Memanfaatkan Google Dengan Efisien: 3 Tips Untuk Googling

Memanfaatkan Google Dengan Efisien: 3 Tips Untuk Googling

Mungkin kalau baca judulnya orang-orang bakalan bingung, kaya… NAPA sih? Google ya google lah, buat apa pake ini sampe bener-bener efisien? Biasanya juga ga usah rese-rese jawaban dah dapet.

Well, dalam artikel pendek hari ini, aku akan menyatakan bahwa itu sesuatu yang… salah 🙂

Memang betul sih, yang namanya googling itu sebenernya ga usah rese-rese amat pake ini lah, itu lah, dan sebenernya ujungnya sama-sama aja hasilnya gitu-gitu aja. Tapi ada saat dimana kita sebel sendiri, hasil yang google present itu gak sesuai dengan harapan kita. Jadi, sebenernya 3 tips ini gak akan kepake untuk semua situasi, tapi dia kepake kok, kalau misalnya memang sudah hopeless dalam menggonta-ganti keyword kaya cewe mesti ganti brand shampoo, bisa pake ini, dan semoga sih hasilnya akan keluar, setidaknya lebih mendekati harapan kita.

Filter and Advanced Search

Ah… Filters. Suatu hal yang penting, tapi banyak orang ga tau cara makenya.

Ga susah kok, cuman kadang sih kalau kita searching sesuatu di Google, ada beberapa hal yang termasuk padahal teh udah expire, atau gak kepake, sedangkan jawaban yang kita sebenernya cari teh ada, cuman di page ke 3 atau 4… Kadang juga misal bikin essay, nasibnya dapet info outdated, atau essay irelevan.

Emang sih, Google itu udah super bagus dalam menjadi search engine (okay, iya dia nyimpen data dll, dan kalau mau mikir ultra kritis, terkesan kaya Empire di Star Wars, tapi sebenernya gak kok), Google belum sepenuhnya bisa dimanfaatkan dengan efisien, dan kadang suka ada gagal-gagalnya lah.

Jadi, kita bisa make filter di Google dengan memencet tombol Tools yang posisinya ada disini…

Abaikan aku ngesearch Mozart itu nyari kata random untuk di search aja…

Nah, abis dipencet tinggal atur-atur aja tanggalnya gimana, dan lain-lain. Itu tapi buat waktu aja ya, paling kepake buat misalnya ada promo di resto apa di Instagram yang suruh cek web, tapi kadang suka ketimpa promo lain yang udah ga valid. Kalau misalnya mau baca syarat dan ketentuan aja sih gampang dengan cara itu… Tapi kadang ada saat dimana kita ga mau nyari beberapa keyword yang sering nyuncluk di sebuah istilah.

Untuk ngelakuin itu bisa menggunakan tools untuk apply Advanced Search. Fitur si advanced search ini juga buanyakkkk lho. Mulai dari ngatur prioritas dan memperpenting beberapa istilah, dan menghilangkan beberapa keyword, sampai-sampai filter asal website, dan filter license dari si website untuk kredibilitas DLL.

Ini super kepake untuk essay, jadi kalau ada formal writing, data dari sini bisa kepake banget, dan sebenernya  istilah disini sudah cukup simpel dan mudah dimengerti jadi ga perlu kujelasin lagi kok… Cobain aja cari apa kek, terus filter, pasti hasilnya lebih bersih dan ga bakalan nongol hasil yang gaje dan entah dari mana itu

Image Searching

Pernah tiba-tiba nemu gambar yang memberikan reaksi seperti ini? “AKU PERNAH LIAT ITU ORANG! Tapi dia teh siapa ya?”. Gak kok, bukan cuman reader doang itu seringkali terjadi, misalnya ada gambar kaya gini… reader teh bingung, like, ini teh siapa, asa inget… tapi sebenernya ga tahu… Kaya om ini nih…

Yah, sebenernya google udah ada image searching sih… Nemu barang atau orang tapi ga dijelasin itu teh apaan sih, atau itu siapa? Well, kita tinggal save image yang kita temuin dan drag and drop aja ke google-nya. Entar kita bisa tahu itu siapa, dan google juga bakalan ngeluarin automated response, dan mengecek source gambar dan gambar lain yang mirip ke gambar itu, tapi dari sumber yang lebih detail.

 

Iya sih udah ke spoil ya ini siapa… Ya udah we lah nasib, tapi ini asal ada page Google yang entah lah lagi searching apa kebuka entar juga hasilnya nongol sendiri…

Nah, beres searching ini, dia bakalan otomatis nongol ke page seperti ini. Kalau itu orang dia bakalan nunjukkin orangnya siapa, dan kalau itu alat, atau traditional game atau apa lah, hasilnya juga keluar.

Selain itu andaikan ini belum cukup, dia juga nunjukkin gambar yang mirip sama orang/benda yang kita search untuk cross reference lagi. Meski orangnya udah rada menua juga hasilnya tetep keluar kan? (P.S. liat gambar nomor 3 yang Om Riordan-nya masih rada muda).

Inspect Element!

Ini bukan tips untuk searching, melainkan untuk… yah… umm… gimana ya… Ehh… Uhh… Stalking.

Aku sendiri sih ga main sosmed, tapi ada temenku super iseng banget nih jadi orang… Dia merasa PP gebetannya di IG kurang gede, karena fotonya ga banyak, jadi dia inspect element terus utak-atik-utak-atik dan dia memperbesar resolusinya…

Keep in mind ini perlu sedikit skill programming, tapi kadang belajarnya ga susah kok, dan mengutip temanku… “hasilnya memuaskan”… Aku kadang speechless sama dia, tapi oke lah, cukup resourceful…

Jadi, pertama-tama, cari image acak dari Google, image apa kek, kalau orang yang ngajarin aku sih biasanya image cewe, tapi gak harus… Although iya, betul sih, hasilnya jadi rada memuaskan… On topic…

Nah, untuk mengecek beberapa hal disini, kita bisa klik inspect element yang udah ku highlight tadi, tapi, tolong ingat, bahwa, sedikit susah mengubah konten sebuah image sampai kita view image itu di full size. Nah, abis di view di full size, baru klik lah Inspect Element.

Hasilnya akan keluar seperti itu, akan ada beberapa baris kode disana dan disini. Kalau sudah biasa coding atau programming biasanya liat ginian ga bakalan terlalu pusing, tapi ya… kalaupun belum ga usah rese-rese, cukup lakukan satu hal saja, atau well, dua. Jadi pertama-tama, liat tulisan height dan width itu yang aku lingkarin ga?

Iya, angkanya di double click dan silahkan di edit sepuasnya, entar ukurannya akan berubah, dan tidak akan keluar scaling, karena dia ngikutin gambar langsung dari source jadi ga bakalan pecah gambarnya.

Sambil kita ubah-ubah hasilnya bakalan ngikut terus berubah, dan gambarnya akan mengikuti pixel yang kita masukkan. Sekarang, silahkan bersenang-senang ngesave gambar yang jelas sekali pentingnya itu, dan enjoy sajah, karena kadang emang menyenangkan kok 😀 .

Also, untuk gambarnya ngikutin ukuran size, pencet enter, baru bakalan ngikut sama ukuran angka yang tadi kita input. Dan, uhh abis mencet enter dan ngubah, kita ga bisa ngubah lagi, kecuali kita mencet Ctrl+Z alias Undo, atau balik ke page sebelumnya dan inspect element lagi.

In Conclusion

Kesimpulan hari ini akan rada pendek!

Ngeliatin cewe cantik dengan resolusi bagus via Inspect Element itu menyenangkan!

Eh salah… uhh… Tadi teh mau ngomong apa ya?

Oh iya inget, jadinya, kadang segala sesuatu yang dikira simpel dan mudah dimengerti itu belum tentu bisa kita manfaatkan sampai maksimal, dan mungkin udah ada yang tahu sih tips-tips di artikel ini, tapi kadang… kita suka punya masalah untuk memanfaatkannya.

Dan ingatlah, kadang hal yang kita pakai sehari-hari juga belum tentu kita kuasai…

Oleh karena itu, jangan mau untuk berhenti memperbaharui knowledge dan skill, karena pasti entar kepake kok! Semoga harimu menyenangkan, dan silahkan enjoy searching dengan Google dibuat lebih mudah dari artikel hari ini!

Sampai lain hari! (besok sih)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *