baru di Wakanda… jadi… nope, he’s not gonna die…

Kesimpulan: Wakanda Forever! (Gak akan mati)

Captain America

WAHAHAHA!

Sesudah Wolverine yang katanya immortal itu dibunuh karena kebanyakan disiksa, ada cukup banyak teori di Internet, bilang bahwa karena Chris Evans itu main dengan jenggot, dan Hugh Jackman juga berjenggot pas dia mati, ada teori yang bilang Captain America akan…. dibunuh X-X

Yeah jenggotnya doang, namanya juga teori…

Tapi sebenernya masuk akal lho… Udah mah Chris Evans sendiri sebagai aktor gak mau main jadi Captain America lagi, potensi film berikutnya rendah, dan Chris Evans kayanya sudah cocok untuk pensiun dan gantung perisai.

Kesimpulan: Jenggot itu penanda akan mati untuk orang dengan regeneratif skills (Tinggi)

Doctor Strange

Pleaseeeee, jangan bunuh Cumberbatch!

Kebanyakan fangirl nya kayanya ini mah… (including my mom apparently)

Dalam aspek marketing, potensinya rendah untuk ngematiin Stephen Strange karena film seperti ini cukup kena ke philosopher dengan membahas Astral Realm and stuff. Well, with the market opened untuk fangirl, mystic things dan sequels, tentunya, Doctor Strange masih rendah kemungkinannya untuk dibunuh.

Tapi yang masih aku gak yakin itu, apakah Time Stone-nya akan diambil sama Thanos atau gak? Dan mengingat source power utamanya Doctor Strange itu dari Eye of Agamotto, maka umm… Mari kita lihat output Doctor Strange tanpa Eye of Agamotto kalau emang diambil Thanos.

Kesimpulan: Filsafat dan Mistis! (Tipis lah)

Falcon

Mengingat kesempatan Captain dibunuh, gak kecil-kecil amat, jadi ada kemungkinan… Falcon yang jadi wingman (pun intended) dari Steve Rogers ini akan mengambil peran seorang patriot ala Steve Rogers.

Falcon bisa aja sih dibunuh, mengingat kurangnya pasar. Tapi menurutku dengan lack of fanbase Falcon ini, membuat film segede Infinity War momen yang kurang pas buat ngebunuhnya. Kurang… monumental, fenomenal, atau apa lah kata yang pas…

Apakah mungkin akan ada film standalone Falcon? Kayanya gak sih, tapi siapa tahu πŸ™‚

Kesimpulan: Wingman! (Tipis lah)

Guardians of The Galaxy

Sekali lagi, komedi! Dan kali ini adalah sebuah tim yang memang ngakak, dan juga punya pasarnya sendiri.

Sebagai currently satu-satunya film yang explore Marvel in Space dan merupakan tim dengan key hero-nya sendiri, probabilitas mereka dibunuh super rendah. Kecuali Nebula yang udah bilang di Vol. 2 bahwa dia ingin YOLO dan vengeance ke Thanos… terus jamin kalau Nebula mau nyobain aja vengeance-nya… kalau gak gagal dia mati, dia bakal ngebunuh Thanos dengan catatan dia mati…

Movie-wise? Yeah ada juga yang namanya… Guardians of the Galaxy Volume 3! Kalau mereka dibunuh, atau siapalah bakalan dibunuh, kayanya bakalan di film standalone punya mereka sendiri.

Kesimpulan: Film ini film yang bukan Avengers tapi feature a team! (tipis lah, kecuali Nebula)

Hawkeye

BUNUH! BUNUH! BUNUH!

Ini opini: Honestly, Hawkeye itu rada lame… sayangnya. Dia bisa aja punya swag yang rada banyak, tapi gak, dia rada lame, dan terlalu… gak cocok buat dibiarin hidup, atau dibuat film standalone-nya.

Ini fakta: Jeremy Renner sendiri udah stuck and nyangkut di role Hawkeye cukup lama. Like looooonggg looooooong time, 6 tahun gitu? dan sejujurnya, dengan banyaknya stuff aneh baik secara tech di Wakanda, atau mistis di Kamar Taj, maka… kayanya potensinya rendah untuk film Hawkeye. Selain itu dengan banyaknya human tech-y stuff, dan makin banyak hal aneh di MCU, makin tipis kemungkinan human touch dari Hawkeye akan kepake. Currently mungkin Jeremy Renner semacam aset menunggu untuk dimatikan, atau untuk dipensiunkan oleh MCU.

Kesimpulan: Human touch tidak dibutuhkan lagi… (Mungkin?)

Hulk

Hulk itu tokoh yang perannya di MCU itu justru sebenernya… gimana ya… Kurang krusial dan meaningful. Kadang malahan Bruce Banner gak bisa menahan alter ego-nya dan asset miliknya dibalikkan menjadi beban, yang malah merugikan tim Avengers. Dan kayanya mulai boring di Avengers of Ultron pas dia berkali-kali dimanfaatin temper-nya.

Tapi baru saja di Thor: Ragnarok, signifikansi-nya dan peran humoris yang Hulk, (bukan Bruce Banner) bisa bawa… cukup dan emang tinggi, jadi dengan gaya Thor yang makin nyantai dan lucu abis diputusin Jane (kayanya karena kemahalan buat nyewa Natalie Portman), ini cocok untuk dibuat terus friendship antar Thor Banner, dan Thor Hulk ini.

Kesimpulan: Bros Forever, Hulk and Thor (Tipis)

Iron Man

Ah, Tony Stark… arrogant genius yang kickstart Marvel Cinematic Universe.

Ah, Robert Downey Junior… Aktor yang kemahalan untuk bisa disewa dan dibuatkan banyak film

Ah, Iron Man… tokoh yang sangat ikonis, dan sepertinya cocok untuk dibunuh dengan momentum yang dibawa di Infinity War kali ini.

Jadi, berdasarkan 3 persona yang secara teknis orang yang sama itu… Tampaknya banyak potensi untuk me “mati” kan Iron Man di Infinity War, dan ini opini… Kayanya dia bakalan mati untuk menghemat budget dan juga CGI untuk semua Iron Man suit yang dia pernah buat

Kesimpulan: Budget bisa digunakan untuk hal lain (TINGGI!  BANGET!)

Loki

Fangirl Tom Hiddleston… please, oh please.. jangan marah…

Untuk penikmat cerita sejati, Loki yang gak jadi mati sejumlah banyaknya dunia menurut para Asgardian (9 kali) ini… Mulai menyebalkan… Yeah,  sesudah usil ganggu, dan comat-comot ini, terus usil bantuin para pahlawan, Loki yang swag dan keren ini, sebenernya bisa banget dibunuh…

Mungkin entah sama Thanos pas ngasih Tesseract, atau entah kapan… tapi intinya, Loki mulai “ngebosenin” di MCU, dan potensi pelanjutan ceritanya makin rendah… kecuali mau dibuat gak jadi mati lagi…

Tapi mungkin aja sih mengingat reaksi internet itu mungkin, dan jika fangirl posting ke sosmed dengan muka sebel… yah… we’ll see… apakah dia akan dibiarkan hidup atau di”mati”kan.

Kesimpulan: Loki membuat aku binguuuuuuuuuuung… (Mungkin?)

Scarlet Witch

Scarlet Witch memberikan peran adolescence, dan sedikit inexperience juga. Meski dia gak entirely human, kayanya untuk memberikan human touch ke sesuatu di tahun 2018 ini tidak terbatas ke Hawkeye style yang literally human… Tapi dengan menunjukkan superhuman yang super vulnerable, dan meski sangat kuat, nyatanya dia masih manusia…

Jadi, Scarlet Witch itu calon banget buat gak dibunuh, sebagai pengganti human touch Hawkeye yang menurutku rada… boring. Dan Scarlet Witch sendiri punya kekuatan juga untuk memutar realitas dan menyelamatkan beberapa hal yang dirusak Thanos… Kayanya Wanda Maximoff masih lama dari mau ketemu sama Pietro…

Kesimpulan: Jangan bunuh aku dulu, biar aku tambel dulu ini kerusakannya… (Tipis lah)

Spider-Man

Nggak… Ada sekuel yang lagi dikerjain… Tom Holland dan immaturity-nya ini super cocok untuk mengisi gap humanity yang hilang tadi. Dan terlalu banyak geek kaya aku menjadikan dia sebagai role model, karena dasarnya karakternya mirip πŸ™‚ . Mengejar cewe, tapi gak bisa, geek-y, doyan kaos, pinter (ini mah kayanya ngaku doang ya πŸ˜› )…

Tom Holland juga baru banget mau make kostum buatan Om Stark, dan aku gak sabar ngeliatnya!

Kesimpulan: Geeks will rule the world (Gak akan mati)

Thor

THOR! Banyak yang ngira dia bakalan mati, karena perannya mulai membosankan sayangnya… Tapi ini tidak mengurangi fakta bahwa dirinya itu malahan mendapat peran baru sebagai raja dari Asgard, dan meski kehilangan mata-nya, ia tampak makin bijak, dan makin kece… Jadi, Chris Hemsworth yang makin keren ini, masih punya potensi market.

Mengingat Thor udah diputusin sama Jane Foster, yang ternyata juga seorang aktor dengan harga sewa mahal, dan kebetulan juga frustrasi sama The Dark World dan lain-lain, jadi diputusin off-screen, alhasil… potensi untuk love life di future films akan ada… Kalau emang mau di expand ke situ.

Terus banyak geek kepengen punya Mjolnir yang udah gak ada juga, dan kalau Thor-nya gak ada gak bisa jualan Mjolnir dong πŸ™

Kesimpulan: Thor is the god of hammers, not thunder (Mungkin?)

Vision

Hiks… Hiks… Hiks…

Sedih deh… Kalau nonton trailer Infinity War aja kan keliatan ada ekstraksi Batu Akik paksa dari jidad-nya si Vision ini. Dan sebenernya kayanya sangat mungkin dia mati karena otaknya dia dicopot.

Selain itu, potensi dia dibunuh demi membuat penonton nangis beres tahu bahwa ada some form of romance diantara Vision sama Scarlet Witch… juga jadi potensi…

Dari market, yang ada malahan orang kangen sama Jarvis :/ tapi tentunya ini tidak mengurangi kesenangan dan happiness orang kalau liat Vision yang canggung tapi bijak itu… Well… We shall see.

Kayanya dia bakalan dibunuh, dan Wanda Maximoff akan kehilangan Vision, dan Pietro dalam 2 film Avengers… kasihan…

Kesimpulan: Romeo and Juliet bagus karena endingnya tragis… bunuh aku! (TINGGI! BANGET!)

In Conclusion

Sayangnya dunia perfilman sudah berubah. Sekarang komersil juga menjadi faktor produksi film, terutama dalam film sebesar ini yang bisa branch out menjadi puluhan film standalone. Tentunya, sekilas mengecewakan pisan, kalau tahu story ini sebenernya dilatar belakangi sebuah… marketing dan merchandising…

Tapi, ini tidak berarti bahwa ceritanya jadi gak bisa dinikmati dong…

Ceritanya akan tetep fun, meski dia ada semacam backstage action dalam bentuk marketing dan selling stuff, dan juga… yah… lot’s of stuff…

Anyways, until next time!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *