Jaja Jadi Panitia Games Anak-Anak… Day 1!

Jaja Jadi Panitia Games Anak-Anak… Day 1!

Tanggal 30 Agustus kemarin, Jaja mencoba untuk menjadi panitia sebuah acara untuk bermain anak-anak di Metro Indah Mall. Acara tersebut dilaksanakan bersama Infinity, yang merupakan sebuah forum literasi di Bandung. Kalau ingat, waktu itu aku pernah post tentang lomba debat Erlangga dan menyebut soal Mentor-mentorku Ms. Muliani dan Mr. Eri kan? Nah, Miss Muliani dan Mr. Eri itu berasal dari Infinity.

Format acara ini mirip dengan Trip Pramukaku yang terakhir, yaitu dengan format pos-pos, dan anak-anak berotasi dari pos 1 – pos 8, masing-masing pos punya game-nya sendiri.

Disclaimer… Jaja tidak ikutan foto di hari pertama… Awalnya aku sudah minta Mr. Eri fotoin, namun sepertinya hilang, dan perlu dicari dulu. Sampai nanti fotonya sudah bisa ditemukan baru bisa kutambahkan ya… Mohon maaf.

Pre-Event Prep

Oke, jadi Miss Muliani, aku dan Mr. Eri sudah datang dari jam 7.30, dimana mall masih gelap gulita, dan lift belum dinyalakan, sekitar 15 menit kemudian, baru saja Lift menyala, dan kita naik ke spot lomba jam 7.45, dimana lampu masih belum menyala, dan aku mendapat tanggung jawab pertamaku, yaitu membuat labirin dari tali rafia dan tiang plastik kecil.

Kerjaanku Baru Akan Dimulai…

Spanduk lomba pun belum dipasang, stage dan spanduknya masih bekas acara kemarin. Seperti bisa dilihat, lampu masih mati, dan kata Miss Muliani, ingat-ingat untuk minta izin menyalakan lampu dari pagi, agar tidak perlu kerja dengan segelap ini…

Jadi, aku membuat labirin sesuai perintah, dan aku untungnya masih mengingat sedikit ilmu dari pramuka mengenai tali temali, jadi aku menyimpan 2 tongkat, mengikat masing-masing tongkat, dan membuat jalurnya. Tali disini berguna sebagai tembok, dan tiang digunakan sebagai patokan sudut, atau untuk patokan pintu. Pada akhirnya sih, sukses jadi, dan labirinku cukup menantang menurut kakak-kakak dari Brightway. Brightway adalah salah satu organisasi yang berada dibawah naungan forum literasi Infinity, Brightway adalah organisasi psikologi untuk anak-anak, dan berada di acara ini untuk menilai kemampuan anak.

Sekitar jam 8.30, sudah ada peserta datang mendaftar. Masalah untuk kita adalah, lampu saja belum menyala :(, jadi kita mengurus administrasi dengan bantuan torch HP. Untungnya, ketika batch peserta yang datang banyak, sekitar jam 9.00 tepatnya, lampu akhirnya menyala, HORE!

Last Preparations…

Ternyata Infinity sudah punya orang yang jago untuk stalling peserta yang masih dalam kisaran PG kecil ke TK, Kang Donny sepertinya jago sekali mengurus anak-anak sembari panitia lainnya menyiapkan booth games masing-masing. Kang Donny melakukan hal-hal yang familier untukku, karena Kang Donny melakukan rutinitas mirip seperti yang Bubi biasa lakukan dengan anak-anak, meskipun ada sedikit perbedaan sih. Anak-anak diajak menyanyi lagu, dibacakan dongeng, dan mengitari ruangan sambil menari.

Kang Donny Mengendalikan Para “Monster”

Lampu sudah nyala, dan spanduk sudah diganti juga… Kita sudah siap! Eh, boothnya belum ketang… False alarm 😀

Sekitar 15 menit kedepan, masing-masing booth menyiapkan observer dari Brightway untuk “menilai” kelebihan masing-masing anak, dan juga masing-masing booth guide untuk check and recheck aktivitas Booth.

Aktivitas Apa Ya Ini?

Ketika booth-booth hampir siap, kita butuh Trolley untuk salah satu booth games yang sudah ada di lantai kita, yaitu lantai 3. Tapi trolley ini milik Hypermart di lantai bawah, jadi aku diminta untuk menjadi messenger, dan aku meminta izin ke manager di lantai bawah. Untungnya Managerial Hypermart mengizinkan, asalkan tidak dipakai sampai rusak, dan asalkan aku membagi flyer Hypermart ke peserta-peserta. Aku lakukan itu, tapi aku tidak tahu… 200 katalog supermarket bisa lebih berat dari buku psikologi yang tebal. Ketika naik ke atas membawa kabar, aku beruntung ada orang yang bantu aku memencet lift, karena kalau tidak, pasti itu tumpukkan flyer berantakan, dan tumpah kemana-mana :D.

Let The Games Begin!

Oke sebentar, sebelum mulai… Kita back up dulu dikit, dan biar aku jelaskan daftar-daftar booth

  1. Booth pertama kita adalah booth mewarnai.
  2. Booth kedua adalah labirin buatanku. Anak-anak cukup mengitari labirin, seperti suka ada di buku maze, tetapi bedanya di dunia nyata, dan dilakukan dengan gerakan beneran (ya pasti atuh Jaja… :D).
  3. Booth ketiga adalah booth yang seharusnya kufoto, karena cukup menarik dan bisa dicontek untuk aktivitas rumah. Booth ketiga adalah booth yang ada tong dan dari dalamnya banyak benda dengan tekstur berbeda-beda, dan anak-anak disuruh menebak isi dari tong tersebut tanpa melihat.
  4. Booth keempat adalah booth yang sejujurnya aku kurang mengerti, tetapi sepertinya anak-anak diberi sebuah angka, dan mesti berdiri di angka yang mereka dapatkan, lalu berotasi dari satu angka ke angka yang lain.
  5. Booth kelima adalah booth hidroponik dan urban farming, dimana anak-anak diajarkan untuk bercocok tanam dengan ruang terbatas.
  6. Booth keenam adalah booth Sondah/Hopscotch, dimana orang-orang meloncat dari satu pijakan ke pijakan berikutnya, mengikuti pola angka.
  7. Booth ketujuh adalah booth lempar bola, dimana orangtua/guru anak diminta memegang kotak untuk target bola, dan anaknya melempar bola tersebut sampai 2 bola masuk.
  8. Booth terakhir adalah booth yang menggunakan trolley, dan anak-anak diminta mendorong teman-temannya dalam trolley. (semoga aktivitas ini adalah aktivitas masih dianggap aman oleh pihak Hypermart)

Dari 8 Booth, aku menjaga 2 booth yang cukup sederhana, dan beserta tim observer dari Brightway, aku mengajari anak-anak bermain di booth-ku. Aku mendapat booth nomor 6 dan 7. Aku yakin, tidak mungkin ada orang gagal dalam urusan sesederhana ini.

Selama di kedua booth ini, ada beberapa hal yang menarik perhatianku, diantaranya adalah…

  • Ada kakek yang mengantar cucunya lhooo. Awalnya aku melihat orang yang tampak lebih tua dari ayah dan ibu lainnya. Pas aku minta Kakek si cucu mengambil bola, karena penasaran (hehe) aku menggunakan kalimat “Ayo, sekarang Ayahnya yang pegang bolanya”. Si Kakek langsung mengkoreksi aku. Respect untuk Kakek yang niat untuk mengantar cucunya kesini, mungkin karena ayah-ibunya bekerja (dari analisaku).
  • Ada anak yang memasukkan bola dengan cara unik dan efisien… Bukannya melempar, anak itu meminjam tas belanja reusable yang dibawa ibunya, memasukkan banyak bola dalam tas tersebut, dan memindahkannya secara sekaligus dalam kotak. Aku suka melihat anak-anak seperti ini, karena menurutku, anak-anak yang think outside the box adalah anak-anak yang akan menanam benih-benih evolusi.
  • Terkadang mood-mood anak yang buruk karena di booth sebelumnya sempat dilarang ibunya karena takut merusak Hidroponik, bisa merusak mood semua anak di lingkungan itu. Grup anak-anak yang ada satu saja anak ngambek pas main di boothku, membuat anak-anak lainnya merasa buruk juga, dan jadi lebih malas main dengan benar.
  • Main Hopscotch berkali-kali itu melelahkan. Karena setiap grup yang datang, aku sebagai guide yang baik, mencontohkan. Terkadang kalau anak-anak belum mengerti, aku juga berkewajiban menunjukkan ulang cara mainnya.

Sesudah kewajiban di boothku selesai, aku ngemil snack dari Sari Roti, dan mengecek aktivitas booth lain…

Anak-anak dan Ibu-ibu sedang mewarnai

Sepertinya tujuan aktivitas ini belum sepenuhnya masuk ke Ibu-ibu ini. Karena Ibu-ibu ini terus menerus meminta anak-anak ini lebih serius dalam mewarnai, seolah-olah ini lomba, padahal kan bukan… Menurut Tante Deasy, dari komunitas HEbAT yang juga merupakan bagian dari panitia inti, tujuan aktivitas ini untuk menjadi “contekan” aktivitas anak-anak untuk dikerjakan dari rumah, dan juga sebagai games untuk anak-anak.

Post Event

Hari pertama acaranya diakhiri dengan anak-anak diajak ke panggung untuk menyanyi, dan dengan pembagian hadiah. Semua anak yang berpartisipasi berhak dapat hadiah…

Aku merasa senang diberi kesempatan untuk mengikuti acara ini, dan aku merasa berterima kasih Infinity sudah bisa percaya ke anak sepertiku, yang bahkan lulus SMA saja belum (iya sih, tugas yang kuterima tidak perlu terlalu banyak skill, tapi kan tetap saja).

Tapi… Acaranya bukan cuma sampe sini lhooo.. Ini adalah 2 day event, dan ini baru membahas hari pertama!

Tunggu lagi untuk event Day 2-nya!

Jaja Out!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *