Asal Usul Sejumlah Kata. Episode 1.

Asal Usul Sejumlah Kata. Episode 1.

Tulisan hari ini akan membahas beberapa kata dalam bahasa Inggris, dan dari mana asal kata-kata tersebut. Bahasa Inggris adalah bahasa yang begitu kuat dan relatif mudah untuk dipelajari kebanding dengan bahasa Prancis, Jerman, atau Spanyol misalnya.

Kunci dari Inggris menjadi bahasa yang dominan dan mudah dipelajari terletak di penggunaan huruf latin, struktur bahasa yang tidak ribet dan jarang memiliki tingkatan kesopanan seperti Urang dan Abdi di bahasa Sunda, Tu dan Vouz di bahasa Prancis, dan sebagainya, serta di kecepatan bahasa Inggris menyerap kata-kata.

Tulisan ini terinspirasi dari buku Etymologicon, silahkan cari, menurutku itu buku sangat bagus dan menarik, serta sangat bermanfaat jika anda senang menghapalkan hal-hal yang tidak penting, tetapi tetap menyenangkan untuk diketahui.

Kalimat tersebut dapat ditranslasikan menjadi tiga kata… “You’re a geek.”

Selamat menikmati!

Guillotine

Aku harus mengakui bahwa kata Guillotine sendiri cukup berat. Terutama mengingat ini adalah kata yang ditujukan untuk membuka tulisan ringan hari ini. Namun, aku memilih kata ini karena cerita di belakangnya sangat-sangat ironis serta menyedihkan.

Sebelum membahas kata Guillotine, ada beberapa ironi dari Iliad dan Odyssey milik Homer yang perlu diketahui oleh pembaca.

Ajax, ahli perang dan tombak dari pejuang Yunani, menjadi brand pembersih kaca. Hector adalah nama yang umum digunakan dalam beberapa drama modern, bukan untuk pahlawan, tapi biasanya untuk bos yang galak. Achilles menjadi nama otot di kaki, et cetera.

Hanya ada dua orang dalam ingatanku yang mendapati nama mereka digunakan untuk hal baik, yaitu Paris yang namanya digunakan untuk kota. Serta Odysseus yang namanya menjadi kata Odyssey. Sisanya memiliki nasib buruk. Jika aku seorang pejuang Yunani, aku tidak akan mau menjadi seorang pahlawan kalau orang yang tidak membaca ceritaku menggunakan namaku untuk pembersih kaca.

Lalu, dari mana Guillotine mendapatkan namanya?

Tidak lama sebelum revolusi Prancis, seorang cendekiawan asal Prancis dengan nama belakang Guillotin mendapati fakta bahwa orang-orang dieksekusi dengan cara yang terlalu brutal. Ia membuat sebuah prototipe lalu meninggal sebelum prototipe itu ia berikan ke kerajaan Prancis. Jadi, ketika teman-temannya sedang membereskan pekerjaannya dan menemukan prototipe itu, mereka kebingungan akan menggunakan nama apa untuk beda tersebut.

Pada titik inilah aku merasa teman-teman tersebut telah merusak nama baik Dr. Guillotin.

Mereka menyebut alat eksekusi tersebut Guillotine. Oke, Dr. Guillotin sendiri tidak melakukan kesalahan apa-apa kan? Bahkan jika anda bertanya padaku, ia menghilangkan rasa sakit dan kematian pelan yang sering terjadi untuk kriminal. Hukuman mati memang hukuman mati pada zaman tersebut, tetapi karena bantuan Dr. Guillotin, kematian tersebut dapat dilakukan tanpa adanya penyiksaan…

Apa akibat dari penamaan penemuan ini oleh teman-teman Dr. Guillotin? Ha…

Istrinya merubah nama belakangnya ke namanya sebelum menikah karena malu, dan ia meminta anak-anaknya untuk merubah namanya juga ke nama Ibu mereka. Jika misal anak mereka bernama Antoine, sebelumnya dengan nama Antoine Guillotin, sekarang namanya menjadi Antoine *masukan nama belakang istri Dr. Guillotin*.

Moral dari cerita ini? Ketika anda ingin menciptakan sesuatu, tolong berikan nama pada ciptaan milik anda. Terutama jika ciptaan tersebut punya fungsi negatif.

Mortgage

Apakah anda suka membaca buku fantasi di bahasa Inggris? Kalau iya, anda tidak akan kebingungan kalau mendengar istilah Mortuary. Anda suka menonton CSI atau NCIS atau acara televisi lain yang berhubungan dengan kegiatan detektif? Kalau iya, anda pasti familier dengan kata Morgue. Terakhir, anda sering melihat iklan bank atau semacamnya di bahasa Inggris? Kalau iya, anda pasti tahu dengan istilah Mortgage.

Mortuary, Morgue, dan Mortgage semuanya berasal dari satu “ayah” kata. Mort. Bahasa Prancis untuk Kematian.

Mortuary adalah istilah untuk catatan sebelum orang meninggal, Morgue adalah istilah tempat orang meninggal disimpan secara sementara, dan Mortgage berasal dari istilah Mort, serta Gage. Gage berarti perjanjian.

Mortgage secara harfiah di bahasa Prancis berarti Death Deal, atau Perjanjian Kematian.

Kenapa kata ini bisa muncul seperti itu? Hukum-hukum pada masa kata Mortgage masuk ke Bahasa Inggris, dan kalau aku tidak salah (aku bukan spesialis hukum, tolong diingat) sampai sekarang… Jika seseorang punya hutang yang perlu dibayarkan ke Bank, bahkan sesudah kematian, keluarganya masih perlu menanggungnya.

Jadi, lain kali anda bermain Monopoly, anda tahu asal kata Mortgage dan bisa mengingatkan teman-teman anda yang memanfaatkan fitur ini terlalu banyak bahwa entar itu akan menjadi tanggungan oleh anak-anak dan pasangan mereka di masa depan.

Alcohol

Asal usul kata yang satu ini pasti membuat orang-orang bingung. Kenapa?

Tentunya anda yang tinggal di Indonesia (atau di manapun di dunia ini jika ada komunitas Muslim) tahu bahwa kami orang Muslim tidak mengonsumsi Alkohol. Tetapi, kata Alcohol sendiri berasal dari bahasa Arab. Al-Kuhli lebih tepatnya.

Al-Kuhli berarti yang menutupi, atau yang menyembunyikan.

Alcohol menyerap kata yang menutupi ini sebagai alasan bahwa pengonsumsi alcohol berusaha menutupi atau menyembunyikan perasaan dan masalah mereka dengan meneguk Bir, atau Wiski.

Lalu, jika kata Alcohol masih kurang familier, ada kata lain yang anda mungkin kenali, terutama jika pembaca adalah perempuan. Al-Kuhli juga asal dari kata Kohl.

Kohl adalah sejenis make-up atau mascara yang digunakan juga untuk menyembunyikan, alhasil, ia berasal dari kata yang sama dengan Alcohol. Perbedaan sedikit di fakta bahwa salah satu bersifat harfiah dan yang satu adalah perumpamaan, tapi tetap saja…

Jadi, lain kali seorang perempuan menggunakan make-up, anda bisa mempercepat prosesnya dengan menjelaskan asal usul dari kata Kohl dan Alcohol, lalu masuk ke kata lain dan membuatnya bosan agar prosesnya makin cepat!

Sama-sama!

Duct Tape

Kata terakhir yang akan aku sebut adalah kata yang bersifat positif bagi orang-orang praktis dan untuk orang-orang yang senang memperbaiki barang yang sudah rusak.

Duct Tape. Mungkin beberapa orang yang jarang membaca kata ini tapi sering mendengarnya, mengira bahwa ia dieja Duck Tape, dan aku bisa mengingatkan anda bahwa sekarang itu ejaan yang salah, Word juga marah dan memberikan garis biru di bawah tulisan tersebut, tetapi, anda tidak 100% salah.

Pencipta Duct Tape memberi nama ciptaannya Duck Tape dengan alasan itu bisa menahan air, seperti kaki bebek dan selaput di antara jari kakinya. Namun, beberapa pengguna dan pembeli benda tersebut sering menggunakannya untuk menutup Air Duct.

Mereka hanya mengetahui nama benda tersebut secara verbal. Pada Perang Dunia I dan II, penggunaan produk ini melonjak dan ketika orang ingin memastikan pengejaannya, mereka mengira bahwa karena perekat ini digunakan untuk Air Duct atau Water Duct, umumnya di beberapa kendaraan, istilah yang mereka sering gunakan adalah Duct Tape, alih-alih Duck Tape.

Bagus, karena aku tidak butuh hadirnya merek Donald Duck Tape. Nama tersebut mungkin menggoda orang lain dengan nama Donald untuk memasangkan namanya di brand Duck Tape.

Jadi, eja sebagaimanapun anda inginkan, dan sejujurnya, keduanya sama-sama benar!

Kesimpulan

Trivia, Trivia, Trivia.

Aku sangat menyukai Trivia. Semakin tidak penting dan semakin aneh sesuatu, kemungkinan besar semakin mudah bagiku mengingatnya…

Ini baru Episode 1, tentunya akan ada Episode-episode berikutnya! Sampai lain waktu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *