Everyday Thing Made Complicated: Chili!

Everyday Thing Made Complicated: Chili!

Chili disini tuh maksudnya cabe ya…

Kalau mau bahas kompleksnya dimana, for starters, cabe bisa dihitung secara matematis seberapa pedasnya.

No, seriously… Bener-bener bisa dihitung. Tapi hitungan ini, sebenernya masih relatif sih. Tapi yang bisa ditarik dari metode menghitung cabe yang pedes ini, sebenernya bisa digunakan sebagai chart komparasi, atau untuk ngitung seberapa tahan seseorang pada sebuah cabe. Kalau udah kelojotan makan yang baru 100, jangan iseng makan yang 1000.

Anyways, sebenernya complicated-nya si Chili ini ga kompleks-kompleks amat kalau cuma bahas Scoville (nama satuan) doang. Percaya ga kalau Chili ini natural radar beberapa jenis virus. Dan bisa dipakai di beberapa jenis medicine untuk detect lokasi virus, terus biarkan obatnya sendiri membunuh si virus?

Nah, kalau kepo, yuk atuh bacaaa. . .

Also, sebenernya aku nggak ngerasa perlu ngebahas family tree si Cabai… karena dengan jumlah varian cabai yang banyak mungkin bacanya juga pusing…

Chili In A Nutshell

Sebenernya dalam nutshell… cabe itu cuman cabe doang sih… like that’s it.

Tapi banyak orang yang mistook rasa pedas dari cabai sebagai rasa… Pedas itu bukan rasa, pedas itu sensasi. Basically, si cabe itu bom mini yang meledak begitu kena kontak sama lidah. Namun, karena target pedas itu sama lidah, yang tersirat, seolah-olah pedas itu rasa… But its not! Itu sensasi!

Bukti lain bahwa pedas itu sensasi, dan bukan rasa itu karena kalau zat pedas bisa memberikan sensasi yang mirip ke…. (JANGAN DICOBA) luka, atau, sebenernya sensasi yang mirip juga bisa terjadi pada pipi bagian dalam.

Jadi, itu bukan rasa yang hanya bisa di detect sama lidah.

Chili… In Numbers

Pertama-tama, reader perlu tahu dulu bahwa zat yang membuat cabai terasa pedas bernama Capsaicin (juga ada di Wasabi FYI, and ngomongnya rada rese… jadi kalau susah…). Pedas Cap “Saya Icin” ini menciptakan sensasi yang… pedas… (Hey, captain obvious!)

Tapi, yang mungkin orang-orang ga tahu, itu bahwa pedas Cap Saya Icin bisa dihitung.

Well, Capsaicin ini bisa diukur menggunakan satuan yang bernama Scoville. Semakin banyak konsentrat Capsaicin yang ada dalam suatu pepper/chili… Semakin pedes. Also, Capsaicin murni yang tidak tercampur dengan apapun zatnya, mencapai Scoville Index of…. 16.000.000.

Some spicy chili peppers have a fraction of that pure Capsaicin, but is covered by other layers of components in the plants. Dan Capsaicin segitu perlu diekstrak dari cabai yang pedas. Even abis diekstrak juga ga bakalan ngasilin terlalu banyak Capsaicin Murni.

Nah, kalau mau pakai hitungan… 16.000.000 itu sepedes apa…

Cabai yang biasa dikasih di gorengan itu, sekitar 500-2000 di Scoville Index. Cabai yang kata orang Indonesia pedes banget, Jalapeno (bahkan di Plants Vs Zombies, Jalapeno merupakan bom yang sangat berbahaya bagi para zombie) hanya berkisar di 4000-8000 di Scoville Index.

Mungkin orang mexico yang setiap hari juga makan Jalapeno ngeliat aku yang kelojotan makan Paprika dengan Capsaicin 500 ngetawain aku karena daily mereka makan yang minimal, 8 kali lebih pedas.

Jadi, sebenernya, apa sih cabai yang beneran pedes? Sebenernya, kepedasan itu relatif, tapi kaya tadi aku bilang di awal, kalau kelojotan makan yang 100, jangan coba yang 1000. Oh, dan kalau kelojotan makan Bell Pepper, wake up. Capsaicin-nya 0 doang 🙂

Well… say hello to… what I call, The 9 Layers of Chili Hell… (Okay, aku bener-bener baru make it up… Kemarin aku iseng baca sebagian dari The Divine Comedy)

The 9 Layers of Capsaicin

Well, sebenernya ini mulai dari tingkat Capsaicin paling bawah sampai yang paling tinggi… Anyways.. let us slowly steep ourselves deeper onto a pool of Capsaicin…

Okay serem… Let’s avoid that…

Jamaican Hot Pepper

Jadi, dari banyaknya jenis cabai di dunia ini, yang ada di layer sangat pedes tapi bukan yang paling pedas, itu dipegang dari Jamaica. Unlike Usain Bolt yang merupakan fastest runner dari Jamaica, cabai dari Jamaica bukan yang paling pedes. Dia hanya memukul nomor 9. Dan Jamaican Hot Pepper ini… ukurannya cukup besar jika dibanding dengan ukuran yang ada di bawah ini.

This guy holds a Scoville Heat Unit of 150.000 dan itu terbilang pedas.

Habanero Chili

Okay nama ini sebenarnya mungkin terdengar lebih familiar daripada beberapa layer di atas ini… Dan sebenarnya, cabe yang ukurannya kecil ini, terbilang… cukup pedas (mathematically… aku mah ga mungkin kuat makan ini tanpa pingsan). Habanero ini kecil sekali, tapi meski kecil itu, Capsaicin yang ada didalamnya mungkin melebihi serat yang ada didalamnya.

Although relatively small, a Habanero Chili contains up to 350.000 SHU (Scoville Heat Units)

Scotch Bonnet

Scotch Bonnet… Terdengar kaya… tempat buat naro scotch di Bonnet. (Bonnet itu kap mesin untuk orang British).

Jadi, aku kurang ngerti etimologi dari Scotch Bonnet ini, tapi, sebenarnya dia ga terlalu related dengan Habanero Chili, dan dia juga terbilang pedas… Ukurannya ga sekecil Habanero, tapi serat didalamnya mungkin kalau dibandingkan via persentase, masih banyakan si Habanero. Namun karena ukurannya yang lebih besar dengan konsentrasi Capsaicin yang lebih merata… ia menang tipis.

Kap Mesin dengan Scotch ini memukul angka 400.000 di SHU.

Red Savina

Ah… kaya nama cewe… pantes pedes… kayanya galak juga… 🙂

Red Savina ini kayanya sepupu perempuan dari Habanero, dan sebenernya dia hasil Habanero yang di cultivate agar lebih pedas… karena kayanya orang mexico merasa belum cukup pedas pada 350.000 SHU. Kalau mau put onto analogies… Habanero itu Nabi Adam, sedangkan kita, yang playing “god” ke tanaman ini, mengambil sedikit dari Habanero dan cultivate Red Savina… Hasilnya jadi galak… Karena like I said, kayanya ini cewe…

(Okay, aku kayanya bias banget kalau ngomongin cewe… I have nothing against women :))

Red Savina ini bisa menyentuh angka 577.000 di SHU.

Dragon of Dorset

Nama aslinya Dorset Naga… dan dia lebih mungil lagi dari semua cabai sebelumnya. Kayanya sih persentase Capsaicin semua cabai disini mirip-mirip, tapi makin kebawah, karena makin kecil, semakin sedikit serat yang menghalangi si Capsaicin-nya untuk play an actual part dan jadi PEDAAASS!

Dorset Naga ini berasal dari India, dan merupakan genetic modification dari Cabai (yang beneran cabai) yang pedas ini… Wait bentar, genetic modification terdengar… factory made. Cultivar, atau cross breed lebih tepat.

Dorset Naga itu hasil breed untuk mengurangi kepedasan layer heat berikutnya… Dan meskipun dia sudah di cross breed dan di cultivate untuk mengurangi kepedasannya dia masih nyentuh angka… 970.000 SHU

BEYOND THIS DOOR LIES THINGS THAT COULD KILL YOU

Semua cabai/kinda cabai disini, bisa membunuh orang yang memiliki lidah sensitif… angka Scoville yang cukup Lethal dan dapat membunuh orang dimulai dari 1.000.000 SHU… Sensasi ini benar-benar bisa membunuh orang… basically mereka mati kepedesan.

Basically, in Dante’s Inferno, these are the treacherous, the thieves, the killers, the bringers of false knowledge, and so on…

Aku sedikit terdengar preaching … gawat 🙁

Ghost Pepper

Manusia sebaiknya menghindari Ghost Pepper ini… kita cuman pacman yang dikejar-kejar hantu… Nah Ghost Pepper/Bhut Jolokia benar-benar pedas lho… Dia ukurannya sangat kecil, tapi dia terbilang cukup padat akan Zat Cap Saya Icin… Makan terlalu banyak ini, mungkin bukan cuma diare, tapi tingkat keasamannya cukup untuk… kill you…

Kalau ga pengen jadi hantu, jangan makan deh Ghost Pepper, gawat beneran… Dia bisa memukul angka 1.038.000 SHU… OUCH

Pepper Spray

Ya, sebenernya kalau mau ngebunuh orang di US ga usah susah-susah amat sih. Pepper Spray dengan dosis yang pas udah cukup bisa dipakai untuk spray someone to death… Yeah rada serius sih… Sebenernya kalau satpam di US emang cuman dikasih Pepper Spray, dan mereka udah cukup threatening untuk membuat orang pretty much suffer cause of it.

Pepper spray kena ke kulit bisa menyebabkan luka di kulit, kalau ke mulut, bisa lethal, dan kalau kena ke mata juga gawat…Pepper Spray memukul angka sampai 5.300.000 SHU yang pretty much… deadly. So, ladies and gentlemen, this is as deadly as… a gun? (not really)

Air Cap Saya Icin

Nordihydrocapsaicin… Atau kalau mau, ini Air Cap Saya Icin, yang juga lethal… air disini bisa damper out the actual HEAT of Capsaicin…

Well, sebenernya kalau kita mau extract capsaicin murni dari yang namanya Cabe… Hasilnya jadi si Air Cap Saya Icin ini… Entar baru difilter airnya lebih lanjut buat dirubah jadi Capsaicin murni.

Air Cap Saya Icin ini jangan diminum, dia bukan larutan cap kaki 3, karena dia memukul angka… 9.100.000 di SHU

Pure Capsaicin

This thing is lethal… Jangan diminum, dia seberbahaya beberapa jenis asam korosif. Kalau kena ke kulit juga rasanya… OUCH, kebakar. Ya, Capsaicin murni emang rada lethal. Dan sebenernya ini bisa dikasih satu tetesan untuk membunuh orang… (again with the killing 😅)… Basically equivalent dari Capsaicin Murni dalam Circles of Hell-nya Dante adalah orang-orang yang beneran jahat.

Angka sebuah tetesan capsaicin murni memukul angka… 16.000.000 di SHU

Avoiding Capsaicin BOOMS!

Well, Capsaicin ini bisa di avoid sensasi pedasnya dengan… Hahaha tar dulu ya, kalau kepedesan dan mencari solusi disini… Jangan ngarep dulu…

Pertama-tama, jangan minum air, mau panas mau dingin, jangan minum air putih. Teh juga ga ampuh… Yang ada si Capsaicin malah makin nyebar, dan Ahhhhh pedasnya malah makin kerasa.

Kalau mau membunuh sensasi pedas Capsaicin, pakailah… Susu

Yap, kalau minum susu, si Capsaicin yang nyangkut di lidah ini kejaring sama molekul si susunya dan kebawa masuk tenggorokan.

Tenggorokannya mungkin perih dikit, tapi abis perih-perih ini, pedasnya akan hopefully hilang.

Usage in Medicine?

Kaya tadi aku bilang di awal-awal artikel, capsaicin dari cabai bisa dipake lho buat mengidentifikasi beberapa jenis virus yang conceal themselves inside our immune system.

Jadi, si Capsaicin ini bisa ngedeteksi presence sebuah virus atau bakteri, dan kurang lebih, mereka berperan sebagai guide si obat.

Begitu Capsaicin-nya sudah sampai di letak virus atau bakteri yang akan diidentifikasi, Capsaicin akan mengikat dirinya agar si obat tinggal do its work and make the bad stuff perish…

In Conclusion

Cabai dapat membunuhmu…

Zombie bisa dibunuh sama Jalapeño, liat Plants Versus Zombies.

Pepper Spray can be something that kills other things…

Meski nature dasar si cabai ini destruktif… Pada dasarnya si cabai ini masih bisa provide beberapa orang rasa senang kalau makan pedas-pedasan, dan juga bahkan bisa berperan dengan baik di sebuah obat.

Jadi apa conclusion-nya?

Always look on the bright side of things, dan jangan cuman ngejudge suatu hal sebagai hal yang pedas…

Chances are sebelum baca artikel ini, pasti pada ga tahu kan cabai yang pedes ini bisa membantu obat mengidentifikasi penyakit?

Nah makanya ga usah ngejudge orang donggg

Semoga enjoy baca artikel ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *