Mitologi Millennial: Loki, dan “keusilannya”

Mitologi Millennial: Loki, dan “keusilannya”

Jadi ya, harus diakui… Loki di film marvel itu beda lumayan jauh sama Loki di dunia nyata, dan sejujurnya, Loki di mitologi Nordik itu jauh lebih usil, dan lebih sering dimaafkan, serta mengkhianati dewa Norse lainnya.

Oh, dan aku yakin aku belum pernah bilang bahwa Laufey yang menjadi ayahnya Loki di MCU, itu justru ibunya di dunia mitologi. Dan iya, Thanos itu anaknya Alars (situs ini dapat 3 kali google search “Apakah benar Thanos itu anak dari Alars?). Sebelum masuk ke artikel, Alars itu seorang Titan yang satu spesies dengan ayahnya Peter Quill, alias para celestials.

Oke, tunggakan search engine kesini udah beres, masuk saja ke artikelnya.

Pengenalan…

Tokoh utama dari serial “Usil ala Dewa” tayangan Asgard yang sayangnya dicancel pas season pertama ini adalah Loki. Setiap hari, Loki siap menggunakan kemampuannya untuk berubah bentuk, alias shapeshifting, dan juga menggunakan “silver tongue” atau karisma-nya untuk mempersuasi orang-orang serta membuat dewa lain di Valhalla, alias para Aesir, kesal.

Loki sendiri merupakan seorang raksasa yang dapat merubah bentuknya menjadi Aesir, dan tidak sebesar raksasa lagi.

Selain itu, tokoh-tokoh yang Loki jahili temasuk:

  • Thor: Dewa Petir, dimainkan oleh Chris Hemsworth
  • Odin: Allfather, alias presiden serta raja dari Asgard
  • Sif: Istri dari Thor, rambut mirip Rapunzel
  • Heimdall: Direktor Jendral Imigrasi dari Asgard, yang membuka tutup Bifrost. Alias bandara (jembatan sebenarnya) yang menyambung ke 8 dunia lainnya.
  • Dan masih banyak lagi!

Budget untuk serial ini per episode adalah:

  • 100.000 US Dollar untuk Loki dan prank miliknya. (uang tersebut BELUM termasuk uang untuk membebaskannya jika Loki dihukum oleh Odin)
  • 2.000 US Dollar untuk menyumbang ke proses menghidupkan lagi Kambing Raksasa di Valhalla yang tiap malamnya dipotong untuk dijadikan makanan bagi para cameraman, serta orang-orang di backstage.
  • Sebuah tanduk (replika dari Gjallarhorn miliknya, penanda Ragnarok akan mulai) seharga 500-1000 US dollar untuk membuat Heimdall senang dan mau membuka Bifrost. (Suapan ini baru dimulai di Eps. 2)

Usil ala Dewa Eps. 1: Potong Rambut!

Jadi, keusilan Loki berawal mula dari Loki yang merubah wujudnya menjadi seorang raksasa lain dan menghampiri Thor… yang tidur. Thor ini kayanya lelah, cukup jelas fakta bahwa dia lelah ini, dia baru saja seharian memancing ikan dengan palu! Gimana gak capek.

Pada episode satu ini, Loki juga memanggil raksasa lainnya dari Jotunheim (negeri para raksasa) menggunakan broadcast WhatsApp…

DICARI: Raksasa Super Kuat! Untuk mengusili Thor yang lagi mancing di sungai Jotunheim!  Kuota Maks. 10 orang, dicari segera! Jika minat harap kontak ************

Nomornya disensor…

Tentunya, semua raksasa akan langsung berbinar-binar matanya sesudah membaca “Mengusili Thor”. Jadi, sesudah 30 detik dari mengirim pesan itu, Loki langsung mendapatkan 30 raksasa, untuk mau mengusili Thor…

Apa yang ia lakukan? Oh, tahu Mjolnir? Mjolnir itu BISA diangkat sama 10 raksasa, karena sebenarnya gak berat-berat amat kok. Jadi, Loki dan pasukan 30 raksasanya itu mengangkat Mjolnir serta melemparnya ke Midgard, alias Bumi.

Nah, dengan palu ini gak ada, Thor pun panik, dan tentunya juga rada malu… Kok bisa sih, Thor yang maha kuat ini kecolongan palunya gara-gara ketiduran dalam gua?

Jadi, Loki yang udah tahu tentang ini merencanakan sesuatu… Dia mulai dari memberikan Thor sebuah telepon… “Temui aku di rumahmu, sekarang juga…”

Sesudah mereka ketemuan di rumah dan ngopi, dan segala macem, Loki pun tahu bahwa Thor itu super malu dan kesel karena palunya hilang, tapi kalau ada satu orangpun yang tahu itu maka… yak, yang ada Thor nya makin malu.

Loki pun membuat perjanjian dengan Thor, (tentunya, episode ini direkam dengan kamera tersembunyi), ia akan menemukan palunya Thor, selama ia diberi jalan… Untuk jalannya ini, dibutuhkan suatu benda yang rada panjang. Loki pun meminta Thor untuk menggunakan rambut istrinya agar dia bisa turun ke Midgard dan mencarinya…

Istrinya Thor, Sif itu punya rambut yang sangaaaaaaaaaaaaaaaatttttttttttttttttttttttttttttttttttttttt sangaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaatttttttttttttttt panjang… Oke ini panjang dan memusingkan, tapi rambutnya Sif itu cukup panjang untuk mencapai dari Asgard ke Bumi.

Sayangnya teknologi GPS atau tracking device belum terlalu canggih di Asgard, jadi mesti dicari secara manual. Tetapi, untungnya Loki mau membantu… dan sesudah ia turun dengan “harness” yang dibuat dari rambut panjang itu, Loki mulai mencari… dan…

Akhirnya, ketemu juga kan! HURRAH! (bagian ini tidak direkam, karena nyarinya lama), sesudah Mjolnir ditemukan… Loki segera menelpon Thor!

Thor pun segera turun ke Midgard dan mengambil palunya tersayang. Sesudah ketemu, atas perjanjian awal, Loki pun naik lagi tanpa bantuan bifrost menggunakan rambutnya Sif. Thor justru lewat bifrost…

Tapi err… Loki pun memotong rambutnya Sif saat dia naik lagi…

Dan dari episode “Usil ala Dewa” ini, Odin kepikiran untuk membuat serial lagi… “Law and Order: Asgard”. Karena tentunya, tindakan usil ini perlu ditindaki!

Law and Order: Asgard.

Dengan muka kesal tetapi masih tersenyum usil, Loki berjalan sambil dilihat oleh ratusan dewa Asgard lainnya. Ia mungkin sedikit terlalu usil, tetapi tentunya dia menikmati setiap detik keusilannya itu.

Saat ia dipanggil oleh Odin, ia pun mengakui semua tuntutannya Thor dan Sif. Thor sendiri sebenarnya kepengen banget nabok dan melempar muka Loki pake Mjolnir sampai muterin 9 dunia… Tapi sayangnya, peraturan nomor 1 di Asgard, “TIDAK ADA MEMBUNUH!”.

Jadi, Odin pun menjatuhkan hukuman ke Loki yang disetujui Thor dan Sif… Ia harus mengganti rambut Sif… Dan sayangnya budget episode 1 sudah habis lumayan banyak. Penggantian manual harus dilakukan, dalam batas waktu tertentu, atau Loki akan diusir dari Asgard.

Tentunya, Loki sendiri gak kepengen diusir dari Asgard… Jadi, ia langsung menyuap Heimdall untuk pergi ke Nidavellir… Tempat para Dwarf, atau kurcaci! Kurcaci ini sangat pintar dalam membuat hal.

Loki pun membujuk semua kurcaci ini dengan karisma-nya. Ia memberikan janji yang nyata, tapi dengan gaya lebay, ia juga membujuk semua kurcaci yang sebel sama Odin dengan membawakan kaos #RagnarokgantiAllfather, selain itu… Ia juga menceritakan ke Kurcaci itu, lengkap dengan video bahwa palunya Thor itu sempet kecolongan.

Sambil ngakak ngakak dan ngakak, Loki sukses membujuk para Kurcaci itu untuk membuat sebuah topi (atau sebenernya sih wig) dengan emas cair. Sesudah dia sukses dan mengambil rambut emas itu secara gratis, cuman dengan bilang bahwa, ia akan menggulingkan Allfather pas Ragnarok.

Sif pun senang, kenapa gak lagian?

Tapi, tentunya, ini baru 1 dari banyaknya episode keusilannya Loki… Artikel ini hanya akan membahas 3 dari banyaknya keusilan dia di season serial ini yang akhirnya di cancel.

Usil ala Dewa Eps. 2: Comot Senjata!

Hari itu dimulai dengan kebosanan.

Loki memulai harinya dengan jalan-jalan ke Jotunheim dan tiba-tiba, dia lagi ketemu Raksasa bernama Thiazi yang sedang memesan Dra-Gojek, atau Ojek Naga Online. Thiazi ini sebelum mendapatkan Dra-gojeknya bertemu dengan Loki, yang karena seperti biasa, USIL! Ia berusaha mencopet Thiazi. Karena sepertinya Thiazi ini punya tombak es yang Loki pengen ambil.

Aduh Loki…

Nasibnya, Thiazi menangkap Loki dan, mengutuknya, memberinya opsi untuk memberikannya Dewi Idun, yang katanya sih cantik, atau untuk mati.

Nah, sepertinya, kalau Loki ketahuan syuting serial Usil ala Dewa dan kena masalah lagi gara-gara itu… dia mungkin bisa dikutuk lagi. Jadi, tentunya Loki memutuskan untuk off-script dan merubah episodenya menjadi penculikan dewi Idun.

Tentunya, Loki yang punya banyak sihir itu cuman membuat Idun tertidur terus mengirimnya ke istananya Thiazi, di Niflheim. Thiazi adalah raksasa es ya…

Sehari kemudian, sesudah episode itu keluar… Tidak ada yang terkejut karena Idun hilang… Dan, seperti biasa, Odin memanggil Loki untuk “Law and Order” lagi. Kali ini, ia harus menyelamatkan Idun… Tetapi sepertinya, Loki ini masih kekeuh, untuk mau nyomot senjata es-nya Thiazi.

Aku sendiri sih yakin dia sebenarnya nayangin episode ini biar dia dikasih izin untuk ke istana milik Thiazi. Sesudah dia ke istana es itu dengan sepengetahuan dewa, tidak akan banyak yang komplen bahwa dia nyolong senjata.

Jadi, kali ini ia berubah menjadi seorang elang yang membawa obor ke Niflheim… Yap, tentunya ia tinggal membunuh Thiazi dengan cara melempar obornya… dan membakar istananya. Sambil istana milik Thiazi ini lumer Loki sempat menyelamatkan Idun, dan juga mencomot senjata es ini.

YEAY! Happy ending!

Eh belum lho… Jadi, Thiazi ini punya seorang anak (putri pasnya) yang baru saja shopping alat untuk berburu, serta tentunya banyak hal agar ia bisa berburu dengan cantik. Namanya Skadi… Skadi pun pulang belanja dengan kaget, kenapa es-nya pada lumer! Perasaan menurut ramalan besar Odin sesudah Ragnarok adalah Global Warming nya masih lama deh.

Skadi panik! Jadi, ia ke Asgard. Dan ia meminta kompensasi atas kematian ayahnya!

Ada yang menawarkan voucher belanja, ada yang menawarkan makeup, ada yang menawarkan tiket nonton konser boyband di zaman Asgard, bahkan Loki pun berusaha membuat Skadi tertawa. Tapi Skadi sebel dan gak mau… Jadi, Odin menawarkan saja, sebagai kompensasi kamu boleh milih seorang dewa, berdasarkan kakinya saja tapi… untuk kamu nikahi.

Sebenernya Skadi ngarep milih kalau bukan Baldr, yang cakep banget, atau Bragi, yang merupakan bagian dari boyband “The Sons of Odin” karena semuanya merupakan anak Odin… Tapi Skadi milih kaki dari… (oh ini serius ya, dipilihnya mesti kakinya saja) Njord.

Njord itu dewa memancing… Ketika kamu diberi kesempatan untuk menikahi model (Baldr), menikahi penyanyi (Bragi), menikahi tentara (Tyr), menikahi komedian (Loki), menikahi dewa terkuat (Thor), kamu dapet… nelayan…

Ya, jadi mereka pisah sesudah 2 minggu menikah…

Happy ending? Gak si…

Usil ala Dewa: Eps. 8, Finale!

Inilah episode terakhir Usil ala Dewa sebelum serialnya dicancel.

Jadi, di artikel ini…

Aku bercerita bahwa Loki membunuh Baldr, yang merupakan dewa cahaya, alias model cowo tadi… Dan sebenarnya, sebagai bagian dari ramalan Ragnarok, Loki harus dipenjara dulu. Alasan Loki tidak ditangkap-tangkap, meski udah usil 8 kali… Karena selama tindakannya gak parah-parah amat, Loki gak bakalan dipenjara dan bisa kabur dari penjara itu.

Kalau Loki dipenjara, ia bisa kabur, kalau ia kabur, ia bisa memulai Ragnarok… Jadi selama usilnya tidak melewati batas peraturan nomor 1 dari kode para Dewa, Loki gak bakal dipenjara. Paling disuruh bersihin kekacauannya. Tetapi kalau udah sampai mati kan gak bisa dibersihin lagi tuh… baru Loki dipenjara.

Meski Loki udah usil cukup sering, dimulai dari membuat kekacauan dan membuat 7 dari 9 dunia makin benci Odin, menyebar #RagnarokgantiAllfather, dan tentunya, menculik, mencuri, sampai menjual barang yang bukan miliknya, Loki masih sangat berguna…

Ia menciptakan Mjolnir milik Thor, ia pernah memanfaatkan mayat dewa untuk membuat dewa lain makin kuat, dan juga banyak lagi. Sampai kejadian ini, keusilan Loki masih diterima, karena terimalah suatu fakta… Dalam dunia ini, kita butuh komedian!

Tapi tentunya ia membunuh Baldr. Jadi dia dipenjara, serta serial Usil ala Dewa ini dibatalkan. Dan sayangnya, gara-gara tingkat kejahatan di Asgard turun, Law and Order: Asgard juga… dibatalkan dan dihentikan syutingnya.

Kesimpulan

Semua orang ada gunanya!

Meski kadang orang itu nyebelin… Udah segitu aja sebenernya

Sampai lain waktu 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *