Informasi Pendek Mengenai Nama Domain…

Informasi Pendek Mengenai Nama Domain…

Jadi aku menutup hariku dengan membaca berita pendek di Tirto.id. Berita itu semacam klarifikasi berita palsu, dan sejujurnya, berita pendek itu memfeature artikel super duper lebay. Tapi ya, artikel hari ini bukan mau membahas itu, tapi lebih mau ngebahas nama domain. Also artikel ini tercipta sesudah beberapa temanku sendiri nanyain ke aku… Kok bisa domainnya ga ada wordpress atau blogspot sih? Well, itu Babah sih yang ngerjain… dan sorry, belum mau dibahas.

Baca dulu berita pendek di Tirto-nya ya… Klik di sini.

Itu ngakak sebenernya… Tapi on topic mengenai nama domain ini, sebenernya bisa dicari dengan mudah di internet, wikipedia dan banyaknya source lain, tapi aku kadang masih astounded ke seberapa mudah orang Indonesia bisa kemakan sama yang namanya Hoax, dan clickbait (Hoax ya, bukan Ho-axe).

So, untuk hari ini artikel pendek saja.

Most Common Domains…

Domain paling common ini merupakan top level domain yang original… mereka bersifat paling “tinggi” diantara Domain Name Service yang lain, karena mereka merupakan yang pertama tercipta, sebelum banyak hal generic lain diciptakan… Yuk masuk daftarnya aja.

.Com…. tebak dulu ini buat apa? Company? No, commercial.

Ini termasuk domain yang paling sering digunakan… Domain ini juga bisa berubah tergantung si pemiliknya berada di negara mana… (ga harus berubah sih, tapi dia bakalan berubah kalau kamu mau merubahnya.). Com ini bisa jadi co.id, co.uk, co.fr, co.kr, dan apapun itu, asalkan negaramu sudah terdaftar ya…

Nextly we have .org. Singkatan buat organization, yang merupakan domain yang dipake sama organisasi, like… umm, apa ya… UNESCO, WHO, dan semua organisasi dari PBB, Earth Hour, dan ya cukup banyak sih. Tetapi .org ini meski terkadang punya prioritas lebih tinggi dari .com domains di Google, termasuk paling rese untuk didapetin. Untuk mendapatkan domain .org kita harus punya organisasi yang official, baru bisa menggunakannya. Biasanya domain .org ini relatif paling kredibel diantara domain lainnya.

Terus ada .net, ini of course buat internet… ketipu ga? Network.

.Network ini juga cukup sering dipake dimana-mana, tapi yeah, dia digunakan untuk hal-hal yang mungkin berhubungan dengan internet, yang sendirinya merupakan singkatan dari Interconnected Network… HAHAHA jadi inget filsafat… Interconnectedness…

Di universitas dan beberapa akademi di US, mereka menggunakan .edu, short for education.

Yeah education ini cuman education aja, aku sejujurnya tak punya komentar yang lebih baik. Tetapi biasanya institusi lokal kaya di kita menggunakan domain lain, ada yang inget? No? Anyways, we’ll get to that later.

Ada 2 domain yang khusus hanya dimiliki oleh US, dalam format .gov, dan .mil… kedua domain ini spesifik ke US, .gov untuk organisasi pemerintahan asal US, dan .mil untuk organisasi militer.

Domain terakhir adalah .int, short for… international.

Domain international ini juga sulit untuk didaftarkannya, dan bahkan butuh assigned number spesifik seperti barcode, dan ya… rese intinya… Kalau lagi gabut kali daripada bosen mau cari tahu cara assign-nya. International Organizations may use this domain. Dan dulunya domain ini dipakai untuk menyimpan (dan berfungsi sebagai) treaty antara dua negara. Tetapi sekarang banyak versi generiknya yang rada gaje, jadi ya… begitulah, aku ga yakin dia akan sesering itu dipakainya di masa depan.

Less Common Domains

Beberapa domain disini merupakan top level domain yang bukan domain generic, tapi didapetin via country code, atau digunakan sebagai hal lain.

Pertama-tama semua negara (or at least almost all) punya domain country code spesifiknya. Such as, .uk, .fr, .nz, and so on. Ya, kalau kepengen mah monggo cari aja mana aja negara yang ga punya domain, aku tidak sesabar itu, karena honestly itu rada memusingkan…

Tapi banyak domain negara like… .ac (ascension islands) untuk dipakai oleh institusi akademik. Jadinya sih… kadang suka ada ambigu domain. Dan… mumpung bahas .ac… kaya pas aku bahas .com, kan bisa jadi .co.id, sama beberapa negara kaya Indonesia, India dan UK juga make .ac.id untuk institusi akademik seperti kampus, contohnya, ITB make itb.ac.id .

Nah, selain itu, Indonesia punya naming domain yang rada unik. Sejak 17 Agustus 2014, semua .id dibuat spesifik ke Indonesia, kece kan? Selain itu, Indonesia juga sebuah negara yang punya or.id (.org tapi spesifik Indonesia), ac.id, biz.id, dll. Ga banyak negara lain yang address nama Domainnya untuk jadi country specific. So be proud of that!

Sebenernya domain yang ga terlalu common ini terbilang gak common karena bukan domain yang international… jadi dia sebenernya di level yang mirip-mirip sama domain common, perbedaan sama dua itu ga banyak-banyak amat sih…

Untuk sementara kita akan masuk ke domain-domain generic, dan kadang bisa terbilang shady, atau gelap…

Generic Domains

Beberapa domain disini terbilang generic, dan biasanya least prioritized di google, dan mereka juga dibuat super spesifik. Sebagai contoh ada .bar untuk bartending sites, .adult untuk hal yang orang dewasa lakukan, kaya beli rumah dll… *winks* (it’s not, it’s a very dark site, don’t open one), .rent untuk sewaan, dan lain-lain.

Ini termasuk domain yang lower level, dan lebih… in a sense shady, dan mudah dibuat. Biasanya domain seperti ini juga lebih murah.

Nah, artikel Tirto di atas tadi membahas hoax yang terbilang shady tadi bisa dipercaya. Cuma gara-gara dia make .gdn, dan nama link google. Kok mau aja sih percaya sama nama domain tanpa liat bahwa polling google diatas itu make domain generic.

.gdn ini merupakan domain generic, dan generic yang… paling generik, karena dia singkatan dari. Generic Domain Names. Super kreatif sekali namanya.

Sebagai orang kita harus bisa lebih inget dan memfilter ya… jangan lupa . terakhir tuh apaan. Jangan kemakan nama Google-nya, tapi ga liat ini google.gdn. Also, harus diketahui bahwa ada training untuk bypass hoax dan security disini lho… Training ini sebenernya buat anak-anak, tapi ikutin aja deh, bagus banget, dan dibuat oleh PBS, TV Station Nonprofit.

In Conclusion

Don’t fall for everything.

Ada seorang wanita bijak (yang sok tahu sih, tapi tetep, bijak… siapa ya), yang mengajarkanku… People who anticipate more, are smart people. Orang yang mengantisipasi lebih banyak adalah orang yang pintar. Jadi, sebenernya berita diatas itu ga perlu kalau kita sebagai bangsa mau mengantisipasi lebih banyak lho. Domainnya udah JELAS domain palsu dan generik yang perlu dikonfirmasi ulang faktanya.

Oleh karena itu, daripada bilang sebuah hoax-less environment itu bagus, sambil ngajarain cara avoid hoax… akan far leih efektif dengan mengajarkan antisipasi in general.

With that out of the way ini link untuk game cybersecurity tadi… dan semoga malammu indah… Sampai besok 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *