Budaya Negara: Belgia

Budaya Negara: Belgia

Pada hari awal-awal aku memulai Homeschooling (sekitar 3 tahun yang lalu)… Aku diminta untuk membuat sebuah essay tiap minggunya mengenai sebuah negara. Ternyata, aku sangat-sangat payah dalam melakukan itu.

Aku berhenti pada essay pertama, dan karena kita melakukannya secara alfabetikal, negara pertama yang kupilih adalah Austria. Oke, jadi sekarang aku akan merubah konten dan hal-hal yang dituliskan dalam pelajaran budaya serta geografiku… Lalu kita akan pindah ke huruf… B!

Sudah kupilih… Belgia…

Apa yang anda bisa harapkan…

Jika aku membuat artikel seperti ini lagi, akan aku copy-paste teks di bawah…

Serial ini dibuat dengan tujuan memberikan fakta menarik mengenai 3 hal ini pada sebuah negara…

Serta juga hal membosankan dari Wikipedia sebagai pembukaan.

  • Food
  • Science
  • Sports

Rumus F Double S ini akan aku terapkan untuk memberikan gambaran budaya yang menarik pada tiap negara. Jika ada sebuah aktor atau aktris yang berasal dari negara ini, ada kemungkinan juga bagiku untuk menyelipkan namanya.

Pembukaan

Introduksi dulu. Dalam introduksi aku akan menjelaskan hal-hal paling membosankan, dan juga fakta-fakta dasar yang anda akan dapatkan dari wikipedia.

Silahkan skip jika sudah mengetahui.

  • Ibukota: Brussels
  • Bahasa Resmi: Belanda, Prancis, Jerman.
  • Demonym: Belgian
  • Bentuk Pemerintahan: Monarki Parliamenter
  • Mata Uang: Euro

Oke, silahkan cari Belgium di Google.com dan anda akan mengetahui ini jika anda klik sugesti paling atas, yaitu Wikipedia. Semoga anda belum mengantuk, karena aku mendapat kritikan pada essay budaya dan geografiku sebelumnya… cheerios.

Food

Siapa yang tidak suka makanan?

Suka atau tidak, manusia perlu makanan untuk bertahan hidup. Dan sekali lagi, suka atau tidak, banyak orang pergi ke suatu negara untuk mencoba makanan di negara tersebut.

Jadi, mari kita mulai membahas makanan asal Belgia…

Franchise-an…

Indonesia sendiri memiliki contoh Franchise yang cocok dengan makanan asal Belgia yang sangat enak ini. Namanya pun cukup kentara dan memberi tahu kita bahwa asal makanan nomor satu ini… dari Belgia. (Bukan iklan, tapi ketika anda menginginkan makanan ini dengan harga murah, anda akan mencari ke Food court, dan juga ke stand ini)

Bilang hai pada Belgian Waffle.

Siapa yang tidak tahu dengan waffle? Siapa yang tidak tahu dengan Belgian Waffle? Kurasa hampir semua orang sudah tahu, meskipun mereka belum makan. Tetapi…

Apa yang membedakan Belgian Waffle dengan Waffle biasa? Atau sebenarnya Waffle tidak ada bedanya dengan Belgian Waffle?

Belgian Waffle pada dasarnya berbeda dengan waffle karena 2 alasan.

  1. Bentuk Belgian Waffle yang asli harus bulat, Waffle biasa boleh kotak ataupun bulat, tetapi jika bentuknya tidak bulat maka ia tidak bisa dianggap sebagai Belgian Waffle.
  2. Belgian Waffle cenderung tipis, dan karena dimasak dengan api panas untuk waktu relatif lama, teksturnya akan kering, dan tidak terasa seperti adonan pancake yang lembut. Kurang lebih seperti memakan keripik manis.

Franchise Belgian Waffle yang anda temukan di Food Court hanyalah Wafel dengan nama Belgian Waffle, tetapi bukanlah Belgian Waffle.

Semoga anda tidak kecewa. Jika anda kecewa, maka ada satu makanan manis dan krenyes-krenyes asal Belgia lainnya yang anda bisa dapatkan di supermarket terdekat … Bukan sponsor… Hanya contoh.

Spekulasi

Spekulaas namanya.

Ia begitu enak, dan rasa rempahnya yang begitu kuat tidak bisa kujelaskan. Terutama jika Spekulaas tersebut homemade. Jika kita bisa menikmati Spekulaas pabrik, kurasa kita akan lebih menyukai yang Homemade, dan dicetak serta dibuat dengan cinta.

Intinya, Spekulaas ini adalah biskuit rempah, konsep biskuit ini tidak terlalu berbeda dengan ginger bread, yang membedakan mungkin hanya rerempahan yang digunakan.

Spekulaas bisa dan boleh menggunakan rempah-rempah ini… Tapi kurasa adanya improvisasi sedikit tidak terlalu salah.

  • Kayu Manis
  • Buah Pala
  • Cengkeh
  • Kapulaga
  • Jahe
  • Anistar
  • dan lain-lain…

Hmm… Darimana mereka bisa mendapatkan rerempahan tersebut pada daerah dengan 4 musim… Hmm… *sarkasme* tentunya kita tahu mereka mendapatkan rempah dari hasil menjarah dan menjajah, mungkin beberapa rempah ini dibeli dari stok Belanda yang mendapat rempah-rempah mereka dari… Indonesia.

Terkadang, hal terbaik di dunia ini berasal dari kontroversi yang amat kuat…

Terakhir, kita akan masukkan sumber kontroversi cukup besar di dunia makanan… Kentang Goreng.

French or Belgian?

Apakah kentang goreng berasal dari Prancis atau Belgia?

Aku sudah membaca 4-5 versi mengenai ini, dan masalahnya adalah, Fritters, atau Frites, pertama kali diciptakan oleh orang Belgia. Sayangnya, mereka tidak membuat rasa cemilan ini cocok untuk semua orang. Warna dan bumbu yang dimasukkan ke dalamnya pun terlalu kaya rasa akan rempah dan terlalu kering untuk dinikmati semua orang.

Seperti anda bisa lihat, kentang disini memiliki warna lebih gelap, ukuran potongan lebih besar, serta potongan rempah.

Banyak artikel dan rekap sejarah memberikan versi miliknya, tetapi aku paling percaya pada versi ini, dimana orang Belgia berusaha mereplika kesuksesan mereka dengan Spekulaas serta Waffle pada makanan asin. Hasilnya, rasa kentang terlalu kuat, dan terlalu berminyak.

Orang Prancis membuat French Fries yang kita ketahui sekarang, dan… BAM! Rasanya lebih ringan dan lebih cocok dijadikan hidangan pendamping daging, steak, atau ayam bakar.

Selain itu, orang Belgia selalu merekomendasikan orang-orang untuk memakan kentang ini dengan mayo. Terkadang Mayonnaise langsung diberikan di atas kentang, padahal, rasa mayonnaise dan kentang belum tentu cocok untuk semua orang.

Kekeuh-nya orang Belgia bahwa mereka yang menciptakan makanan ini, sayangnya, tidak diakui orang-orang Amerika yang dihidangkan French Fries. Mereka langsung menyebut kentang-kentang ini “French Fries” karena orang Prancis sendiri menyebutnya Frites, dan mereka menyantap hidangan ini dari Prancis.

Maaf Belgia.

Sports

Aku memasukkan bagian ini karena menurutku ini menarik. Akan ditemukan satu atau dua fakta menarik dari sebuah negara ketika kita melihat prestasi olahraga mereka.

Fun Fact by the way… 16% dari populasi Belgia yang usianya dibawah 30 merupakan atlet. Secara persentase, itu banyak… Catat itu.

Bersepeda

Tour De France…

Tur Prancis dengan Sepeda. Tiap tahun, sejumlah pria berusaha keras untuk menaiki sepeda dan melewati rute yang ditentukan, dan mengadu kecepatan mereka.

Atau semacamnya, aku tidak terlalu mengerti penjelasan rute yang diberikan. Intinya, 23 hari, dengan 21 hari dibuang untuk bersepeda, melewati banyak negara disekitaran Prancis, tetapi mayoritas perjalanan dilakukan di Prancis.

Intinya, Belgia adalah negara non tuan rumah yang memiliki pemenang Tour De France terbanyak! Ya, sekali lagi, mereka dibayang-bayangi oleh Prancis.

Sepakbola

Belgia… Tim dukungan nomor duaku untuk memenangkan Piala Dunia 2018. (nomor satunya Uruguay) keduanya kalah oleh tim yang sama… Hiks. (oh iya, tim dukungan nomor tigaku juga kalah oleh tim yang sama pada final)

Sepakbola merupakan olahraga kedua paling populer di Belgia. Nomor satu sudah disebut di atas. Kurasa jika banyak bangunan menarik dan pemandangan bagus, aku akan bersepeda setiap hari (jika aku bisa… sayangnya aku tidak bisa :'( ), jadi kepopuleran bersepeda di Belgia bisa dimengerti.

Tim sepakbola Belgia sekarang merupakan salah satu yang paling bagus di dunia. Hampir seluruh pemainnya bermain untuk tim kelas besar sebagai starter, dan bukan hanya cadangan.

  1. Thibaut Courtois (Real Madrid) Penjaga Gawang
  2. Thomas Meunier (Paris Saint Germain) Bek kanan
  3. Vincent Kompany (Manchester City) Bek tengah
  4. Toby Alderweireld (Tottenham Hotspurs) Bek tengah
  5. Jorge Lukaku (Lazio) Bek kiri
  6. Alex Witsel (Borussia Dortmund) Gelandang
  7. Kevin De Bruyne (Manchester City) Gelandang Serang
  8. Pemain acak, bisa Yannick Carrasco, atau diganti dengan bek tengah lain, tergantung posisi yang dibutuhkan
  9. Romelu Lukaku (Manchester United) Penyerang
  10. Eden Hazard (Chelsea F.C.) Sayap Kiri
  11. Dries Mertens (Napoli) Sayap Kanan

Atau ya, tergantung kebutuhan. Intinya, starting 11 ideal Belgia hampir seluruhnya dipenuhi pemain bagus.

Di Belgia sendiri, sepakbola bukanlah gaya hidup seperti di Argentina, Brazil, atau Inggris. Mayoritas pemain ini menjadi atlit professional karena 2 alasan…

  • Keluarganya penuh dengan atlit, dan ia mengikuti jalur tersebut. (Contoh: Eden Hazard, kedua Lukaku, Courtois)
  • Ia menyukai permainannya, dan mendapat dukungan keluarga karena ia cukup jago untuk menjadi atlit professional. (Kompany)

Lebih karena alasan keluarga, dan bukan untuk berteman atau mencari teman, apalagi untuk berkompetisi. Sepertinya mereka sangat santai!

Untuk olahraga, aku hanya akan memberikan dua, karena… yang lainnya tidak terlalu menarik.

Science!

HAHA! Ini bagian favoritku.

Genetika dan Bakteri.

Orang Belgia pada abad ke 20 memiliki ketertarikan amat unik ke Genetika…

Georges Lemaitre, sebagai contoh, adalah seorang pendeta asal Belgia yang menemukan suatu pola dalam genetika dan untaian DNA. Ia merupakan salah satu orang pertama yang menemukan pola kemiripan antara hewan selain mamalia. (misal, fakta bahwa kodok dan katak memiliki gen mirip)

Meski ia lebih terkenal sebagai orang pertama yang menyatakan bahwa alam semesta ini terus menerus berkembang dan membesar, aku lebih menyukai teori-teori sederhananya mengenai genetika dan bakteri.

Ia seorang pendeta yang memiliki hobi unik yaitu melihat sel-sel, entah itu sel katak, kodok, spesimen bakteri, atau semacamnya… Apapun itu, bila ukurannya kecil sampai level mikroskopis, ia menyukainya!

Selain Georges Lemaitre, ada juga Christian de Duve

Ia memenangkan hadiah Nobel karena penemuannya dalam dunia biokimia, yaitu Lysosome. Lysosome adalah bagian kecil dari sel yang mengandung enzim. Dalam sebuah Lysosome, enzim di dalamnya berguna untuk memecahkan nutrisi. Anggap saja bahwa Lysosome adalah aplikasi converter yang bisa mengubah dokumen word milikmu menjadi sebuah dokumen PDF dan bisa dilihat oleh lebih banyak orang dengan nyaman.

Lysosome mengubah zat yang kompleks menjadi zat sederhana dan bisa lebih dinikmati bagian sel-sel lain.

Uniknya, ia tidak mencari Lysosome secara sengaja. Ia hanya menemukannya secara tidak sengaja karena ia sedang mencoba-coba seni mikroskopis dengan menambahkan zat-zat pada sel-sel yang sudah pecah.

Lalu, ia menyadari bahwa struktur si zat yang bertemu dengan sel ini berubah dan terpecah. Ketidaksengajaaan ini berujung ke penemuan Lysosome, yang sampai sekarang masih ada dan dipelajari anak SMA pada umumnya.

Hargai hal-hal kecil

Sepertinya juga ada banyak orang yang berpendidikan memiliki sebuah mikroskop di rumahnya. Orang Belgia pada umunnya, jika ia memiliki pendidikan dan menghasilkan cukup uang untuk membuat atau membeli mikroskop… mereka akan mempunyainya.

Bagi mereka, dunia sel seperti teater, dan amat disayangkan, Belgia tidak memiliki teater yang cukup terkenal. Tidak terkejut… 🙂

Kesimpulan

Kepribadian orang Belgia pada umumnya…

  • Menghargai hal-hal kecil sebagai hobi (lihat olahraga, serta sains)
  • Ketat dengan tradisi keluarga (bisa dilihat di Olahraga)
  • Hobi bisa jadi pekerjaan, selama keluarga memberi dukungan (lihat olahraga, sains, dan makanan)
  • Mereka sepertinya santai… (Prancis menghalangi kesuksesan mereka beberapa kali, dan bahkan ketika mereka mengklaim French Fries, mereka tidak terlalu kekeuh pada hal tersebut)

Semoga artikel ini menyenangkan, dan tidak seperti essay negara anda pada umumnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *