Asal Usul Kata: Wakanda

Asal Usul Kata: Wakanda

Artikel kilat hari ini. Follow up dari salut Wakanda Forever.

Banyak orang yang bingung, dan juga penasaran atas sebenarnya… Dari mana istilah Wakanda sendiri muncul? Sebenarnya, Wakanda adalah nama negara, tetapi… entar kita masuk ke situ.

Jadi begini, dari sekitar setengah view Salut Wakanda Forever masuk dari search term “Arti Kata Wakanda”. Iya, arti kata Wakanda, bukan arti dari Wakanda Forever sendiri…

Jadi, sebenarnya? Arti Wakanda itu apa?

Wakanda sebagai Negara

Wakanda adalah sebuah negara yang lokasinya berada di perbatasan Uganda dan Sudan (setidaknya di komik). Luas kota tersebut tidak lebih besar dari provinsi DKI Jakarta (kira-kira), tetapi tentunya, hampir seluruh persediaan Vibranium di dunia didapatkan dari negara tersebut.

Ia selalu berada dalam lokasi kecil tersebut, terisolasi dari dunia, memiliki dan melaksanakan perangnya sendiri, dan tidak “peduli” dengan dunia luar sampai kejadian di film Black Panther. Setidaknya, theoretically, lokasinya sesuai dengan yang di peta.

Nah, tetapi tentunya semua orang yang sudah menonton Black Panther tahu lah kurang lebih bagaimana ya. Reader kesini demi membaca apa arti dan asal usul dari kata Wakanda sendiri.

Kata Wakanda Dalam Fiksi

Jadi akan ada dua jenis jawaban, pertama-tama istilah Wakanda dan kenapa kerajaan terpencil di Afrika itu disebut Wakanda, dan juga dalam dunia kita bagaimana bisa muncul dan disebut Wakanda.

Sejujurnya, penamaan Wakanda sendiri dalam fiksi tidak masuk akal, dan tidak bisa ditemukan dengan begitu saja.

Ingin tahu kenapa?

Gini lho, Wakanda adalah negara terisolasi dan gak pernah dijajah, dan mereka bisa bicara bahasa Inggris, sehari-harinya saja menggunakan bahasa Inggris, so… tentunya itu masuk akal, tapi istilah Wakanda itu jauh sebelum leluhur di luar Wakanda punya bahasa Afrika, berarti, jika ingin berteori lebih lanjut, seharusnya Wakanda adalah asal dari bahasa Afrika.

Sehingga, untuk penamaan Wakanda sendiri secara fiksi hanya bisa diambil dari Bahasa Afrika murni… Atau bentar, umm… heuh, ada Bahasa Wakanda ya… Aduh ini jadi pusing deh.

(Menggunakan dan mencari klip dimana alfabet Wakanda pertama ditunjukkan) HORE! Wakanda dalam bahasa Wakanda secara harfiah ditranslasi menjadi… Wakanda! (Selamat dari harus membuat artikel 1000 kata mengenai bahasa Wakanda sendiri) EHEM, on topic.

Nah, dalam bahasa Afrika murni, dan jadul, seperti yang ditemukan di beberapa sastra dalam daerah Afrika jadul, Wakanda berarti Prosper, atau Makmur. Kurasa itu kata yang ditujukan, meski ada beberapa arti lain, seperti Concealed, atau Terselubung, dan juga Forward, atau Maju.

Ya, kurasa bahasa itu tidak hidup karena banyak sekali ambigu… Untungnya, ketiga arti itu sangat cocok untuk Wakanda, sebuah negara makmur, tersembunyi, dan juga tentunya, lebih maju dari negara lain.

Secara internal, alias dalam dunia fiksi, aku ingin berteori bahwa Wakanda (berdasarkan sastra jadul) berarti Makmur! (Oke, tersembunyi dan maju juga boleh deh)

Istilah Wakanda oleh Stan Lee

Pada zamannya Stan Lee menciptakan Black Panther, belum ada cukup informasi dan berita mengenai translasi sastra Afrika untuk dirinya menemukan dan menggunakan Wakanda dalam sastra Afrika sebagai contoh.

Tetapi ia menemukan istilah Wakanda dengan mudah, karena di U.S. , komunitas African American menggunakan istilah Wakanda untuk Worship seseorang, ataupun alam. Worship bukan dalam aspek menyembah, tetapi memuja. Kaya ngefans lah. Itu semacam African American talk, kaya kalau zaman sekarang suka menggunakan Wurk alih-alih Work… Wakanda berarti Worship seseorang, ataupun alam. Jadi kalau misal cewe teenage zaman dulu ngefans sama Jackson 5, istilah North American slang-nya adalah… Wakanda sama Jackson 5…

Oke, itu gak masuk akal, tapi kenyataannya ini yang paling masuk akal.

Wakanda memiliki arti dalam (take a deep breath) 25 bahasa! Stan Lee memiliki akses paling mudah untuk slang di komunitas African American dalam U.S. alih-alih dalam bahasa Portugis, Afrika, atau Tamil…

Lagian, kalau mau dipikir-pikir… Wakanda yang berarti worship nature dan juga seorang tokoh sangat cocok…

  • Orang Wakanda memuja rajanya, alias Black Panther
  • Orang Wakanda cinta dengan alam, karena tanpa alam itu yang menydiakan Vibranium, ia akan hanya menjadi negara di Afrika yang namanya hilang begitu saja.
  • Stan Lee menggunakan slang tersebut dengan pintarnya dan membuat orang dan negeri yang cocok untuk kedua arti tersebut.

Sepertinya begitu saja artikel hari ini, tanpa kesimpulan, tanpa ba, tanpa bu…

Sampai lain waktu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *