Promotion: Open House SMKAA

Promotion: Open House SMKAA

Courtesy of Image: kemendikbud, program Budaya Kita.

Dear readers of Dikakipelangi.com…

Aku tidak dibayar sedikit pun oleh SMKAA… Promosi ini murni dilakukan karena aku seorang relawan di SMKAA yang sangat ingin untuk mengait dan mengajak orang-orang untuk ikut bergabung di komunitas relawan ini.

(dan umm, sejujurnya, karena belum terlalu banyak promosi di web, jadi, aku menawarkan diri untuk membuat post mempromosikan Open House SMKAA ini)

SMKAA bukan sebuah Sekolah Menengah Kejuruan. Jangan seperti beberapa orang yang melihat singkatan SMKAA dan dengan umum memberi sebuah panggilan… SMK Asia Afrika…

Bagaimana responnya? (tentunya bukan salah dari pihak yang memberi pengumuman, kurasa SMKAA punya sedikit andil salah dalam kejadian ini)

Oke, semoga basa basinya tidak sampai basi, jadi… mari kita masuk, dan jelaskan mengenai open house dan SMKAA itu sendiri.

Dan semoga lelucon basa basi itu tidak garing. (oke, aku tahu itu garing, peace)

Apa itu SMKAA?

SMKAA adalah Sahabat Museum Konferensi Asia Afrika. Dan jika reader disini belum sering membaca website milikku, kemungkinan ketemu broadcast dari mana, atau hanya kebetulan mampir Dikakipelangi.com, pasti belum tahu apa itu SMKAA.

(umm, terkecuali kalau memang sudah tahu, mungkin via IG, dari temannya, atau memang sudah anggota, atau mungkin…)

Ehem, sorry… Azriel, tetap fokus.

Sebenarnya, apa itu Sahabat Museum? Nah, bisa baca dulu dari sini… Mulai dari sejarahnya, tentunya.

Sejarah SMKAA

Pada tahun 2011, dan di titik paling “rendah” dari Musuem KAA sendiri, beberapa pegiat museum di Bandung, berkumpul di Museum Asia Afrika pada suatu malam.

Museum seperti Museum KAA sendiri yang statis, dan tidak bisa terlalu banyak menambahkan pameran sementara, merasa bahwa memiliki sesuatu yang hidup, atau lebih tepatnya, sesuatu yang menghidupi museum.

Jadi, karena Musuem tentunya akan butuh relawan, dan juga pasti akan membutuhkan kehidupan baru, diciptakanlah Sahabat Museum.

Peran dari sahabat museum ini apa?

Sebenarnya, Sahabat Museum ini, pada tahun terciptanya benar-benar hanya ada untuk memberikan relawan bagi Museum KAA. Anggota awalnya berisi pegiat Museum, Sejarah, ataupun Konferensi Asia Afrika sendiri.

Nah, namun, seiring bertambahnya anggota, ada suatu titik diantara umur 7 tahun SMKAA ini, untuk menghasilkan klub-klub di bawahnya, dan beberapa klub ini mungkin sudah diketahui sebelum seseorang tahu akan sahabat museum. Klub-klub ini kemudian digunakan untuk menarik masyarakat umum dan mengikuti Sahabat Museum, agar museum bisa mendapatkan relawan dan sumber daya manusia ketika ada acara yang membutuhkan kedua hal tersebut.

Aku sejujurnya belum bisa memberikan terlalu banyak informasi detil (terutama urusan tanggal dan tahun ^-^ ) mengenai sejarah SMKAA sendiri, tetapi, kurasa secara garis besar, ini cukup memadai.

Open House Schedule…

Open house dilaksanakan pada 4 Agustus 2018…

Pada open house kali ini, kita akan memberi kesempatan untuk masyarakat umum untuk mencoba 13 klub yang akan dipamerkan di open house dan bisa dicoba trial class-nya nanti.

Booth dibuka dari jam 9.00-16.00, jika ingin bertanya mengenai detil klab, bisa datang saja ke booth ๐Ÿ˜‰ . Detil SMKAA juga bisa ditanyakan ke booth, seandainya bingung.

Berikutnya ada trial class.

Sedikit kelemahan dari broadcast adalah, informasi yang dijajakan dan diberikan cenderung terbatas, jadi, aku ingin memberikan yang lebih mendetil, agar tidak ada kebingungan.

Trial Class dilaksanakan di dua venue, yaitu Galeri Museum, dan juga, ruangan Audiovisual. Pada tiap sesi, ada beberapa klab yang menyiapkan trial class.

Trial Class tiap klab sendiri berlangsung 30-45 menit. Dan iya, ini berarti satu sesi diisi tiga trial class dari tiga klab berbeda. Urutan tampil belum diumumkan, karena kami dari pihak SMKAA akan lebih senang jika orang-orang mengikuti ketiga trial class ๐Ÿ˜‰

Tetapi tentunya, kami tidak keberatan jika ingin pindah kelas ketika sudah mengikuti trial class klab yang ingin diikuti.

Kesimpulan

Tentunya, SMKAA ini, adalah sebuah pintu bagi seseorang untuk berkontribusi lebih untuk masyarakat. Sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi orang lain bukan?

Kurasa, kesimpulanku hari ini akan sederhana…

SMKAA akan cocok bagi orang yang berkomitmen, dan juga yang ingin berkontribusi lebih banyak untuk masyarakat, kesempatan masuk ke komunitas ini hanya sekali setahun, ayo, jangan sampai kelewatan ๐Ÿ˜‰

This article will be completed in Friday, with details on each of the clubs, (it’s 60% done) and only need fact rechecks.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *