Avengers 4, pengaruh dari Ant Man and The Wasp

Avengers 4, pengaruh dari Ant Man and The Wasp

Dunia Quantum di Ant Man.

Baca artikel itu terlebih dulu ya… Karena akan terasa lebih full feeling (apakah ini terminologi yang benar?) baca artikel ini sesudah membaca artikel tersebut, karena akan ada semacam update dan juga pembaharuan informasi dari artikel tersebut.

Tapi, andaikan belum baca artikel itu pun, seharusnya sih, masih bisa dipahami artikelnya, namun kalau mau baca full feeling, baru baca keduanya.

Sesudah menonton Ant-Man and The Wasp, yang ada malah keluar makin banyak pertanyaan alih-alih makin jelasnya cerita Infinity War. Namun, untungnya, hampir semua pertanyaan tentang Dimensi Quantum terjawab…

Jadi, pertama-tama, kalau belum menonton Ant-Man and The Wasp ataupun Infinity War, sebaiknya jangan baca lebih lanjut. Kecuali tidak keberatan diberikan spoiler… Ini disclaimer, jangan lupa bahwa ini disclaimer.

Pertanyaan yang terjawab

Beberapa pertanyaan yang berusaha kucari tahu jawabannya…

  1. Apakah kita bisa loncat pindah dimensi untuk mengaksesnya? Ataukah, satu-satunya cara masuk ke Dimensi Quantum adalah dengan mengecil sampai subatomik?
  2. Jika ukuran dimensi quantum begitu kecil, apakah kejadian di dimensi quantum tidak ada artinya ke dunia nyata MCU?
  3. Apa yang terjadi dalam dimensi quantum MCU?

Untungnya, film Ant Man and Wasp sudah menepati janjinya yang mengklaim bahwa dunia kuantum akan dieksplor. Ketiga pertanyaan ini mendapatkan gambaran yang lebih jelas.

  1. Berdasarkan apa yang diberi tahu di film kemarin, satu-satunya cara masuk ke dimensi kuantum yang bisa dibalikkan (alias tidak dengan merusak regulator) adalah dengan memasang tracker dan membuat seseorang masuk dalam ukuran kuantum, (tentunya juga dengan regulasi dari Quantum Tunnel) lalu dikeluarkan lagi oleh orang-orang yang berukuran normal.
    1. Ini berarti bahwa untuk sekarang, dunia quantum dapat diakses dengan portal yang ukurannya ultra mini itu, dan hanya dilewati saat berada dalam ukuran subatomik. Teori pribadiku meyakini bahwa gerbang quantum yang berwarna pelangi itu, tiap kali seseorang memasukki Quantum Realm.
  2. Untuk sekarang, sepertinya, tiap kali ada terbukanya gerbang ke dimensi quantum, jika eksposur energi terlalu banyak, akan ada perubahan energi Quantum yang bisa merubah properti seseorang. Seperti yang terjadi pada Ava Starr (di komik, dia bukan Ghost, melainkan White Tigress) saat harus mengalami Quantum Phase. Tentunya, selama Janet Van Dyne berada di dalam dunia Quantum juga dia mengalami perubahan yang cukup signifikan pada dunia nyata.
    1. Dengan pengecualian Secret Ending, dimana Ant Man masuk ke dalam Quantum Realm untuk mengambil energi yang katanya punya properti medis… Oke, akan ada waktunya membahas ini di bawah.
  3. Eksplorasi ke Dunia Quantum sendiri tidak dilakukan terlalu banyak di film ini, namun dalam sekitar 10-15 menit Michael Douglas alias Hank Pym berada di dalam dimensi Quantum, beberapa hal ini terjadi, dan aku bisa sedikit menakar apa yang terjadi di dalam dimensi Quantum.
    1. Paling mudah diketahui adalah Tardigrade, sejenis serangga mikroskopis yang bisa hidup meski tidak ada oksigen, ataupun meski tidak ada ruang dan waktu. Dengan hanya ada Tardigrade di dalam dunia Quantum, aku yakin bahwa mereka adalah simbol, dan hanya simbolisasi saja bahwa ruang dan waktu tidak berjalan dengan normal. Tentunya, siapa yang benar-benar yakin, wong Janet jadi tua banget selama 30 tahun nyangkut di dimensi ini.
    2. Banyak sekali perubahan energi yang tidak masuk akal. Seperti fluktuasi energi dan perubahan warna yang sangat instan. Selain itu, Janet yang juga bisa menyeimbangkan Quantum Equilibrium seseorang dengan hanya sebuah sentuhan. Mungkin seperti ia sebut, ini adalah hasil evolusi, dikarenakan mutasi DNA, entah mungkin karena radiasi yang berlebihan dan memicu mutasi DNA dari seorang manusia, atau mungkin, murni karena energi Quantum yang berusaha diambil Scott Lang di Secret Ending.
    3. Sepertinya Radiasi Quantum, Gravitasi Quantum, Dualitas Quantum, atau apa lah yang belakangnya Quantum juga merubah pikiran seorang, memberikan bayangan serta image yang tidak masuk akal. Tiap detiknya seseorang akan makin gila dan tidak sadarkan diri selama berada di dalam Quantum Realm. Ketika relativitas dan waktu sudah seimbang lagi, baru seseorang akan merasa sedikit stabil, dan mungkin sadarkan diri. Sekali lagi, lihat nomor 2 untuk detil, aku sejujurnya masih sedikit bingung.

Jadi, sisi baiknya adalah, pertanyaan sebelum Ant Man and The Wasp sudah terjawab!

Sekarang, kabar buruk!

Apa Yang Terjadi?

Jadi, sepanjang film itu, ada beberapa (aku ada 5) pertanyaan yang akan mungkin muncul. Tetapi, pertanyaan ini bukan scientific saja, karena sepertinya setengahnya masuk dalam subjek takdir juga.

  1. Apa yang menyebabkan evolusi pada Dimensi Quantum?
  2. Apa kekuatan energi dalam dunia Quantum? Mengapa eksposur ke energi Quantum langsung membuat seseorang menjadi mutan? (mutasinya berbeda)
  3. Mengapa Ant-Man diminta untuk segera mengambil Energi Quantum? (Ini mungkin karena mereka gak ngeh bahwa sedang ada perang dengan Thanos, jadi ini satu-satunya yang aku anggap udah case closed, tetapi aku menanyakan ini saat keluar bioskop, jadi kumasukkan artikel…)
  4. Properti penyembuhan Quantum?
  5. Apakah Ant-Man akan terdampar dalam Dimensi Quantum selamanya? Apakah Wasp dan Ant Man mungkin bisa kembali?

Lucunya, 3 dari 5 pertanyaan ini hanya muncul di Secret Ending. Sejujurnya juga aku sedikit bingung dengan Quantum Phase dan Quantum Entanglement, serta tentang Tardigrade dalam dimensi Quantum, dan secara teknis, ini 8 pertanyaan, tapi karena beberapa pertanyaan tersebut hanya… Suplemen ke pertanyaan sebelumnya, kuhitung itu sebagai satu pertanyaan.

Jadi, mari kita berteori dengan apa yang telah, dan mungkin terjadi dengan 5 pertanyaan ini.

Tunggu! Aku rasa aku beruntung! Baru saja ada artikel yang berasal dari wawancara resmi dari beberapa orang di balik Infinity War, seperti konsultan fisika, sutradara, dan produser untuk apa yang akan diekspansi dalam Avengers tanpa judul yang keempat ini! Artikel ini baru keluar 48 menit yang lalu! Terima kasih Screenrant! (silahkan cari sendiri ya, aku tidak memasang link)

Ini mengatakan bahwa sangat memungkinkan bagi Ant-man yang sedang nyangkut dalam dimensi Quantum ini untuk Time Travel melalui dimensi Quantum, dan muncul di Battle of New York, alias di saat Avengers pertama. Paragraf ini resmi, dan dilengkapi foto Ant-man yang muncul di Battle of New York.

Untuk paragraf berikutnya, ini teori.

Ant-man yang menghilang seperti ini akan memberikan semacam spoiler ke cerita Infinity War, bagaimanapun ia mengetahuinya, ia akan memberikan spoiler dan akan lebih berhati-hati dengan Infinity Stone, untuk merubah jalur waktu agar bumi tidak dibuat punah oleh Thanos.

Pertanyaan terakhir sudah dijawab! Ant-man akan kembali, Michelle Pfeiffer telah memberikan afirmasi bahwa ia akan kembali untuk beberapa adegan minor, serta juga Evangeline Lilly yang sudah nongol di beberapa foto set Avengers 4.

Jadi, untuk menjawab 3 pertanyaan lainnya. Ini berdasarkan fisika, serta filsafat, dan tentunya, apa yang sudah diberi tahu oleh pihak Marvel secara resmi!

  • Evolusi Quantum dikarenakan waktu yang tidak jelas arusnya. Jika evolusi pada umumnya membuat sebuah spesies untuk bertahan hidup selama mungkin, maka evolusi yang biasanya butuh waktu ribuan, ratus ribuan tahun untuk berpengaruh, bisa saja instan. Ini berarti bahwa waktu sebenarnya mengalir dengan normal, tetapi partikel dalam dunia quantum mungkin terus menerus berubah, mengikuti ketidakpastian waktu yang mendasar di dunia quantum.
  • Nomor dua mungkin dikarenakan properti tidak jelas di dunia Quantum, mungkin ada radiasi, yang memang menyebabkan mutasi, seperti sering disebut di science fiction. Nah, tetapi, jika radiasi yang biasanya minor menyebabkan mutasi secara jangka panjang, ketidakpastian waktu mempercepat proses ini. Berikutnya juga jika ada partikel kuantum yang terikat dengan seseorang, tentunya ketidakpastian Quantum ini juga akan mengejar, dan merubah seorang manusia.
    • Nomor 1 dan 2 ini sudah memastikan sesuatu. Dunia Quantum MCU mempengaruhi seseorang secara biologis, secara fisika, dan juga secara kimiawi.
  • Penyembuhan Quantum…
    • Secara teori, ini bisa juga dijawab oleh side note yang aku tambahkan tadi. Dikarenakan anehnya properti dunia Quantum, mungkin penyembuhan Quantum disebabkan oleh biologi, fisika atau kimia. Mungkin juga dengan cara membalikkan waktu via partikel quantum! Jika jawabannya berhubungan dengan waktu, aku akan sungguh senang!

Kesimpulan

Mari kita bahas relativitas, serta karma, dan juga good-luck bad-luck.

Aku cukup beruntung untuk cukup membaca dua artikel yang baru keluar untuk menyelesaikan artikel ini, dan semoga cukup banyak berteori tentang Ant-Man.

Mungkin aku sudah melakukan suatu hal yang baik.

Ant-man, di sisi lain, cukup apes untuk mendapatkan ketiga ilmuwan yang membantunya keluar dari dimensi Quantum untuk dibunuh dalam 3 detik sebelum ia akan ditarik keluar dari dimensi quantum.

Tetapi, apakah itu berarti Ant-man seseorang yang jahat? Sehingga karma memukulnya dengan keras?

Menurutku tidak. Kalau kata aku, Ant-man sedang disiapkan untuk sesuatu yang lebih… “greater good”, dengan tujuan untuk membantu Avengers menang, alam semesta membiarkan dirinya nyangkut dalam alam Quantum, dan memaksanya untuk kembali ke masa lalu, masa sebelum Avengers dan S.H.I.E.L.D. runtuh. Untuk melakukan sesuatu yang hebat, ia ditantang alam semesta.

Kurasa setiap orang seperti itu. No risk, no glory.

Sampai lain waktu! Tanganku lelah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *