[ROAD TRIP]: Kuliner Tegal.

[ROAD TRIP]: Kuliner Tegal.

Kembali lagi sesudah weekend, dan kembali menepati janjiku, mari kita masuk ke Kota Tegal! Kota kedua dari road trip keluarga kami kali ini.

Oh iya, ini sebenarnya melanggar janjiku pada diriku sendiri bahwa aku tidak akan pernah menulis review tempat makan, atau review makanan, atau post mengenai makanan karena beberapa alasan yang tidak akan disebutkan.

Tetapi, siapa yang peduli sekarang kan? Kemungkinan bukan anda, dan aku juga tidak karena ada 10 tulisan yang perlu kubuat.

Jadi, mari kita masuk saja ke kuliner di Tegal yang murah, dan yang mungkin menarik untuk anda coba jika anda sedang di kota Tegal.

Catatan: Tidak ada Warung Tegal di Tegal. Hanya ada Warung Makan, dan aku + family tidak makan di Warung Makan Tegal.

Tahu Murni Putra

Dibuat oleh Ny. Messih, mendapatkan award, dan harganya amat sangat murah.

Tahu Aci di sini hanya berharga 1200 rupiah per tahu, dan Tahu Pletok berharga 2200 rupiah. Kurang lebih, harganya sama dengan tukang gorengan pinggir jalan di Bandung, atau di Jakarta. Plus 200 perak karena mereka perlu membayar tempat.

Memang betul, ada sedikit antrian, tetapi, selama anda sudah memesan, anda bisa pergi, dan kembali sesuai dengan deadline pesanan yang sudah disebutkan ketika membeli. Sepertinya ini oleh-oleh atau jajanan makanan ketika ada acara keluarga atau acara kantoran di Tegal, seperti… uhh… Primarasa, Purimas, dan semacamnya di Bandung.

Untuk rasa… Tahunya terasa enak, berair tetapi renyah, dan gurih di luar, namun lembut di dalam. Oke, sejujurnya rasa bukan hal yang mudah bisa aku jelaskan, jadi, silahkan coba sendiri saja πŸ™‚ . Aci dari Tahu aci-nya, terasa, dan bertekstur seperti… Aci πŸ˜€ . Kenyal, renyah, dan, gurih. Tidak banyak hal yang perlu kujelaskan.

Sayangnya ketika road trip kemarin, tidak ada Tahu Pletok yang bisa dipesan, padahal aroma renyah dari aci yang masih kenyal dan hangat di sebuah Tahu Pletok akan cocok jadi cemilan saat berada di jalan, jadi untuk ngemil, kami hanya memesan 40 potong Tahu Aci, dan memakannya di mobil agar mendapat ruangan ber AC. Karena tentunya, orang asal Bandung pada umumnya tidak akan kuat dengan panasnya kota Tegal…

Bawa 50.000 saja, dan masalah cemilan anda akan mendekati beres sampai hari itu berakhir.

Oh iya, satu hal lagi… Lokasi.

Jl. AR. Hakim No.100, Mangkukusuman, Tegal Tim., Kota Tegal, Jawa Tengah 52131

Jl. P. Diponegoro, Mangkukusuman, Tegal Tim., Kota Tegal, Jawa Tengah 52125

Jalan Raya Dampyak No. 19-21, Dampyak, Kramat, Petoran, Dampyak, Kramat, Tegal, Jawa Tengah 52181

Awalnya aku ingin memberikan hasil search Google Maps, saja, tapi, tentunya, orang-orang bisa melakukan itu sendiri, jadi, nikmati saja alamat manual ya πŸ™‚

Es Sagwan

Muahahahahaha. Es, es, dan es!

Oke, cuaca Jateng pada umumnya memang panas (apalagi buat orang Bandung). Itu alasan kita bisa mencoba Es Sagwan ini untuk mendinginkan badan, dan menghilangkan dahaga, dan… ya, silahkan masukkan tagline iklan minuman sachet apapun yang anda inginkan sebagai analogi.

Es Sagwan bukan hal yang “umum” di Tegal, namun, ini hal yang patut anda coba. Es Sagwan asli Srigunting.

Sekali lagi, makanan khas Tegal ini menggunakan… Tepung Tapioka, yang tidak lain dari… ACI!

Aci yang dipotong-potong, dan sudah menjadi adonan dimasukkan dalam gelas, ditambahkan es, sirup merah, dan juga air untuk mengencerkan sirup.

Mendinginkan tubuh di hari yang panas bukan hal yang umum di Bandung, karena sebenarnya kita tidak begitu sering kepanasan. Namun, eh, untungnya, es Sagwan ini cukup untuk mendinginkan kita, dan disertai dengan ruangan ber-AC ketika makan di dalam Mobil, tujuan mencari sesuatu yang… adem, terpenuhi!

Membahas harga, di Es Sagwan asli Srigunting, harga satu gelasnya hanya 6000 rupiah saja, dan porsi Es-nya cukup untuk berdua lho!! Selain itu, kedai pinggir jalan ini menyerut es secara manual dengan alat serutan tradisional.

Berikutnya, kita masuk ke Rasa. Sesudah memakan sendok ketiga, aku langsung menyimpulkan bahwa kita bisa menikmati aci di makanan manis. Kekenyalan Sagwan / Adonan Aci ini memiliki peran yang mirip ke cincau hitam. Rasa yang diberikan sirup Es Sagwan juga menghilangkan rasa tawar dari adonan aci tersebut. Sayangnya, ada sedikit kekurangan jika kita memakan Es Sagwan lansung tanpa menumbuk es, sirup-nya terasa sedikit… giung.

Selain sedikit kesalahan pada sendok pertama karena lupa mengaduk, untungnya, pengalaman makan Es Sagwan ini fulfilling. Es Sagwan dapat disantap sebagai opsi cemilan siang nanggung (jam 11.00++) yang cocok bagi kita, sebelum lanjut berkeliling dan mencari hidangan lain untuk dicicipi.

Alamat: Jl. Srigunting, Randugunting.

Mie di Tegal.

Bandung.

Sebuah kota yang terkenal akan Mie-nya. Baik itu Yamien, atau sekedar Bakmie Goreng yang dimasak ala orang Bandung, sebenarnya bukan penentu mie enak. Mie yang enak, adalah Mie yang memiliki adonan kenyal, tetapi padat, dan tidak terlalu kering karena dimasak dengan benar. Setidaknya di Bandung.

Standar Mie orang Bandung, tentunya, cukup tinggi. Kami biasanya lebih cerewet urusan adonan mie, karena cara masak hampir tidak ada pengaruhnya jika adonannya sudah tidak enak.

Di Rumah Makan Sari Baru, anda bisa menikmati Mie ala Tegal, yang memiliki adonan mie dengan tekstur kenyal, tetapi padat, dan cara masak yang tetap gurih dan enak.

Permohonan maaf dulu sedikit, aku tidak mengambil foto pesananku, yang di atas adalah pesanan ayahku. Jadi, aku akan menggunakan foto dari Internet untuk Bakmie Goreng.

Oke, tidak ada foto Bakmie Goreng dari website resmi RM Sari Baru, tetapi ada Kwetiaw, dan sepertinya cara memasak serta topping-nya sama saja.

Untuk harga, aku tidak ingat jumlah pas-nya, namun jika aku tidak salah, harganya berada di kisaran 25.000-39.000 untuk porsi satuan. Ukuran porsi dari Bakmie Goreng-nya besar (setara dengan porsi makan tengah), jadi, anda mungkin perlu berbagi jika anda sedang tidak lapar.

Rasanya… WUH! Aku gak bisa memberikan penjelasan. Pokoknya, untuk standar Mie orang Bandung, Mie di RM Sari Baru ini sangat enak, dan terasa home made, bukan sekedar membeli. Rasanya terasa gurih tanpa Vetsin.

Topping-nya terasa enak, Kekian-nya kenyal dan gurih, telurnya ada cukup banyak, ayam-nya cukup terasa dan sayurnya terasa segar.

Terakhir, Teh-nya enak, tentunya kita berada di Kota yang memiliki banyak perusahaan Teh seperti Teh Tong Tji dan Teh Poci, jadi, kurasa Es Teh Tawarnya pasti enak. Selama di Jateng aku belum mendapat Teh Tawar yang Zonk sih, untungnya.

Oh iya, satu hal lagi sebelum alamat. Tempat-nya family friendly, tetapi tidak menggunakan AC. Ia menggunakan 4 kipas gantung tetapi, silahkan maksimalkan dan arahkan ke muka jika anda kepanasan dan tidak bisa terpikir karena panas.

Alamat : Jl. A. R. Hakim 66 Tegal, Jateng, Mangkukusuman, Tegal Timur, Mangkukusuman, Tegal Tim., Kota Tegal, Jawa Tengah 52131

Next Time.

Sampai lain waktu, dan untuk episode berikutnya, aku akan menulis mengenai Kota Semarang, dan mungkin beberapa landmark+makanan di kota tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *