Celoteh homeschooling

Celoteh homeschooling

Jadi memang kami ini pura-puranya keluarga homeschooling, pura-pura beneran ya, soalnya si Jaja dan si Neneng kayanya ga ada schooling schooling-an nya deh.

Bubi ga anti akademik sih, tapi Bubi merasa there are things much more matter than academic study cieeeee 😅😅

Jadi Jaja ini ngapain ajaaaaa?? Anak 14tahun gtu lhoooo.. Masa ga belajar matematika, fisika, biologi, kimia, ekonomi, akuntansi, sejarah, sosiologi, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Arab, Bahasa Sunda, Bahasa India, Bahasa Spanyol, Bahasa Rusia, Bahasa Sanksekerta dan pelajaran lainnya sih?

Ya sebenernya in a way Jaja belajar itu semua sih (atau ngga ya 😕) tapi kami ga menyebut satu persatu nama pelajaran dan menyiapkan kurikulum ttg pelajaran tersebut, apalagi bikin jadwal pelajarannya. Jadi ya sesekali saja lewat ngobrol-ngobrol dan baca-baca, semua pelajaran itu dipelajari (atau ngga I can’t make up my mind regarding this hmm).

Lalu ngapain aja ini Hs tapi ko ga belajar belajar belajar? Bubi dan Babah lebih banyak mempercayakan pada Jaja utk mempelajari apa yg dianggapnya menarik. Hari ini Jaja tertarik greek mythology kemudian dia membaca dan mencoba menulis ttg itu. Bubi dan Babah mendukung. Kemudian, dia hari lain Jaja ingin mencoba membuat aplikasi tertentu, itu pun boleh-boleh saja. Lalu ada juga waktu dimana Jaja ga ngapa-ngapain, biasanya sih ini berarti dia leyeh-leyeh di kasur sambil baca buku (di kindle nya) atau main (sambil berantem) sama Neneng seharian, ini pun boleh-boleh saja.

Selain kegiatan yang dikerjakan dirumah, Jaja juga aktif bgt dengan kehidupan sosialnya di luar rumah. Dari mulai bikin start up company yang sukses menelurkan sebuah game di playstore dan beberapa aplikasi yg belum launching. Mengikuti fieldtrip atau company visit sama teman-temannya. Ikut kegiatan pramuka (homeschooling) tiap hari Rabu, trus pulangnya kelas Vokal di Purwacaraka. Masih ditambah dengan magang disana-sini. Belum lagi Jaja juga berkesempatan merasakan menjadi mahasiswa pura-pura di kampus kenamaan. Kadang dia juga ikut workshop dan seminar aneka jenis, ada yg memang workshop computer science (google android development, docker, cyber security, virtual reality, dll) juga ikut seminar ttg ekonomi global, lingkungan, marine biology,  mathematic, string theory dan masih banyak lagi.

Jadi hari Jaja memang ga seperti hari teman-teman seusianya, tapi hari Jaja penuh hal menarik juga.
Ok segitu dulu..

Soalnya sementara Bubi menulis, Neneng berkolaborasi dengan lemari pakaian untuk mengadakan fashion show mini buat bonekanya si Bambu 🐼

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *