Ragnarok: Mitos Vs Film, Versi Bahasa Indonesia

Ragnarok: Mitos Vs Film, Versi Bahasa Indonesia

Jadi ada beberapa temanku pas SD yang meminta aku untuk buat versi Bahasa Indonesia dari artikel ini, dan aku memutuskan untuk meluangkan 45 menit waktuku untuk mentranslate artikel versi Inggris-nya dengan yang Bahasa Indonesia… Jadi ini versi Bahasa Inggrisnya jika penasaran.

Dengan dirilisnya Thor: Ragnarok minggu ini, (atau tepatnya kemarin), aku telah memutuskan untuk membuat sebuah artikel yang mengupas istilah Ragnarok dan Ragnarök sebenarnya di Mitologi Norse, membandingkannya dengan versi mitologi dan Versi MCU. Silahkan menikmati artikelnya!

DISCLAIMER: Berisi spoiler dari film, dan banyak detail brutal, cukup untuk membuat Ceritanya Kronos tampak sopan.

Untuk tujuan trivial, aku membandingkan istilah Ragnarök dan Ragnarok. Oh, dan beberapa nama dari film Thor sebelumnya mungkin saja sama dengan yang ada di Mitologi Norse. Tapi aku belum menonton Thor: The Dark World sih, jadi aku sedikit clueless mengenai film itu.

Ragnarök VS Ragnarok

Dalam Mitologi Norse, Ragnarök adalah kiamat, hari dimana orang mati akhirnya bisa emm… Mati, atau mungkin bisa benar-benar istirahat, dan yang hidup akhirnya bisa mati. Nah, pada hari itu, semuanya akan memudar menjadi hitam, dan mereka akan dilempar ke Ginnungagap atau, Norse Black Hole, seperti aku suka bilang.

Dalam buku komik Thor, Ragnarok adalah codename untuk clone jahat Thor dari Earth-816. Ragnarok punya semua kekuatan Thor, tapi lebih pintar dan jahat. Awalnya ketika aku mendengar judul film berikutnya Thor, kukira Thor akan bertemu dengan Ragnarok di MCU, namun setelah menonton trailernya, plotline Thor: Ragnarok lebih mirip dengan Ragnarök di Mitologi Norse, tapi diubah sedikit.

Sebelum ke spoiler di film… aku mau beralih ke sisi “Ragnarök”, baru nanti pergi ke bagian Ragnarok dari Thor: Ragnarok

Ragnarök

Jadi kita bicara tentang kiamat Norse. Ragnarök secara harfiah artinya “Takdir para Dewa”, dimana Odin, ayahnya Thor, Raja Asgard, karena sangat paranoid, memberikan salah satu matanya untuk pohon Yggdrasil (detail dilanjut di bawah), agar diberi izin meminum airnya, dan mendapat ramalan takdir yang dimaksud.

Jawabannnya simple, ada di bawah.

Norse Geography

Guide Geografi Norse dulu, mengenai tempat dan istilah yang mungkin kamu belum tahu… Pertama-tama ini ada 9 dunia Norse.

  • Asgard: Kota Dewa-Dewi perang. Dewa-Dewi yang tinggal di sini disebut Aesir, contohnya Thor, dan Odin.
  • Midgard: Bumi, makhluk yang tinggal disini disebut manusia, seperti penulis artikelnya.
  • Jotunheim: Dunia para raksasa, makhluk yang tinggal disini adalah raksasa (atau Jotunn di bahasa Nordik))
  • Vanaheim: Dunia Dewa-Dewi sihir dan alam. Dewa-Dewi yang tinggal disini disebut Vanir
  • Niflheim: Dunia kabut dan es. Raksasa Es tinggal disini, seperti yang disebut dalam film pertama.
  • Muspelheim: Dunia Api. Raksasa Api yang tinggal di sini, karena Raksasa Es butuh saingan temperatur…
  • Helheim: Alam orang mati yang tidak heroik. Kenapa tidak heroik? Karena mereka tidak mati dalam pertempuran, atau perang. 😀
  • Alfheim: Alam para Elf. Iya… Hanya itu.
  • Nidavellir, atau Svartelheim: Dunia Gua milik para Kurcaci. Mereka tinggal di gua karena mereka akan menjadi batu jika mereka terkena sinar matahari.

Sekarang mari kita buat kamu lebih bingung lagi!

  • Bifrost: Jembatan pelangi Asgard. Tidak seperti di film Thor, dimana Bifrost adalah mercusuar untuk memanggil orang, Bifrost adalah jembatan untuk sampai ke Asgard..
  • Yggdrasil: Pohon dimana ada 9 dunia. Setiap potongan akar atau ranting ada 1 dunia.
  • Valhalla: Hotel, ok mungkin bukan hotel per se, tapi surga orang Norse. Untuk masuk ke sini kamu harus mati secara heroik, dengan memegang senjata. Setiap hari orang-orang disini akan berlatih untuk berperang pas Ragnarök.
  • Vigrid: Lapangan seluas 600 kilometer dimana Ragnarök akan dilaksanakan.
  • Naglfar: Kapal orang mati. Lanjut ke bawah untuk penjelasan lebih detail.
  • Einherjar: Penghuni Valhalla. Prajurit-prajurit Odin untuk mati secara heroik (lagi) saat Ragnarök
Geografi Norse 101, Yggdrasil dan 9 Dunia

Tanda-Tanda Ragnarök

Aku cuma Bercanda Bro!

Sebelum Ragnarök secara resmi memulai, ada bagian dari ramalan tersebut, di mana Baldr, Dewa Cahaya, anak dari Odin, akan mati di tangan Loki. Jika itu terjadi, maka Ragnarök pasti akan terjadi. Jadi, Frigg, istri Odin dan ibu Baldr, memberi perintah pada setiap benda mati (Iyap… benda tidak bernyawa), untuk terpental dari Baldr jika mendekat dengannya.

Begitu itu terjadi, para dewa memutuskan untuk bersenang-senang dan membuang semuanya ke wajah Baldr, menyebabkannya terpental tanpa ada apapun yang terjadi, dan jatuh dari mukanya. TAPI! Frigg lupa satu hal, daun Mistletoe tidak terpantul Baldr. Frigg mengabaikan fakta, tapi Loki tahu, jadi dia menipu saudara buta Baldr, Hod, untuk melempar mistletoe ke arahnya.

Jangan percaya sama Loki, jangan lah pokoknya… Mistletoe itu diberi racun, dan saat mistletoe itu menusuk Baldr, dia mati. Loki berkata … “Aku cuma bercanda bro!” Tapi bagaimanapun, Loki membenci orang yang disukai semua orang, contohnya Baldr. Karena ini, Loki dihukum … Dan jika kita berbicara tentang detail brutal, ini bagian yang kumaksud.

Anak-anak Loki dari istrinya Sigyn dibunuh, dan diamputasi, usus mereka kemudian digunakan sebagai rantai, menjaga Loki di dalam gua dan terikat pada batu. Aku belum selesai … Seekor ular dikirim mengelilingi leher Loki seperti dasi. Setiap detik, ular itu akan meludahi racun itu ke wajahnya, menyebabkannya terbakar dan kesakitan. Tapi, Loki masih bisa memproyeksikan citranya ke dunia nyata, dan jika cukup kuat, dia bahkan bisa memproyeksikan bentuk fisiknya.

Hukumannya Loki, dengan Sigyn untuk menemaninya.

Jadi apakah itu cukup menyenangkan? Aku gak tahu… sorry… Tapi, ini mengkonfirmasi Ragnarök akan terjadi, masalahnya… Kapan?

Anak-Anak Loki

Loki memiliki 3 anak yang akan lahir dari salah satu perselingkuhannya dengan Raksasa perempuan Angrboda. Semua 3 anaknya sama-sama mengerikan, dan semua diasingkan atau dirantai di suatu tempat oleh Aesir dan Vanir, karena takut mereka akan memulai Ragnarök lebih awal dari yang diinginkan. Jika mereka benar-benar lahir, maka Ragnarök dikonfirmasi, karena 3 anak ini memainkan peran yang sangat penting pada hari itu.

Anak nomor 1, Hel, Dewi Kematian

Hel adalah hmm … Dia seorang dewi, tapi agak rusak. Sisi kanan wajahnya adalah seorang wanita muda cantik yang normal. Sisi lain, sisi kirinya adalah zombie, mayat hidup, dan mengerikan. Dia tidak memiliki kekuatan yang spesial selain mengendalikan orang mati, tapi Odin segera melemparkannya ke Helheim, menjadikannya Ratu dari orang mati. Kalau Odin mendapatkan prajurit Limited Edition di Valhalla, Hel mendapatkan sisa-sisa orang mati, mendapatkan penyebab kematian yang biasa saja, dari penyakit, atau karena umur tua.

Hel menyimpan dendam soal ini, dan telah bersumpah untuk mengirim orang mati untuk kembali menyerang yang hidup selama Ragnarök.

Hel, Dewi Kematian yang Bipolar

Anak Nomor 2, Ular Laut Jormungandr:

Jormungandr adalah seekor ular laut yang ukurannya sekitar garis Khatulistiwa. Ya dia sangat besar. Sekarang kamu mungkin bertanya, bagaimana seorang raksasa, dan seorang setengah dewa/raksasa, memiliki seekor ular raksasa sebagai anaknya? Jangan tanya aku, Poetic Edda, atau buku cerita besar mitologi Norse tidak memiliki ini, aku hanya memberikan versi yang lebih menyenangkan untuk dibaca.

Anyways, Jormungandr lahir di Midgard, dan kelahirannya menyebabkan kekacauan besar, memaksa Thor, yang tugasnya melindungi Midgard dan manusia, membuat Jormungandr pingsan dengan menyetrumnya, dan mengirimnya ke kedalaman lautan. Ketika Jormungandr lahir, dia tidak sebesar itu, tapi seiring berjalannya waktu, dia bisa tumbuh dari mungkin panjang benua Amerika sampai ukurannya saat ini, seukuran khatulistiwa.

Artwork Modern Jormungandr

Jormungandr tertidur sekarang, beristirahat dan bertumbuh, tapi saat Ragnarök mulai, dia akan terbangun, jauh lebih besar dari ukuran tubuhnya saat Thor pertama kali melawannya.

Anak Nomor 3, Serigala Fenrir

Fenrir mungkin yang paling ditakuti di antara anak-anak Loki. Ketika dia lahir, dia adalah serigala biasa, mungkin sedikit lebih besar, tapi Fenrir adalah serigala yang sangat menakutkan. Setelah lahir, keinginannya sederhana, menyerang (baca: memakan) para dewa.

Pada serangan dan kemarahannya di Asgard (Critically speaking, bagaimana dia bisa sampai di Asgard dengan cepat? Dia lahir di Jotunheim), dia melukai Odin, dan para dewa langsung bergegas masuk ke Nidavellir, mencari Rantai Terkuat di seluruh ke sembilan dunia, yang hanya para Kurcaci bisa tempa.

Rantai Fenrir sudah siap, tapi Fenrir tidak bodoh, dia adalah anak Loki, dewa terpintar (atau, ya licik) di seluruh mitos Norse, dia tahu ada sesuatu yang aneh. Jadi, Dewa Duel dan Keadilan, Tyr bergegas maju, dan tanpa rasa takut dia meminta Fenrir untuk menggigit tangannya saat dia mencekik binatang itu, sementara semua orang Aesir harus merantai sang serigala dengan rantai yang dibawa dari Nidavellir. Setelah kehilangan lengan kanannya, dia tahu itu adalah sebuah pengorbanan yang harus dilakukan. Fenrir kemudian dilemparkan ke sebuah pulau yang lokasinya berubah ke tempat yang berbeda setiap hari, dan Fenrir diikat di sana sampai Ragnarök.

Tyr tanpa tangannya sesudah melawan Fenrir

Pada hari Ragnarök Fenrir akan tumbuh seukuran bus Double Decker, dan akan jauh lebih ditakuti, karena percaya aku, jika serigala yang sedikit lebih besar dari serigala normal dapat melukai banyak dewa, bayangkan yang sangat besar.

Sekarang apa yang akan terjadi pas Ragnarök?

Ragnarök, Kejadian Hari-H

Jadi, apa yang akan terjadi pada Ragnarök? Nah pertama, menurut ramalan Odin, Ragnarök akan terjadi setelah 3 musim dingin non stop, atau di bahasa Norse, Fimbulwinter, yang berarti Einherjar bisa mempersiapkan lebih banyak setelah 2 musim dingin non-stop, tapi mereka telah mempersiapkan diri untuk selamanya, jadi kayanya tidak akan menjadi masalah. Selama Fimbulwinter orang Viking akan berperang demi makanan yang makin menipis.

Setelah itu, kapan semua orang akan mati? HAHAHA! Ragnarök didesain untuk menjadi hari yang menyakitkan dan sangat lama, jadi ini mungkin bakal lebih panjang dari yang dikira…

OKE! Siapa yang mematikan lampu?

Jadi, matahari dan bulan disebut Sol (dewi) dan Mani (dewa) masing-masing di Mitologi Norse, mereka adalah dewa-dewi yang dikutuk oleh Odin untuk mengorbit Midgard karena dia cemburu bahwa Sol dan Mani adalah anak yang lebih keren dan bisa dibanggakan daripada Anak-anak Odin sendiri.

Sol dan Mani akan dimakan oleh Serigala Hati dan Skoll, yang akan memakan Sol dan Mani untuk sarapan dan makan malam di Ragnarök. Ini bisa berarti Ragnarök dimulai pada gerhana, tapi Norse kekurangan sains untuk menjelaskannya.

Jadi Skoll dan Hati dikirim ke langit untuk terus-menerus mengejar mereka selama berabad-abad sebagai bagian dari kutukan Odin kepada Sol dan Mani. Dua serigala itu diciptakan hanya untuk memastikan mereka menderita, dan tidak dapat beristirahat. Oleh karena itu, Sol dan Mani akhirnya kehabisan energi setelah terbang dan berlarian selama itu, dan mereka akan menjadi makanan serigala!

Sol dan Mani dikejar para serigala

Setelah ini, Skoll dan Hati memakan bintang-bintang, dan para orang Norse akan bertanya … “Siapa yang mematikan lampu?” Karena langit sekarang gelap gulita.

Bangun dan beraktivitas itu irrelevan.

Jormungandr sudah bangun. Aku gak tahu bagaimana, dia hanya … emm… bangun tidur! Setelah terbangun, Loki terbebas dari guanya karena gempa besar yang terjadi oleh gerakan makhluk itu!

Begitu Loki dibebaskan, dia akan pergi ke Helheim, dan mencari Hel. Tunggu… jangan tanya tentang Jormungandr … Hanya karena dia terbangun tidak berarti dia siap berperang, dia masih punya beberapa rencana sebelum itu. Jormungandr akan mengguncang bumi saat Loki membutuhkannya untuk mengguncang bumi, setelah Naglfar mencapai Vigrid.

Jormungandr akan diam sementara itu, sementara Loki pergi ke Helheim, berangkat dengan Hel di Naglfar.

Ayo Berangkat Ke Kiamat!

Ketika mendengar istilah Kuku, aku serius… Kuku kaki orang mati akan dipakai untuk membuat kapal Naglfar, kuku mereka akan dipotong dan dibuat sebagai kapal… JIJIK!

Kapal para orang Mati

Setelah kapal siap, dan Loki ada sebagai laksamana, kapal itu akan berangkat, mengambil beberapa musuh lagi dari Aesir. Dari Helheim, kapal itu berisi dengan Hel, zombie-zombie pasukan hel, Loki, dan anjing raksasa peliharaan Hel, Garm.

Perhentian pertama… Jotunheim!

Setelah mencapai Jotunheim, para raksasa akan mengisi Naglfar, dan di antara para raksasa itu adalah Kapten-nya Hrym.

Perhentian kedua… Kenapa kita berhenti?

Jadi, inilah masalahnya … Setelah sampai di Jotunheim, mereka akan pergi ke Niflheim, yang kurasa bukan masalah, dunia-dunia itu berdekatan satu sama lain. Mereka tidak menjemput siapa pun (sesuai dengan Poetic Edda), tapi mereka berhenti di Niflheim karena ada bongkahan es besar. Setelah Fimbulwinter berakhir, gunung es itu akan meleleh. Jadi, inilah alasan Norse bukan penggemar musim panas, mereka takut Ragnarök akan dimulai. Aku membayangkan para orang viking tepuk dahi pada kita karena setiap hari kita semakin dekat pemanasan global.

Ini sangat kontra produktif … Ragnarök hanya dimulai setelah Fimbulwinter, tapi Fimbulwinter juga memperlambat Ragnarök, serius?

Nah menurut puitis lain, ada pilihan lain bagi Ragnarök untuk memulai tanpa akhirnya Fimbulwinter. Jika Jormungandr cukup kuat untuk membuat tsunami di Niflheim dan Midgard sekaligus, Naglfar akan berlayar melewati gunung es, dan mereka dapat berjalan ke pemberhentian ketiga mereka sebelum menghancurkan dunia, mungkin membeli donat terakhir mereka, atau makan siang, Karena Loki akan drop-off mereka di medan perang kiamat.

Perhentian ketiga! Musselheim? Muscleheim? Muspelheim!

Jadi, setelah beberapa spellcheck memang benar Muspelheim. . .

Di Muspelheim mereka akan menjemput … Raksasa api … Dipimpin oleh Surtr … Tujuan Raksasa Api ini yang paling penting dalam mengakhiri dunia menurut pendapat saya.

Pada Vigrid, ketika sebagian besar dewa lemah, atau mati, Mereka akan mengaktifkan mode self-destruct dan membakar ke-sembilan dunia seperti pembom bunuh diri. Tanpa mereka, orang Aesir mungkin sudah mati, manusia mungkin tenggelam, Vanir mungkin kehilangan semua sihir mereka dengan alam, namun tujuan Ragnarök tidak tercapai, karena dunia tidak dapat dimulai dari awal.

Jadi mereka berangkat ke Vigrid, bersama Hrym memastikan mereka menikmati perjalanan mereka untuk mengakhiri dunia … maaf, ke 9 dunia.

Doomsday Alarm Clock

Heimdall, yang pekerjaannya sama seperti di film Thor, yaitu untuk menjaga Bifrost, memiliki sangkakala yang dikenal sebagai Gjallarhorn … Sebuah sangkakala yang fungsinya untuk mengingatkan orang, seolah mengatakan “BANGUN! HARI INI KIAMAT”. Heimdall diberitahu untuk meniup sangkakala karena Heimdall dapat melihat seluruh 9 dunia sekaligus, yang berarti, ketika dia melihat Naglfar berlayar ke depan, dia dapat memperingatkan Aesir dan Vanir untuk bersiap-bersiap perang.

Ketika Klakson itu dipencet… kiamat akan dimulai.

Peristiwa Ragnarök dimulai dengan Odin mengendarai dan mengumpulkan Einherjar dengan kuda ber kaki 8-nya, Sleipnir, kedua gagaknya, dan dengan membawa senjata besarnya, Gungnir. Kebiasaan untuk orang Viking yang mempunyai senjata untuk memberi nama senjatanya, karena itu akan membuka potensi penuh senjata itu, terutama jika diperlakukan seperti teman dan sesama manusia.

Odin Rushing With His 8-Legged Steed

Dewa-dewa lainnya, di antaranya adalah Thor, Tyr, Heimdall dan Frey (Dewa Musim Panas, Vanir, bukan Aesir) juga mengikuti pimpinan sang Allfather.

Setelah mencapai Vigrid, suasana terasa tegang, karena ini adalah takdir yang tak bisa dihindari selama beberapa abad terakhir, menunda atau kabur bukan lagi pilihan. Semua takdir mereka telah diungkap oleh Odin, mereka tahu persis bagaimana mereka akan mati, tapi mereka juga tahu takdir adalah sesuatu yang tidak dapat mereka hindari.

Mereka Semua Mati…

Oke, jadi akhirnya kita bisa mencapai bagian di mana para makhluk kekal mati … Tunggu, maaf, orang Norse tidak pernah mereferensikan dewa-dewi mereka sebagai makhluk kekal.

Bagaimanapun juga, para dewa-dewi Norse tidak all-mighty, dan kupikir sebaiknya memanggil mereka makhluk yang lebih kuat daripada manusia, tidak seperti Dewa-dewa Yunani yang abadi, mereka tidak. Jadi, inilah bagian dimana mereka akan mati! Aku sudah lama menunggu lama untuk menulis bagian ini, karena ini bagian paling seru-nya.

Setelah sampai di medan perang, Loki segera membangunkan anaknya, Jormungandr, memerintahkannya untuk marah, dan menciptakan tsunami, dan menenggelamkan para manusia! Sebagai pelindung Bumi, Thor terbang dengan Mjolnir dan terbang ke Midgard, melawannya dalam sekejap, meledakkan makhluk itu dengan petir dari palunya yang legendaris.

Sebelum hal lain terjadi, anjing Hel, Garm maju dengan cepat, menggigit Tyr, saat ia melawan anjing itu dengan satu-satunya tangannya, dengan pedangnya, ia memotong kiri dan kanan, mendorong anjing itu untuk mundur, memastikan Garm tidak menyakiti dirinya, atau orang lain.

Tidak lama kemudian, Jotunn, Zombie, Einherjar, dan Dewa mulai bertengkar, menikam dan memotong satu sama lain. Di tengah semua kekacauan ini, Hel berdiri di belakang, mengendalikan orang mati. Fenrir bergegas maju, hanya untuk diblokir oleh Sleipnir dan Odin, dan merasakan tusukan Gungnir’nya Odin.

Odin Melawan Fenrir

Heimdall berhadapan dengan Loki, saat ia bergerak dari kiri ke kanan, seperti seorang pembunuh, dengan berhati-hati ia merencanakan gerak-gerik untuk membunuh dewa yang melihat semua dan mendengar semuanya (ini harfiah, Heimdall dapat melakukan ini jika dia menginginkannya). Akhirnya, Loki memainkan trik meninggalkan decoy, membingungkan penjaga Asgard, Loki melanjutkan dengan menusuk Heimdall, menyebabkannya teriak kesakitan, lalu Loki melangkah ke depan, dengan belatinya, ia memastikan wajahnya adalah hal terakhir yang dilihat Heimdall.

Raksasa Api Surtr bertatapan dengan Frey. Mereka adalah musuh alami, api, kekuatan yang merusak, melawan pertumbuhan musim semi yang menenangkan dan kehangatan musim panas (dengan global warming, ini jadi panas yang menyengat, tapi ya begitulah). Frey tidak memegang senjata, dia menukarkan Pedang Sumarbrander-nya sebagai hadiah pernikahan untuk Raksasa cantik yang dinikahinya. Bagaimanapun juga, dia harus melawan sang raksasa api, terlepas dari api membara yang mengelilingi mereka berdua, yang disebabkan oleh panas Surtr yang dipancarkannya, Frey masih bertarung dengan sihirnya, mengalihkan Surtr.

Kekacauan yang Surtr timbulkan saat Ragnarok

Kembali ke Midgard, Jormungandr telah menenggelamkan sebagian besar manusia, sementara memuntahkan banyak racun, melelehkan pohon dan jalan yang kena dengan racunnya. Thor melakukan yang terbaik untuk menangkis binatang itu, dia mencoba segalanya, serangan jarak dekat, badai petir, melemparkan Mjolnir, membanting dirinya dari udara. Apapun, usahanya tampaknya hanya mengganggu si ular raksasa. Dengan tenaga yang tersisa, dia mencoba yang terbaik untuk menyetrum air, seperti yang dia lakukan terakhir kali. Jormungandr tampak lemas, tapi itu banyak energi Thor yang terkuras untuk menganggu makhluk itu.

Terbang sekali lagi, Thor melihat dampak kekacauan yang dilakukan Jormungandr. Di udara ia melihat pemandangan dari manusia yang tenggelam, rumah yang hanyut, pohon yang tumbang, dan tebing dari gempa yang ditimbulkannya. Dia tahu dia perlu melakukan sesuatu yang sangat berani untuk mengalahkan makhluk itu. Thor menyiapkan energi apa pun yang tersisa untuk menyalurkan badai petir dan bergegas maju membawa awan badai bersama Mjolnir-nya, melemparkannya ke dalam mulut ular itu, membelahnya menjadi dua. Upaya Thor berhasil, namun dalam proses mengalahkan Jormungandr, ular itu memuntahkan racun ke muka Thor, dan saat ia turun lagi, ia mundur 9 langkah di tanah … Ke tanah ia jatuh, saat ia menarik napas terakhirnya, ia meninggal secara heroik. membela Midgard dari ancaman yang paling berbahaya.

Untung aku yakin Thor tidak akan mati di Thor: Ragnarok, karena itu akan buruk bagi bisnis film mereka, kecuali Marvel Cinematic Universe ingin menghidupkan kembali orang lain, seperti yang selalu mereka lakukan, kecuali untuk Uncle Ben.

Kembali ke dataran Vigrid …

Frey yang berikutnya untuk mati… Seperti type Pokemon mengajariku, dan tentu saja, SAINS! Rumput kalah dengan Api, dan kamu tidak ingin melawan Raksasa Api sebagai Dewa yang pekerjaannya adalah menumbuhkan tanaman. Frey telah tahu takdirnya saat dia menyerahkan pedangnya sebagai hadiah pernikahan untuk Istri Raksasa kesayangannya. Frey dibakar, dilemahkan, saat Surtr menghabiskannya dengan pedangnya yang berapi-api, dan Dewa Musim Panas tidak dapat melakukan apapun, kekuatannya terkuras, tanaman yang dia ciptakan terbakar dalam sekejap, dan dia menerima takdirnya.

Odin melangkah mundur, meninggalkan Fenrir untuk membuat kekacauan di jajaran Einherjar-nya, karena dia tahu dia harus menyelesaikan seseorang terlebih dahulu, seseorang yang memulai perang ini, seseorang yang suka bermain “lelucon”… LOKI! Dengan delapan kaki kudanya, Odin bergegas maju, dengan Gungnir-nya didepannya, ia menghunus tombaknya ke Dewa licik itu, membunuhnya.

Fenrir sangat marah … Dia tidak dapat menerima bahwa ayahnya meninggal … Fenrir melompat dan memakan Odin, UTUH, membunuh sang allfather. Namun, mengetahui ini adalah cara dia meninggal, Odin telah menyiapkan anak laki-laki untuk kesempatan ini (aku tahu, kalimat aneh, tapi dia benar-benar melakukan itu).

Jadi, anak laki-laki Odin, Vidar, yang telah menyiapkan sepatu bot sangattebal untuk menginjak wajah Fenrir tanpa kehilangan satu pun jari kakinya, melangkah ke mulut Fenrir yang terbuka, dan saat Fenrir menggigitnya, Vidar mencekik serigala itu sampai mati … seluruh hidupnya, Vidar telah disiapkan untuk saat itu juga, yang menunjukkan Paranoia Odin terlalu parah.

Sepatu tebal… oke…

Sementara itu, Tyr telah berhasil memotong anjingnya Hel, Garm, tapi tanpa digigit beberapa kali. Garm melukai sang Dewa Perang, membiarkannya menggeliat kesakitan, sampai Surtr dan tentara raksasa api-nya meledak untuk mengakhiri kesengsaraan setiap dewa di luar sana.

Akhirnya, setelah sebagian besar Einherjar, Vanir dan Aesir meninggal, para Raksasa Api mengikuti sebuah formasi yang dipimpin oleh Surtr, saat mereka menenggelamkan dunia dalam kobaran api dan mengorbankan diri mereka untuk membersihkan 9 cabang Yggdrasil dari apapun yang telah ditinggalkannya …

Dunia telah terulang kembali, dan hanya beberapa yang selamat …

Survivors of Ragnarök

Di antara banyak yang meninggal di Ragnarök, beberapa orang Aesir dan Vanir berhasil bertahan …

Magni dan Modi, dua putra Thor selamat karena Odin telah berjanji dan menyampaikan bahwa 2 putra Thor akan bertahan dan mewarisi Mjolnir, Thor memilih 2 anak kesayangannya untuk memimpin para Aesir yang hampir punah.

Vidar selamat, karena rencana ayahnya untuk membunuh Fenrir, Vidar diberi hadiah untuk bertahan hidup Ragnarök, jika dia berhasil membalaskan Odin.

2 Manusia diberi perlindungan di Yggdrasil oleh Thor sebelum dia melawan Jormungandr, dan Thor menyuruh mereka untuk merepopulasi kembali bumi setelah Ragnarökberakhir.

Yggdrasil menumbuhkan bumi baru dari apa pun yang tersisa darinya, yaitu lautan, dan dunia telah kembali lagi.

Wow! Semoga kamu menyukai cerita itu!

Sekarang untuk versi cerita Thor: Ragnarok …

 

Thor: Ragnarok

BERHENTI JIKA KAMU TIDAK MAU SPOILER!

Membahas Mitos versus Trailer MCU

Masih disini? *sigh* aku berharap pembaca sudah nonton saja kalau begitu ya…

Dari trailer aku menyimpulkan bahwa Loki adalah orang baik sekarang … Jadi begitulah, sigh … Loki yang jahat selalu mengagumkan menurut saya. Maaf, itu salah … Loki tidak percaya pada baik dan jahat, karena dia merasakan perang sebagai dua pihak berkelahi satu sama lain, dan literatur Norse tidak memiliki konsep Good and Evil … Aku lebih suka Loki bertarung dengan putrinya. Hel, yang sayangnya, tampaknya bukan putri Loki, dan Loki tidak mungkin meminta bantuan Hel kali ini.

Sekarang kita memiliki Hulk, yang beberapa orang mungkin ragukan alasan dia di film ini, tapi Hulk bisa masuk deskripsi tentang Viking Berserker dengan cukup baik, beberapa Einherjar adalah Berserker, yang merupakan orang-orang yang bertarung tanpa batas apapun ketika mereka marah, seperti Hulk.

Kemudian ada Odin, Heimdall, dan Sif, di Mitos, Odin bertempur dan meninggal, sayangnya, dari apa yang aku lihat dari trailer, portrayal Anthony Hopkins sebagai Odin sepertinya tidak ada dalam perang. Heimdall sepertinya tidak ada, karena aku ragu pria bertudung merah itu memang Heimdall, tapi kuharap memang begitu. Sif adalah Istri Thor dalam mitos, dan tidak seperti di film Thor, dia bukan pemanah, atau pemburu atau apapun … Dia adalah dewi Bumi dan pertumbuhannya, jadi ada perbedaan di sana, walaupun begitu aku tidak yakin Sif adalah kembali untuk saat ini

Aku juga melihat sekilas Serigala Raksasa yang aku berdoa adalah Fenrir, karena aku tidak sabar menunggu dia terbunuh oleh siapapun yang ada di bioskop.

Film Versus Mitos

Yap, aku sudah menonton filmnya, dan inilah beberapa perbedaan dari hal-hal yang benar-benar terjadi di film ini, bagian ini penuh dengan Spoiler, dan aku rasa ada banyak, terutama karena film ini cukup erat hubungannya dengan mitos, menjauhlah dari bagian ini jika Anda belum menonton filmnya.

  • Peran Surtr … TUNGGU! Subtitle film menyebutkan Surtur, yang mungkin sedikit salah karena ada masalah pengucapan. Perbedaan utama antara film dan mitosnya adalah bahwa Surtr tidak membunuh Hel, dan membakar semuanya, yang di filmya, dia hanya membakar Asgard.
  • Kehadiran Hel Dalam film… Nama dia Hela, yang aku tidak bakal complain, karena puisi Norse kuno menggunakan nama Hela, dan nama modern menjadi Hel. Hel / Hela bukan anak Odin, dan, Hel juga tidak memiliki dunianya sendiri. For The Record, di film pertama, Thor menyebutkan satu dunia yang tidak ada dalam versi 9 mitos Dunia, yaitu Nornheim, kemungkinan substitusi MCU dari Helheim.
  • Selanjutnya, aku mau bahas Fenrir, dan Fenris, yang walaupun serigala Hel tidak begitu menakutkan dalam film ini, kehadirannya ada, dan Fenris, juga seperti Hel dan Hela, memiliki nama Norse kuno Fenrisr, yang beberapa sebut sebagai Fenrir, dan juga ada yang menyebut Fenris, jadi tidak ada masalah besar di sana, hanya versi yang berbeda.
  • Kekuatan Thor … Aku gak bercanda di sini, Thor tanpa palu seperti … Sebuah bom tanpa detonatornya. Bomnya masih ada di sana, dan kamu bisa memukul kepala orang dengan benda itu, tapi tujuan utamanya tidak tercapai. Dalam Mitologi Norse, dengan 20-30 Jotunn, Mjolnir dapat dengan mudah diangkat, dan disembunyikan dari Thor. Lalu Thor tidak berguna … Seperti, dia punya senjata cadangan yaitu tongkatnya untuk memukul orang, tapi dia tidak bisa menyetrum orang lain, dan dia juga tidak bisa terbang. Tapi yah, maka tidak ada ruang untuk kepahlawanan di filmnya jadi oke aja deh …
  • Valkyrie. Meskipun tidak dijelaskan tugas asli mereka di filmnya, di mitos Norse Valkyrie umumnya tidak melakukan apa-apa selain menarik orang-orang heroik ke Valhalla, dan iya, di MCU, seperti yang disebutkan oleh Thor dan terlihat dalam pencurian memori oleh Loki, mereka menjaga takhta Asgard, jadi itu hanya perbedaan kecil saja.

Nah begitulah … P.S. FILM YANG BAGUS! juga cameo Stan Lee yang ditempatkan dengan baik.

Thanks for reading!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *