Penemuan Dalam Abad Ke 21.

Penemuan Dalam Abad Ke 21.

Kita membahas penemuan dalam abad ke 21, dan sebagian besar orang akan kebingungan. Mengapa mereka akan kebingungan? Sebenarnya penemuan ke abad ke 21, atau yang akan ditemukan di abad ke 21 tidak akan lagi sederhana.

Sebenarnya sejujurnya semua hal sehari-hari yang kita pakai akan diawali dengan fase dimana orang-orang bingung benda itu apa. Tetapi, di abad ke 21, penemuan apa lagi yang bisa diciptakan dan membuat sebuah perubahan besar di kehidupan kita?

Sayangnya aku akan menjawab bahwa tidak akan ada penemuan yang benar masif dalam hidup sehari-hari seorang manusia… Mengapa?

Dana Riset

Sekarang, dana riset sedang dicairkan besar-besaran untuk…

  • Senjata (seperti biasa)
  • Artificial General Intelligence (lebih banyak tentang itu di bawah)
  • Nanoteknologi

Utamanya untuk ketiga bidang itu…

Tetapi, sayangnya, ketiga bidang itu tidak ada rencana untuk membuat sesuatu yang berfungsi dalam kehidupan sehari-hari. Atau tepatnya, sesuatu yang kecil. The little things are what matters…

Definisi “Kecil”

Sebenarnya yang kumaksud dengan kecil adalah, suatu penemuan yang meski mengejutkan, tetapi langsung bisa diaplikasikan ke kehidupan sehari-hari. Seperti misalnya, troli belanja,gantungan baju, dan benda lain yang langsung bisa dipakai di kehidupan sehari-hari seseorang. Dalam kasus keempat itu, bukan hanya tidak banyak riset untuk hal yang “biasa”, tetapi memang, potensi menciptakan sesuatu yang “sederhana” lebih sulit.

Dalam jangka pendek (10-15 tahun), kurasa tidak akan ada suatu penemuan yang akan masuk ke kategori tersebut.

Untuk membuat contoh ke setiap kategori, lihat saja dulu…

  • Senjata…
    • Tidak banyak penemuan baru yang direncanakan untuk senjata, hanya ada metode untuk membuat sebuah senjata lebih efektif serta efisien. Aku sendiri kurang tahu tentang persenjataan ini, dengan pengetahuan terbatasku untuk subyek ini, sekarang sebenarnya ingin diciptakan juga AI untuk menjadi substitusi prajurit, tetapi itu masuk ke kategori AGI tadi, jadi untuk senjata, belum ada potensi penemuan yang mengubah kehidupan sehari-hari.
  • AGI, atau Artificial General Intelligence
    • AGI sendiri adalah sebuah ciptaan yang sudah cukup sempit definisi-nya. Dasarnya, para ilmuwan dan peneliti AI sedang ingin membuat replika dari pemikiran seorang manusia, tetapi dalam komputer (alhasil memiliki kecepatan yang 100-10000 kali lipat lebih cepat dari kita, tidak akan pernah lelah, serta paling penting… tidak dimakan emosi). Tentunya sudah ada banyak pembahasan tentang AI di site ini, tetapi belum secara teknis. Sebenarnya di artikel ini juga tidak akan terlalu teknis, namun sekarang…
    • DARPA, (Defense Advanced Research Projects Agency) sedang memberikan mayoritas dana-nya untuk penciptaan sebuah AGI. Tentunya, AGI disini akan dimasukkan dalam sebuah “senjata”, dan tidak hanya akan digunakan untuk hal-hal sederhana seperti misalnya komputer untuk melawanmu dalam catur.
    • Dikarenakan AGI tidak akan didistribusikan meski sudah sukses diciptakan (perkembangannya pun tidak dibuka ke umum, berdasarkan apa yang kita sudah ketahui, mungkin saja AGI sudah diciptakan), dan juga penerapannya yang akan sangat spesifik sebagai substitusi ilmuwan, programmer, dan lain-lain, AGI tidak akan masuk dalam kehidupan sehari-hari kita.
  • Nanoteknologi
    • Sekarang nanoteknologi sedang dikembangkan untuk Nanomaterial, Nanofarmasi, serta Nanobiologi. Penjelasan rinci akan ada di bawah.
      • Nanomaterial sudah cukup sempit definisinya. Artinya adalah menciptakan suatu materi, atau menggunakan suatu materi yang ukurannya sudah masuk dalam skala nano. Seperti misalnya, ada 3D printing yang menggunakan nanobot untuk menciptakan suatu benda. Penjelasan detil akan ada di artikel ini. Selain 3D printing, tentunya juga ada hal-hal seperti saringan air dengan membran skala Nano.
      • Nanofarmasi disini juga tidak akan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari dalam jangka waktu dekat. Untuk sekarang, Nanofarmasi masih sangat-sangat eksperimental. Tetapi jika misalnya Nanofarmasi menjadi sesuatu yang utuh pun, Nanofarmasi hanya bisa digunakan untuk penyakit yang… mungkin tidak bisa dibilang jarang juga, tetapi lebih ke… Hmm…
        • Anggap saja Nanofarmasi adalah obat untuk kanker. Udah, seberapa besar itu?
      • Nanobiologi membahas struktur sel, serta pembelahan selnya dalam skala kuantum. Bukan penemuan. Hanya riset.

Selain itu juga tentunya masih ada beberapa hal buatan Elon Musk, misalnya SpaceX, atau juga Tesla. Untuk kedua hal itu juga, masih masuk ke skala yang besar.

Jadi… Apakah ada suatu penemuan yang terbilang kecil?

Pertanyaan bagus. Jawabannya ada.

Tetapi formatnya tidak 100% sesuai dengan definisi yang telah kutulis.

Berdasarkan definisiku… Suatu hal yang baru dan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dalam jangka pendek sesudah ditemukannya penemuan itu.

Berdasarkan definisi yang kita alami… Suatu hal yang sudah ada. Hal tersebut dimodifikasi agar dibuat lebih efisien, dan juga mampu mencapai tujuannya secara efektif.

Oke, mungkin terkesan jauh, tetapi kita ambil saja gelas sebagai contoh.

Gelas sudah ada sejak zaman… Mesopotamis. Gelas sudah ada selama adanya literatur. Lebih dari 4000 tahun, mungkin lebih.

Tetapi, pada abad ke 21 ini, sedang diciptakan (atau mungkin sedang berusaha untuk dijual) sebuah gelas yang dibuat rumput laut dan mampu dimakan. Rasanya pun akan tawar, kecuali ingin diberikan rasa-rasa.

Jadi, teknologi telah membuat kita bisa mengembangkan suatu bentuk benda yang sudah ada sejak sangat lama, tetapi kita membuat benda tersebut lebih ramah lingkungan, serta juga… lebih nyaman bagi kita.

Kemajuan Teknologi

(Di zaman dahulu kala tentunya)

Teknologi yang maju itu tentunya sangat relatif.

Pada zaman mesir kuno yang namanya roda itu sangat-sangat maju, mungkin setara dengan smartphone di zaman kita. Tetapi pada abad ke 21, roda seringkali dipandang sebelah mata. Di saat yang sama, yang kita pandang sebagai teknologi maju hanyalah instrumen yang benar-benar kompleks. Seperti misalnya, AI, Nanoteknologi, dan lain-lain yang udah di atas tadi.

Di saat yang sama, kita belum bisa membuat sesuatu yang telah dibuat oleh orang mesir kuno, meski seberapa feodalnya kita menganggap teknologi mereka, kita sebagai spesies telah kalah dalam lomba membuat piramid oleh sebuah peradaban yang telah hilang dimakan zaman, dan ditelan (literally) pasir.

Jadi, apakah teknologi yang maju itu?

Seperti kusebut diatas, maju itu sangat relatif. Persepsi seseorang pada istilah maju ini sangat-sangat bergantung pada ekspektasinya. Jika kita tanyakan pada Ray Kurzweil, apa itu teknologi maju? Ia akan menjawab, AI yang bisa menyimpan kesadaran saya agar saya tidak akan pernah mati (iya, mereka sedang berusaha membuat ini).

Tetapi tanyakan misalnya pada orang yang awam pada kemajuan teknologi AI itu sendiri, tetapi tahu pada AI karena misalnya ia menonton Terminator. Apa teknologi ayng maju? Ia mungkin hanya akan menjawab, Oh iya! AI!

Relativitas Teknologi

Jadi, sejujurnya, teknologi telah dirubah cukup banyak oleh sudut pandang seseorang. Internet sendiri juga menjadi faktor disini…

Kita coba lihat misalnya Robert Yates… Kenal orang itu? Jamin tidak.

Robert Yates adalah orang yang menciptakan pembuka kaleng. Iya, pembuka kaleng. Kalau misal kamu kesusahan membuka kaleng kornet, berterima kasih lah pada Robert Yates ini.

Dari terciptanya pembuka kaleng buatan Robert Yates ke bisa tersebarnya teknologi ini, butuh waktu sekitar 7-8 tahun agar pembuka kaleng ini diterapkan secara global. Awalnya pembuka kaleng ini hanya bisa dipakai oleh tentara Amerika saja (pas perang saudara). Itu pun baru bisa terjadi 3 tahun sesudah terciptanya alat ini, di tahun 1858.

4 tahun kemudian, baru ide ini mulai disebar oleh Yates ke seluruh dunia. Dan begitu benda ini dimiliki semua orang. Faktor wah pada benda ini sudah tidak ada lagi. Sudah benar-benar hilang, karena sekarang, semua orang sudah memiliki benda ini. Disaat yang sama, semua eks-prajurit yang memiliki benda ini juga kemungkinan sudah lupa seberapa besar ia terbantu dengan pembuka kaleng ini pas ia perang.

Peran Internet

Orang-orang akan lebih mudah merasa wah dengan teknologi yang ia tidak miliki. Betul? Tetapi, jika di zaman dahulu kala kita akan sangat kesusahan untuk mengetahui penemuan apa saja yang baru diciptakan. Sekarang, kita bisa tahu apa saja yang sedang diriset oleh orang-orang dengan mudah, terimakasih internet.

Dengan bantuan internet kita dapat dengan mudah mengetahui teknologi apa saja yang sudah ada atau sedang diciptakan.

Kemungkinan akan ada penemuan life-changing yang sedang diriset, lalu ada seorang wartawan yang meliput riset tersebut, dan jadi post di internet. Penemuan itu diketahui semua orang, semua ornag menganggap itu keren, dan akhirnya, itu dianggap sebagai definisi maju dari orang tersebut.

Sesederhana itu.

Perkembangan teknologi menjadi lebih cepat, dan informasi akan perkembangan itu juga akan sampai ke orang-orang lebih cepat. Kita jadi lebih mudah mengantisipasi serta menginginkan suatu teknologi yang biasanya, belum bisa diketahui orang-orang.

Jadi, tuan-tuan dan nona-nona… Kemajuan teknologi itu tentunya relatif dengan persepsi seseorang, serta seberapa familier orang tersebut pada teknologi itu…

Kesimpulan

Meme Expectation Vs Reality adalah suatu fenomena yang lucu. Terkadang seseorang harus menurunkan ekspektasinya untuk menjadi lebih puas pada kehidupannya.

Semoga pambaca bisa menyesuaikan ekspektasi dan kenyatannya, agar tidak terlaluu banyak hal yang terkesan… mundur, atau mengecewakan.

Sampai lain waktu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *