Flash Writing: Vibranium Vs Adamantium

Flash Writing: Vibranium Vs Adamantium

Seri Flash Writing ini adalah seri yang aku (Azriel) buat ketika aku butuh tulisan yang selesai dengan cepat… Aku yang sedang berusaha membuat satu post per hari, akan berusaha sebaik mungkin untuk mengisi blog ini dengan tulisan, bahkan di hari yang sedikit sibuk. Artikel Flash Writing ini relatif pendek (dibawah 750 kata). Regardless, konten di Flash Writing akan tetap menarik. Enjoy The Article!

BLACK PANTHER SUDAH MAIN!!! HYPEEEEEEEEEEEEEEE.

Okay, just kidding 😜

The movie is incredibly good. Tapi, aku mau menulis sebentar untuk sedikit menjelaskan Vibranium.

Spoilers ahead… Be as cautious as the Black Panther (spoken in Forest Whitaker’s voice as Zuri)

Strongest Metal In Marvel?

Jadi, aku sudah pernah mendengar orang komplain… Perasaan, Vibranium itu ga sekuat Adamantium deh, dan masih bisa dirusak. Kenapa katanya strongest metal on the Universe? Or the other way around kalau dia fanboy (or fangirl) Captain America instead of Fangirl Wolverine.

Jadi, sebenarnya jawaban fanboy Marvel Cinematic Universe yang males adalah… “Oh, itu beda universe, kalau Vibranium itu Besi terkuat di Earth-1, Adamantium itu besi terkuat di Earth-616”. Really? “Fanboy” itu kemungkinan kurang riset, karena di Earth-616 juga ada yang namanya Vibranium, yang ga ada (atau belum ditunjukkin) itu, Adamantium di Earth-1.

Dua besi itu ada perbedaan, dan beda jenis chemical component-nya. Benar-benar memusingkan, percaya sama aku… Tapi, sebenarnya perbedaan Adamantium dan Vibranium itu bisa ditemukan di Pelajaran Kimia SMP Kelas 1. Which by now… I’m certain that you’ve already forgotten.

Mungkin reader inget tabel yang disegani orang-orang. Namanya Tabel periodik. Which sebenernya ga terlalu rese juga kok… Tapi, di dunia Marvel, Tabel periodik itu akan sedikit membantu penjelasan.

Vibranium.

Apa itu Vibranium? Well, dalam dunia nyata, yang boleh dimasukkan dalam Tabel Periodik tuh hanya unsur. Literally, that’s it. Unsur. (Kalau masih inget, bagus!). Unsur sendiri biasa disebut Element di bahasa Inggris.

Nah, dalam Dunia Marvel, Vibranium ini adalah unsur yang jatuh ke Wakanda.

Vibranium memiliki contents yang ga masuk akal sih, karena dia bisa jadi source energy (belum ada metal yang bisa jadi source energy, kecuali radioaktif), materialnya borderline indestructible (Umm… Kalau bisa jadi energy, kenapa dia indestructible? Bukannya energy perlu di harness dari hal yang disposable atau bergerak? Or at the very least, radioactive material) Fleksibel, (uhh jadi dia indestructible dan fleksibel… Okay), dan yang paling tidak masuk akal… Dia gak radioaktif. . . . . Uhh, let’s let the die-hard fanboys defend Marvel’s Pride…

But anyways, Vibranium ini memang material yang sangat tidak realistis, dan sebenarnya sangat unlikely untuk ditemukan di real life, jadi, jangan ngarep bisa nemuin Frisbee-nya Steve Rogers yang benar-benar indestructible.

On the other hand… Bingung ga kamu kalau aku mau coba jelasin Magnetism-nya Vibranium ini?

Sampai sekarang aku bingung apakah Vibranium itu punya magnetisme atau gak… Soalnya, di Age of Ultron, Frisbee-nya Captain America bisa dia tangkep pake magnet di tangannya. Dan magnetism di Vibranium… Kurang lebih jadi makin ga masuk akal…

Anyways, for mild thought saja… Pas di Black Panther kemarin, Shuri bilang bahwa Vibranium sendiri punya some sort of magnetic attraction dan bisa di non aktifkan energy dan explosive-nya, kalau diberi elektromagnet. Makanya Vibraniumnya bisa ditransport via kereta secepat Shinkansen.

But anyways, itu mah food for thought saja, berikutnya kita bahas Adamantium…

Adamantium

Adamantium sendiri diambil dari kata Adamant yang artinya kurang lebih… Keras kepala, atau susah sekali diubah thought-nya. (or according to Marvel’s official site… Metal Ajaib ala Greek Myth namanya Adamantine, tapi etimologi namanya ga beda-beda jauh)

Nah, Adamantium ini memang sangat-sangat keras, dan teksturnya borderline indestructible. Jadi naming dari marvel untuk besi ini sangat sesuai…

Tapi banyak orang yang keliru. Orang banyak sekali mengira bahwa Adamantium juga unsur, dan murni hanya terdiri dari atom Adamantium saja… Which is wrong… Adamantium adalah Compound/Senyawa…Which, seperti diajarkan di Kelas Satu SMP (Kayanya dah lupa :P), Senyawa terdiri dari 2 atau lebih jenis atom yang menempel dan membuat zat baru. Contoh paling sering diencounter dalam day to day life kita, adalah H20, atau Air…

Komponennya sendiri terdiri dari… Umm… Official site marvel ngejailin visitornya… maaf. Satu-satunya image yang ada adalah file classified dipegang oleh Stryker, tapi ga dibuka. Jadi, aku ga tahu kontennya apa…

One thing for sure is, salah satu bahan untuk membuat Adamantium adalah Vibranium… dan sebagai fakta tambahan, Adamantium mesti diproses dalam kondisi cair, pasnya dengan suhu 1500 Derajat Fahrenheit. Kalau udah padat, Adamantium ga mungkin bisa diubah lagi, dan alhasil, hanya boleh digunakan atau diproses dalam kondisi mendidih. Kalau gagal dan ada kesalahan proses ya… gitu deh, paling orang yang ketumpahan Adamantium nyangkut dan ga mungkin bisa lepas.

Jadi, dearest Fanboy dan Fangirl yang kepo dan baca, dua besi itu beda jauh…

Vibranium itu Element, Adamantium itu Compound. As simple as that…

In Conclusion

Reader ngeh ga bahwa ini tuh sebenernya pelajaran kimia?

Kalau bahkan anak 15 tahun bisa ngepresent cara yang menarik untuk mengajarkan orang-orang pelajaran yang dianggap sedreaded kimia (aku masih ingat beberapa complain-an teman-temanku), kenapa guru ga bisa?

Masalah utama dari edukasi bukan apa yang diajarkan, tapi lebih ke cara mengajarkannya.

Kayanya kebayang ya kalau pelajaran kimia bisa dikemas dalam cara ini, pasti ga bakal dianggap bosen…

Regardless hope you enjoyed this article, see you soon!

2 Replies to “Flash Writing: Vibranium Vs Adamantium”

    1. Hai, apakah ada yang bisa diperbaiki dari tulisan ini?

      Memang sebenarnya belum ada cukup banyak info mengenai perbedaan kedua hal tersebut…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *