Arti Dari Salut Wakanda Forever

Arti Dari Salut Wakanda Forever

Kayanya aku perlu bikin serial baru tiap minggunya yang membahas tentang dunia Marvel. Sehari minimal 25 mah ada yang liat artikel Infinity Stone, atau Vibranium Adamantium. Peminatnya banyak banget, dan juga bisa diselingi dengan belajar sains atau budaya!

Jadi, mari kita bahas tentang salut Wakanda yang sudah sering di parodikan, dan tentunya juga ikonis ini. Wacana Forever! Eh… Wakanda Forever!

(P.S. serialnya lagi berusaha dipikirin judulnya apa, kalau ada ide tolong bilang ke aku di bagian komentar ya)

Asal Usul Salut Wakanda

Salam Wakanda sebenarnya berasal dari 3 konteks, budaya, atau mungkin… bahasa. Uniknya, 3 konteks ini berasal dari belahan dunia berbeda, bukan hanya Afrika.

Catatan lagi, ini berasal langsung dari wawancara dengan Ryan Coogler, atau sutradara film Black Panther. (bukan aku yang mewawancarai, ada di sumber-sumber di Internet)

Firaun di Mesir

Pertama-tama, ketika T’Challa atau Black Panther dikubur untuk bertemu dengan ayahnya di “Spirit Realm” atau dunia arwah, tangannya berada di posisi silang, menempel dengan dadanya, persis dengan Wakanda Forever.

Arti dari tangan yang menyentuh dada ini sebenarnya dapat dicari di makam-makam para firaun di Mesir. Jika dilihat dengan detil, kita akan menyadari bahwa firaun ini selalu dikubur dengan kondisi tangan silang. Ternyata tangan yang di silang seperti ini berarti kematian, atau sedang mati.

Silahkan facepalm atau bingung dulu sedikit…

Tentunya ini sedikit terkesan salah untuk sebuah salut yang harusnya menjadi suatu motivasi dan simbol sebuah negara. Tapi, ingat terlebih dahulu, hanya para Firaun di Mesir yang dikubur dengan kondisi seperti ini. Dimakamkan dengan kondisi tangan tersilang berarti mati dengan terhormat, dan juga hanya boleh diberikan pada seorang pemimpin.

Meski konteksnya memang mati (dan T’Challa “mati” saat mengunjungi ayahnya), kematian yang disimbolkan disini juga bisa berarti pemimpin, atau kehormatan.

Ini bisa diartikan lagi menjadi 3 hal…

  • Kematian, dimana T’Challa mengunjungi dunia arwah yang berisi orang-orang mati.
  • Kehormatan, dimana para penghuni Wakanda merupakan orang-orang terhormat
  • Pemimpin, dimana, satu… para penghuni Wakanda menghormati pemimpinnya, atau dua, Wakanda adalah sebuah negara yang memimpin dunia.

Jika dibelah menjadi per kata, arti pertama dari salut ini kurang utuh. Jika disatukan tetapi, ia menjadi, menghormati kematian para pemimpin.

Atau mungkin ini juga bisa berarti muka Chadwick Boseman ketika diminta salam Wakanda entah beberapa kali sampai dia mati karena bosan.

American Sign Language.

Bahasa Isyarat Amerika, atau ASL (disingkat). Juga menjadi salah satu inspirasi dari salam Wakanda ini.

Dalam bahasa Isyarat Amerika, tangan yang disilang dapat ditranslasi menjadi pelukan.

Sebenarnya aku tidak bisa memberikan banyak konteks diluar ini, tetapi kalau kita pikirkan lebih dalam lagi, mengingat Wakanda sempat menolak kontak dengan dunia luar, ini berarti bahwa Wakanda semacam… (aduh bingung nyari katanya).

Tunggu dulu ya, kukasih contoh.

Ingat Erik Killmonger? Anak dari N’Jobu, atau dengan nama Wakanda, N’Jadaka. Erik Killmonger merasa ditolak oleh orang Wakanda, karena satu, ayahnya dibunuh oleh raja Wakanda, atau kakaknya sendiri, dan juga ia hanya ke Wakanda ketika ia siap balas dendam.

N’Jadaka atau Killmonger ini merupakan setengah orang amerika, dan setengah orang Wakanda (atau african-american/Wakanda, Ibunya sendiri tidak pernah ditunjukkan sepanjang film). Sesudah keluarga kerajaan Wakanda mengetahui bahwa N’Jadaka ini masih merupakan saudara langsung dengan mereka… Mereka semacam kaget.

Selain itu, sebagai seseorang yang merasa ditolak dan diasingkan oleh Wakanda, N’Jadaka sebenarnya tidak terlalu peduli dengan kerajaannya itu. Ia hanya ingin menggulingkan dan membalas dendam demi ayahnya. Ia merasa bahwa orang Wakanda tidak peduli padanya.

Padahal, salut Wakanda juga merupakan bagian dari sebuah bahasa isyarat internasional. ASL dipakai seperti bahasa Inggris di dunia isyarat. Ini sebenarnya sebuah simbol bahwa, Wakanda tidak sepenuhnya menolak dunia luar.

Pelukan. Pelukan, mungkin juga err… aku bingung sih. Ini tidak dijelaskan lebih lanjut oleh Ryan Coogler, tetapi, salut Wakanda berarti pelukan, seperti sudah kubilang di atas. Mungkin… ini bisa dijelaskan di konteks ketiga.

Aku bukan orang Wakanda… cenah Michael B Jordan.

Salut Afrika

Tentunya sebagai bagian besar dari Afrika, salut Wakanda juga memiliki konteks yang berasal dari Afrika. Salut Afrika disini punya sedikit hubungan dengan simbol lainnya.

Tetapi, menyentuh ujung pundak berarti cinta di sebuah suku dari Afrika.

Sebentar dulu, artinya cinta, kematian, serta pelukan? Cinta memeluk yang mati? (Oke, itu bercandaan ya.)

Cinta, mengingat bahwa ada Afrika adalah benua dimana Wakanda berada, mungkin, bagian terakhir dari salut Wakanda ini berarti cinta tanah air?

Ryan Coogler tidak memberikan banyak konteks, hanya artinya, jadi itu sejujurnya cukup kita khayalkan saja sebagai arti penuhnya… Up to you!

 

Arti akhir?

Hahaha… Hahaha…

Bingung. . . .

Jadi, sebenarnya, aku tidak yakin ada arti akhir ke salut Wakanda. Sekilas, bentuknya hanya sebuah huruf W dengan tangan, W untuk Wakanda! Sesederhana itu kan? Ternyata tidak, silangan tangannya sendiri punya arti, menyentuh pundaknya punya arti, dan juga tangan yang menempel ke dada juga punya arti.

Tetapi, kalau mau diartikan, aku tidak yakin ada arti penuhnya. Sebuah kata dapat menjadi frasa baru dengan arti yang sangat berbeda jika diberikan kata lain dibelakangnya, misalnya, tanah berarti… ya, lahan, mungkin juga tempat tumbuhnya tanaman, air berarti cairan yang bening, mengalir di sungai, memberikan kehidupan, atau apalah… Tapi tanah air? Berarti negeri kita tercinta.

Jadi, mungkin secara sekilas, kematian bisa berarti apapun yang kamu mau, cinta juga bisa berarti apapun yang kamu mau, serta pelukan bisa berarti apapun yang kamu mau. Itu hanya masalah perspektif.

Untuk sekarang, menurutku, hal yang mati bisa saja ditranslasi menjadi tradisi, sedangkan cinta dan pelukan? Hmm, Salut Wakanda Forever berarti… memeluk erat dan mencintai tradisi? Itu terdengar cukup benar.

Kesimpulan

Masih dalam topik post kolonialisme tentunya, mari kita lihat Wakanda. Sebuah negara yang sangat maju, dan juga tidak melupakan budaya.

Wakanda adalah contoh yang super baik untuk pernikahan teknologi serta budaya. Perisai Vibranium milik mereka masih berupa kain sederhana sebagai contoh. Baju koko Black Panther juga merupakan contoh eratnya mereka dengan budaya.

Jika mau ditangkap, Wakanda mencintai budayanya sampai “mati” lihat saja salut mereka!

Sampai lain waktu! Semoga artikel hari ini mampu dinikmati.

EDIT: http://dikakipelangi.com/asal-usul-kata-wakanda/

Bagi yang “nyasar” dan hore masuk ke blog ini… Ada artikel Asal Usul Kata Wakanda, karena sepertinya banyak sekali orang googling apa, keluarnya apa…

Cheerios!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *