Project Preview: Sahabat Museum Geologi

Project Preview: Sahabat Museum Geologi

Mungkin yang sering main ke web ini seringkali denger, Sahabat Museum Konferensi Asia Afrika, atau SMKAA (for short), nah… Sebenarnya Sahabat Museum ini, udah jadi keinginan beberapa Museum sejak SMKAA ini ngehits dan sukses selama 4 tahun kebelakang.

Jadi, aku dan sedikit kekepoanku pada ini, berusaha sounding ke Museum Geologi…

And oh boy, I’ll have to admit, this is… gonna be rather challenging.

Museum Geologi akan mengalami ulang tahun ke 90 pada 16 Mei… Dan… Pak Ma’mur, Kepala Divisi Edukasi dan Informasi, memintaku, atas sedikit requestan sana sini, untuk membantunya (dan menjalankan) Sahabat Museum Geologi yang diimpikan ada sejak 2 tahun yang lalu.

Pak Ma’mur sendiri cerita ke aku bahwa dibutuhkan Sahabat Museum, dan untuk posisi mengurusnya dibutuhkan cukup banyak hal… Seperti, konsistensi, determinasi, dan tentunya… anggota.

Untuk itu, ini akan menjadi sedikit project preview ke apa yang bisa diharapkan untuk dirilis setelat-telatnya bulan depan. Please, wish me luck…

Planned Clubs

Khasnya SMKAA adalah klub nya. Masing masing wajib melakukan sesuatu untuk mendapat sertifikat. Dan masing-masing klub juga diberikan akses ke events Museum, mendapatkan info pertama first hand, dan ya… Not here to discuss that actually…

Aku kepengen ngebahas klub apa aja yang mungkin direncanakan untuk Sahabat Museum Geologi ini… For now idenya baru ada empat… Tetapi semoga bisa dilaksanakan, dan tentunya bisa bermanfaat jika sudah resmi berjalan tadi.

Pak Ma’mur sendiri request untuk tolong membuat sebuah klub menulis, dan ceritakan dengan gaya santai tentang satu dan dua exhibit di Museum Geologi. Namanya masih TBD sih…

Selain itu, kayanya akan menarik jika ada klub yang membahas Earth Preservation, dan semacam gerakan go green dengan pembahasan lain-lain berdasarkan perspektif Geologi… Again, namanya TBD.

Mengikuti tenarnya Klab Edukator di Museum Asia Afrika, aku memberikan saran ke Pak Ma’mur untuk sebuah klub yang membahas guiding, touring, mungkin bahkan masuk ke ruangan storage-storage di Museum Geologi. Tentunya untuk mengenalkan Museum Geologi dalam in depth untuk yang memang dah in depth, dan juga dengan scope besar untuk publik. Of course, dengan tujuan untuk merespek nama Klab Edukator (aka Public Educator Corps), Namanya gak akan jauh-jauh dari Edukator. Perhaps, Geoeducators? I don’t know yet.

Dan terakhir, Pak Ma’mur dan aku berdiskusi kilat untuk sebuah klub yang akan gak main jauh-jauh dari sosmed… Untuk jadi agen promosi museum. Diantara empat ide klub ini, by far, ini yang paling belum mateng, jadi aku pun masih kurang yakin.

Jika klub sosmed/promosi ini gagal, atau kurang padat untuk dijadikan klub, aku sih kepengen Museum Geologi ini punya klub art. Menggambar secara abstrak tentang karya geologi, ataupun secara padat. Tapi ini mungkin rada sulit… Kita lihat dulu deh nanti.

Apakah ada yang menarik diantara keempat klub ini? Meski hanya gagasan, semoga bisa menjadi kenyataan.

Benefits?

Wah, ini sebenernya aku belum dapet scope nya sampai ikutan Milangkala SMKAA… Dan sejujurnya, Sahabat Museum Asia Afrika ini, dengan magis membuat orang-orang mau tetap dan berkontribusi, meski tidak diberi benefit yang banyak. Nah, aku sendiri mendapat info bahwa di Museum Geologi, 3 attempt sebelumnya membuat Sahabat Museum masih rada gagal karena kurang aura magis kaya SMKAA ini.

Jadi, sebenarnya, kalau membahas benefits yang bisa didapat dari Sahabat Museum Geologi, kira-kira apa ya?

Well, ada 3 hal menarik yang bisa ditawarkan ke Geolo-geeks, ataupun mahasiswa yang tertarik berkontribusi. Ketiga hal ini diusahakan tidak mengeluarkan dana banyak.

  • Storage Room Access! (Okay, ini perlu dibicarain dulu sama Pak Ma’mur, dan beberapa rekannya di Geologi)
    • Siapa sih yang gak mau masuk Behind The Scenes dari sebuah film? Kalau mungkin udah sukses dan mendapat izin untuk masuk ke Storage Room nya, mungkin sih gak bisa terlalu sering, tetapi tentunya ini akan menarik banyak Geolo-geek tadi, dan mungkin akses ke behind the scenes ini bisa menjadi metode PDKT utama ke geolo-geek ini…
  • Certificate
    • SMKAA berjalan karena 2 hal… Anggota lama yang senang berkontribusi, dan anggota baru yang awalnya cuma dateng buat sertifikat, tapi tiba-tiba jatuh cinta, jadi mau berkontribusi.  Yeah this is me, yang awalnya berencana mau gonta-ganti klub tiap tahun demi sertifikat… Tapi sekarang jadi super seneng dan juga kasihan sama club nya yang hanya punya 4 anggota, dan mau ikut mengurus.
  • Knowledge
    • Self Explanatory… Kalau orang ga dateng karena knowledge atau karena emang seneng, ini mungkin gak akan jalan. Jadi ini kayanya sebuah benefit penting, tapi obvious.

Tetapi, tentunya untuk ketiga benefit ini, diharapkan untuk juga mengkontribusikan waktu dan tenaga… Layaknya relawan yang dibayar dengan ilmu alih-alih uang seperti pegawai.

What to expect?

Di blog ini, harapkanlah tulisan tiap sabtunya…

Di dunia Museum Geologi? Mungkin bisa diharapkan… Bahwa ini akan berjalan. Aku akan sangat senang jika menerima kontributor ataupun calon anggota. Kabarkan saja, karena tentunya aku akan senang mengetahui bahwa dari gagasan yang menjadi tulisan ini… dapat menjadi sebuah kenyataan.

Tentunya, untuk Sahabat Museum Geologi ini, gak bakal bisa se fenomenal SMKAA, tetapi layaknya sebuah batu, ia akan mencapai bentuk penuhnya sesudah mengalami proses dan ditempa… Sebuah komunitas adalah sebuah proses. Banyak hal di dunia ini berproses… Kita tinggal bersabar dan membantunya berkembang.

In Conclusion

Terima kasih ke Pak Ma’mur… tanpanya, ini hanyalah impian.

Kesimpulan hari ini akan simpel, tetapi padat…

Make your dreams ideas, make your ideas a plan, make your plans a reality.

Aku akan sangat senang jika ada yang ingin spread the spirit of sharing, dan juga spread the love, tambahkan anggota satu atau dua, mencicil saja… Sampai akhirnya Sahabat Museum Geologi ini bisa menjadi kenyataan… Sudah sih, aku sejujurnya tidak ada tambahan lain…

Terima kasih ya… Ditunggu kontribusinya šŸ˜‰ .

Until tomorrow…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *