Board (Game) of Thrones: Hand of The King

Board (Game) of Thrones: Hand of The King

Pada pertengahan Ramadhan, aku mampir ke Shuffle ID (google saja, tempatnya sangat bagus, nyaman, dan cocok untuk bermain board game) dengan tujuan bermain board game (captain obvious). Perlu sedikit disayangkan, hari itu orang-orang yang datang ke Shuffle, seperti biasanya (dan Bubi lupa) tidak sedikitan. Jadi, kita harus mencari kelompok untuk didatangi, yang dibawah 4 orang.

Selama menunggu, kita terpaksa bermain board game yang memang didesain untuk dimainkan berdua, ataupun tetap seru berdua.

Bubi menang terus bermain Jaipur (cari saja di google), sampai-sampai Bubi bosan bermain itu. (kondisi tidak ada teman untuk diajak main ini pernah terjadi beberapa kali sebelumnya, dan Bubi lupa mengingat fakta itu…) Untungnya, kali ini ada faedahnya dari lupa bawa banyak orang ke Shuffle. Selain pada akhirnya kita bertemu Kakak-kakak yang fun, juga kita menemukan permainan ini. Sampai-sampai, sekarang kita beli!

Jadi, langsung saja kita review…

Background

Apa alasan, atau latar belakang kita membeli Board Game ini?

Singkat cerita, tiap kali kita ke Shuffle, selalu ada jeda 20-30 menit untuk bermain, jika ada seorang teman yang diajak sedang bermain dengan orang lain. Nah, selama jeda itu, kita biasa bermain Hand of The King ini.

Nah, selama kita bermain, kita suka dengan gameplay, serta tema Game of Thrones (aku gak nonton, masih dibawah umur 😛 ) . Cara bermain dan strategi bermainnya cukup sederhana untuk dipahami Babah, dan Babah yang memang fanboy GoT, pasti juga akan suka dengan tema Game of Thrones ini.

Jadi, sekitar 6 minggu sesudah menemukan board game nya, kita pesan dari tokopedia, dan dia baru saja datang tadi…

Buka, foto, langsung main.

Cara Bermain

HotK (akan aku singkat jadi HotK ya, kalau ketik Hand of the King berkali-kali terlalu banyak keystroke) adalah permainan yang didesain untuk dua orang, tetapi bisa dimainkan untuk 3, dan 4 orang juga. Tetap, menurutku, paling menyenangkan bermain ini berdua saja.

Jadi, ceritanya, kita adalah seseorang yang ingin menjadi tangan kanan dari Raja Westeros, atau… oke, aku berusaha googling sedikit cerita GoT dan aku tidak mengerti… Jadi, Westeros terdiri dari 7 House, (Ha, Klingon punya 24) dan kita, yang ingin mendapat dukungan dari tiap House memutuskan untuk merekrut Varys, untuk menarik orang-orang agar mereka memberikan dukungannya di King’s Landing (bentar dulu, aku googling dulu King’s Landing ini apa bedanya dengan Westeros)

OW, King’s Landing itu kota! Westeros itu negaranya! Tapi, kalau begitu, lokasi Houses nya ada dimana ya? Oke, aku bingung… Kembali ke board game…

Di saat yang sama, Varys juga direkrut oleh saingan kita, dan kedua pemain memberikan perintah ke Varys untuk membisikkan namamu ke orang-orang di King’s Landing, dan mendapatkan political support dari orang tersebut.

Pada dasarnya, setup game juga cukup sederhana… Kita cukup mengocok 36 kartu karakter, lalu memasangnya secara acak di tengah semua pemain. Ada total 35 kartu anggota house, dan 1 kartu Varys.

Setelah itu, kita perlu mengacak dari deck companion (ini yang memberikan game-nya twist dan juga memberikan sentuhan unik pada tiap kali kita bermain) dan membuka 6 companion, tata di atas ke 36 karakter. Companion ini punya kekuatan berbeda, dan juga bisa mengubah alur permainan dengan mudah. (BTW, mayoritas companion berisi orang-orang yang bukan bagian dari House, seperti Khal Drogo, Jon Snow, dan orang lain yang nama belakangnya bukan nama house)

Hasil setup kurang lebih seperti itu…

Cara bermainnya pun sederhana… kita harus berebut kontrol, dan mengambil tiap anggota, dengan cara menggerakkan kartu Varys. Varys boleh gerak ke 4 arah, (kanan, kiri, atas, bawah), selama kita bisa mengambil seorang karakter dari King’s Landing. Gerakannya tidak dibatasi jumlah kotak, hanya dibatasi arah, dan kita harus mengambil karakter.

Dalam kasus ini, aku boleh mengambil, misalnya Olenna Tyrell. Jika aku memutuskan untuk mengambil Olenna, Varys dipindahkan ke lokasi karakter yang diambil, dan permainan berjalan ke pemain selanjutnya, dengan lokasi Varys yang sudah pindah.

Kita juga boleh mengambil dua karakter sekaligus, jika mereka berasal dari house yang sama. Misalnya, ada Rickon dan Arya Stark di barisan Varys yang bisa aku ambil. Aku boleh mengambil keduanya dengan memindahkan Varys ke posisi anggota house paling ujung. Dalam kasus ini, Varys pindah ke posisi Arya, dan keduanya aku ambil.

Jika seseorang mengambil anggota House dan punya anggota house lebih banyak dari tim musuh, maka ia boleh mengambil Emblem dari house tersebut, sesuai dengan warna dan logo dari karakter.

Jika jumlahnya seri sesudah mengambil karakter, maka emblem diambil oleh pemain yang terakhir kali mengambil karakter dari house tersebut.

Oh, satu hal penting lagi. Jika karakter terakhir dari suatu house diambil, dan tidak ada anggota lain dari house itu di King’s Landing, sebuah companion boleh diambil oleh pemain yang mengambil companion tersebut. Efeknya harus langsung dipakai.

Nah, tetapi, ada sedikit rule advanced… jika sebuah anggota house terbunuh (hanya kalau terbunuh) melalui ability companion (companion manapun itu, efeknya beda-beda soalnya), dan jumlah pemilik anggota menjadi sama, maka emblem dikembalikan ke King’s Landing, menunggu ada yang diambil.

Peraturan sesederhana itu sebenarnya… Ia akan beres begitu Varys tidak bisa bergerak lagi.

Pemenang adalah yang mendapatkan emblem terbanyak pada akhir game. Jika jumlah seri, maka dihitung dari siapa yang punya anggota total paling banyak.

Tips dan Trik

Review abis ini ya, sabaaarrrr….

Tip #1

Jumlah anggota tiap house berbeda-beda… Sepertinya di serialnya juga begitu…

  • Stark, 8 anggota, Serigala, Abu
  • Greyjoy, 7 anggota, Kraken (cumi-cumi 😛 ), Hitam
  • Lannister, 6 anggota, Singa, Kuning Merah
  • Targaryen, 5 anggota, Naga, Merah Hitam
  • Baratheon, 4 anggota, Banteng, Kuning Hitam
  • Tyrell, 3 anggota, Bunga, Hijau
  • Tully, 2 anggota, Biru, Ikan

Nah, karena jumlah anggota tiap House berbeda, mendapatkan house yang beranggota lebih sedikit biasanya punya value lebih banyak daripada mengambil house dengan anggota banyak.

Misalnya, akan lebih bermanfaat untuk mengambil seorang dari Tully, dan langsung menguasai setengah dari house tersebut, ketimbang mengambil 2 Stark, atau 2 Greyjoy.

Selain itu, jika mengambil house dengan anggota sedikit, bukan hanya kita akan lebih mudah mendapat emblem, kita juga bisa mempercepat proses mendapatkan companion.

Secara keseluruhan, jangan ketipu jumlah angka karakter, karena nilai semua emblem sama saja.

Tip #2

Lihat beberapa langkah ke depan.

Mungkin tampak obvious, tetapi permainan ini butuh kemampuan analisa yang sangat-sangat mirip dengan catur. Tetapi, karena kita memainkan satu pion yang sama, prediksi yang bisa dilakukan akan lebih mudah.

Jangan gerak ke tempat yang bisa membuat musuh mengambil companion, atau mengambil alih house. Di sisi lain, buat musuh tergoda untuk memberikan kamu kesempatan mengambil companion, dan juga mengambil house yang sedang tidak kamu kendalikan.

Tip #3

Tip terakhir cukup sederhana. Aku akan menyebut ini, menghabisi.

Kita bisa menghabisi kontrol musuh, dengan mengambil beberapa karakter sekaligus ketika permainan mendekati akhir. Misal, lawan punya 2 Baratheon, kamu punya satu. Jika lawan tidak mengambil Baratheon terakhir, emblem akan selamanya jadi milikmu. (kecuali tentunya, ada yang dibunuh companion)

Dengan teknik yang sedikit “nyolong” ini, akan sangat bermanfaat, jika sedang memungkinkan untuk membuat game beres dengan sengaja.

Review!

Udah bosan? Atau jangan-jangan skip sampai bagian ini?

Nilai Plus

Nilai plus ini dinilai dari kacamataku ketika bermain…

Cocok untuk semua orang.

Aku yakin game ini cocok untuk hampir semua orang. Tentunya, fanboy game of thrones sudah pasti akan tertarik sedikit dengan tema permainannya. Tetapi, yang bukan fanboy pun, juga seharusnya suka dengan permainannya.

Gameplay sederhana, menarik, dan variatif akan membuat HotK sangat playable oleh siapapun… jika sudah cukup umur tentunya.

Oh, satu hal tetapi, aku tidak mengerti hal ini…

Kenapa ada Baratheon di house Lannister? Namanya gak diganti pula… yang ada kan jadi bingung. Karakter pendek tapi muka rada tua di belakang tidak terlalu membingungkan, tetapi… kadang suka ada saat aku salah ngambil Joffrey mengira dia Baratheon, meski sudah ada perbedaan warna.

Plot Twists

Companion memberikan banyak rasa dan feel baru tiap permainan. Ada saat dimana jika kamu mengambil companion, efeknya tidak akan terlalu terasa, tetapi jika ada companion bagus seperti Jon Snow (dihitung sebagai dua karakter dari suatu house), atau Melisandre (jalan dua kali giliran ini), efek companion jadi gamechanging.

Karena Companion selalu berubah tiap kali bermain, maka ada suatu rasa baru tiap kali kita main, membuat permainan ini tidak ngebosenin.

Kriteria game 1 v 1 terpenuhi

Permainan 1 versus 1 tidak boleh membuang waktu terlalu lama. Biasanya game 1v1 memang didesain untuk compact, kilat, dan bersifat sebagai filler.

Waktu bermainnya singkat, ukuran kotaknya kecil, dan juga tidak perlu terlalu banyak berpikir ketika bermain. HotK memenuhi hampir semua kategori penting board game 1 on 1.

(oke, juga ada sih, game yang lama tetapi seru 1v1, misal Android Netrunner, Ashes, Star Wars LCG, dan lain-lain)

Variasi Mode!

Ada variasi mode untuk 3 dan 4 orang yang memberikan opsi untuk backstabbing dengan mudah.

Ketika berempat, kita bermain dengan tim, tetapi hanya boleh berkomunikasi dengan tim dengan membuang token yang hanya diberikan 1 saja ke tiap pemain. Sesudah token dipakai, kita tidak boleh berbicara lagi sampai permainan beres.

Nah, kalau bertiga tetapi… Kita boleh membuang sebuah token gagak untuk berkomplot dengan salah satu dari dua lawan kita. Komplotnya boleh dikerjakan boleh tidak, dan bisa-bisa kita bisa membuat seseorang rugi secara politikal…

Variasi ini juga memberikan twist menarik untuk pemain… Karena tentunya, tiap kali ada backstab, akan sangat menyenangkan!

Minus

Sekarang mari melihat nilai minus dari permainan ini…

Luck Dependence

Harus kuakui, faktor luck, atau hoki-hokian di game ini sangat-sangat sedikit. Tetapi, jika setup awal memberikan tanda yang buruk… Kamu harus sedikit ngarep kamu menang pas coin toss, atau suit yang menentukan siapa yang jalan duluan.

Akan sangat apes jika posisi Varys sejajar dengan 2 karakter Tully, pemain yang jalan duluan langsung mendominasi permainan, dengan mengambil salah satu house, serta satu companion di giliran yang sama.

Setiap langkah perlu diukur, tetapi jika kamu gagal jalan duluan ketika kamu perlu jalan duluan, maka, kemungkinan besar, kamu kalah.

Luck dependence di game ini hanya di kala pregame, dan setup. Tetapi, sebuah setup yang apes bisa merusak jalannya permainan. Jadi, pastikan kartu dikocok dengan mudah, dan dengan benar.

Aku payah bermain ini…

Sejujurnya, kayanya hanya ada satu kelemahan HotK dalam kacamataku.

Kesimpulan

Bubi menang terus kalau board game 1v1…

HotK adalah opsi yang sangat cocok untuk newbie board game tapi fanboy game of thrones, ataupun sebaliknya. Gaya permainan dan cara bermain akan sangat srek dengan pemain-pemain board game lama, ataupun baru.

Bagaimanapun juga, kita cukup enjoy board game ini, karena sangat menyenangkan, dan singkat!

3 Replies to “Board (Game) of Thrones: Hand of The King”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *