Akun Instagram: Sir Isaac Newton

Akun Instagram: Sir Isaac Newton

Serial baru lagi! Horeee!

Pernah membayangkan kalau orang-orang di zaman dahulu kala punya yang namanya Instagram? Kayanya lucu ya kalau orang-orang dengan nama sebesar Julius Caesar, Alexander The Great, Isaac Newton, Rene Descartes, William Shakespeare dan sebagainya… punya yang namanya Instagram. Serial ini akan mengupas secara historikal (dengan cara yang lucu tentunya), beberapa hal-hal yang sebuah tokoh pernah lakukan, dan kira-kira gimana kalau mereka punya akun Instagram. Apa yang akan mereka masukkan dalam story, atau apa yang mereka pernah post, dan tentunya banyak lagi.

Bagaimanapun juga, selamat menikmati! Tokoh hari ini adalah Isaac Newton. Dan sejujurnya, dengan adanya Instagram, (kalau mereka aktif), banyak hal yang dulunya tampak seperti sebuah rahasia, menjadi sesuatu yang diketahui umum.

Background

Serial ini dimulai disaat aku melihat Bubi, yang menurutku gak ada kerjaan, membuat sebuah posting di Story-nya, yang berupa Bubi menuangkan coklat ke sebuah gelas berisi Es dan susu. Mungkin follower Bubi relatif banyak, mencapai level 2500++, namun… tetap saja… Ini membingungkan.

Kenapa bisa ada orang yang punya image bagus, dan terkadang keren mau meluangkan waktu sekitar 5 menitan untuk membuat sebuah jejak di dunia Internet, yang akan hilang dalam 24 jam? Itu sungguh membingungkan.

Jadi, aku memutuskan untuk mencari tahu alasannya dengan “berkenalan” dengan sebuah tokoh, secara cukup dekat, dan berasumsi, apa yang akan ada di riwayat post, story, dan mungkin juga deskripsi (atau apalah istilahnya) akun instagram tersebut.

Mungkin cukup basa basinya, jadi mari kita masuk ke akun Instagram milik Newton!

Deskripsi Akun

Catatan: Newton seseorang yang berasal dari Inggris, tetapi ini akan ditulis di Bahasa Indonesia, alias ditranslasi

Followers: 20k / Posts: 314 (diatur agar pas, sesuai ke jumlah Pi) / Following 32

Professor Lucasian sejak tahun 1669
Membuktikan banyak sekali hal
Seperti gravitasi, fluxion, dan teori binomial
Datang  ke Universitas Cambridge dan dengarkan kuliahku…
Setiap Rabu dan Jumat, sepanjang hari, tanyakan lokasi ke resepsionis.

Segitu saja deskripsi akun Newton.

Oh tentunya, Newton mendapat beberapa hater yang memberikan komentar kejam atau mungkin, gak sopan di beberapa post miliknya, seperti Robert Hooke dan Gottfried Leibniz.

Beberapa Post Miliknya…

Berikut ini adalah beberapa post milik Newton, lengkap dengan caption. Ada beberapa yang lucu (setidaknya mungkin menurutnya lucu), meski dia bukan orang yang terlalu humoris, tapi sebagian besar post miliknya serius, dan beberapa bahkan bertujuan menyindir beberapa saingannya.

Ruang Kuliah Kosong

ZZZZZZZ… Sepertinya beginilah nasib professor Lucasian kalian… Terpaksa memberi kuliah… ke ruangan kosong. Tapi tentunya meski itu sudah kupasang di deskripsi akun, siapa yang peduli? Tentunya kalian hanya mau hasil jadinya saja

Siapa yang peduli tentang proses menarik dalam mendapatkan Theorem Binomial? Gak, tentunya orang-orang hanya ingin lihat Theorem Binomialnya saja sesudah jadi.

Ruangan kuliah kosong seperti ini mengingatkanku pada teman sekelasku dahulu ketika aku serius kuliah. Di saat saya, belajar 24/7, semua “teman-temanku” malahan membuang waktu berpesta pora.

Ini menciptakan perbedaan saat lulus, dimana aku sukses menemukan gradien, fluxion, dan juga teori Binomial dalam 6 bulan, teman-temanku mungkin kembali pulang, atau bahkan tidak lulus.

Tapi ya tentunya, siapa yang peduli sama kuliahku yang dibilang memusingkan ini…

#lucasianprofessor #kuliahkosong #muridtidakniat

Likes: 20

Top Comments:

  • (Nama Disensor): EH! Itu aku lho yang ketiduran! Kenapa gak di tag ya sama Professor?
  • G.Leibniz: Newton, istilahnya bukan Fluxion! Ketika kamu jelas-jelas mencontek pekerjaanku, telan saja, sebut itu Calculus.
    • Replying to G.Leibniz: Kamu telat 15 tahun Leibniz… Lihat catatanku!

Post ini tidak terlalu terkenal. Aku pun bingung ada apa dengan Newton ketika ia menulis caption seperti itu, apakah mungkin dia bercanda garing? Entah…

Prisma Cahaya

Tentunya, siapapun yang menggambar ini perlu mendapat pujian.

Pada eksperimen itu, aku memutuskan untuk memecah cahaya menggunakan sebuah Prisma. Cahaya itu menjadi pecah, mengembang ke 7 warna berbeda. Jika kau disana kau akan melihat seberapa indahnya cahaya yang pecah itu.

Lucunya dua minggu sebelum aku menggunakan prisma itu aku menggunakan tongkat dan mencolok kedua mataku, dengan harapan aku bisa melihat warna yang tembus melalui mata seorang manusia.

Tetapi yang aku dapatkan hanyalah 7 warna dan itu hampir membuatku buta. Setidaknya aku melihat ketujuh warna itu sebelum aku tidak melihat apa-apa kecuali hitam dalam 14 hari kedepan, lol!

#cahaya #prisma #pelangi #dikakipelangi

Likes: 47

Top Comments:

  • (Unknown): Waw, professor kita nekat, colok-colok mata
  • RobertHooke: ISAAC! Aku ingat persis bahwa kamu bilang bahwa cahaya adalah sebuah partikel ketika kamu bilang bahwa tidak ada yang namanya Eter. Mungkin kamu benar, tetapi Cahaya adalah sebuah gelombang!
    • Replying to RobertHooke: Hooke. Eter emang tidak ada, dan jangan berani-beraninya kamu bilang bahwa cahaya adalah gelombang tanpa bukti. Aku tahu bahwa aku juga tidak menyatakan bukti apa-apa ketika aku bilang bahwa cahaya adalah partikel, tetapi setidaknya aku pernah melakukan suatu eksperimen.
    • Replying to IsaacNewton: Aku belum pernah melakukan suatu eksperimen? Hah? Mikroskop tuh aku yang bikin tahu!
    • Replying to RobertHooke: -_-” Oke, tetapi ini eksperimen dalam memecah cahaya, bukan memfokuskannya.
    • Replying to IsaacNewton: AHA! Kamu mulai bikin alasan!

Pada balasan Hooke ke 3, Newton mulai malas meladeni dia, dan suatu titik lain dalam hidupnya ia mempermalukan Robert Hooke. Post ini juga sama gak terlalu terkenal, karena sebenarnya ketika orang ingin memberikan like, berikutnya kamu akan mulai merasa… aneh ketika seseorang bilang ke umum bahwa dia mencolok matanya tanpa alasan jelas.

Teori Binomial

Di atas ini adalah sebuah coretan membahas teori ciptaanku.

Sejujurnya ini tidak salah, tetapi HA! Harusnya kamu tahu bahwa ketika aku mulai menulis Binomial Theorem… lebih dari 20 papan tulis kupakai di rumahku di Woolthorpe. Untungnya selama berhari-hari aku bekerja, ibuku tidak menegurku.

#teoribinomial #numbers #desimal

Likes: 1000++

Top Comments: –

Tidak banyak komentar menarik di post ini, hanya ada banyak like, dan lain-lain… Tetapi Isaac Newton sukses memancing like yang tidak terlalu banyak dengan sebuah penjelasan singkat mengenai Theorem Binomial yang tidak dipenuhi dengan ejekan, atau sindiran ke siapa-siapa. Hidup netral itu baik.

Tetapi sesudah ini, ada post lain yang menarik…

CATATAN: Ketahui bahwa seandainya ada Instagram di zaman Newton, post ini sebenarnya tidak mungkin dia buat kecuali buku itu ia keluarkan sebelum ia meninggal, karena menurut penanggalannya, buku itu keluar 1736, sekitar 9 tahun sesudah Newton meninggal.

@G.Leibniz

Kamu masih mau berani-beraninya bilang bahwa “Calculus” yang sekarang terkenal itu ciptaanmu? Mungkin kamu beruntung karena kamu menerbitkan pekerjaanmu sebelum aku, jadi orang-orang lebih mengingat Calculus daripada Fluxion. Tapi jangan sedetikpun mengira bahwa kamu yang menemukan dan menciptakan Calculus-mu itu.

AKU menemukan metode itu! Dan jika kamu memang seberani itu, silahkan berikan aku pertanyaan apapun mengenai metode buatanmu itu, termasuk yang kamu belum bisa jawab! Dan akan aku selesaikan.

#Calculus #rivalry #calculusitugampang #fluxion

CATATAN 2: Satu hal lagi, Newton juga punya banyak catatan yang ia tidak terbitkan mengenai banyaknya pengunaan dan metode Calculus.

Likes: 500-600-an

Top Comments:

  • G.Leibniz: Cek! Sekarang juga! Dalam inboxmu sudah aku kirimkan sebuah puzzle yang seluruh matematikawan Jerman, dan bahkan satu Eropa berusaha pecahkan mengenai Calculus, dan jika kamu memang menciptakan itu… Aku tak akan menolak fakta bahwa kamu menciptakan Calculus.
    • In reply to G.Leibniz: Sudah beres. 12 jam
  • (Unknown): Mr. Newton! Kumohon, ciptaanmu ini telah membuat puluhan temanku menyesal ia mempelajari matematika! Kenapa ini susah banget!

Apel!

Ini adalah post kedua terakhir yang aku tunjukkan disini dari Newton, dan sejujurnya, ini post miliknya yang paling populer.

20 tahun yang lalu, sebelum aku menjadi Lucasian Professor aku mengingat sebuah pagi sejuk dimana aku duduk di bawah sebuah pohon yang sangat dicintai oleh Ibuku. Di kebun milik keluarga Newton, Alice, si pohon apel sudah memberikanku tempat teduh seperti biasanya.

Tetapi hari itu, aku mendapat sebuah gagasan baru. Di bawah rumput yang lembab sehabis hujan kemarin itu, Alice menjatuhkan sebuah Apel.

Pada umumnya, apa yang akan anda pikirkan ketika ada apel yang jatuh ke kepalamu? Begitu Alice menjatuhkan apel itu ke kepalaku, aku memirkan banyak gagasan yang pendek, tetapi instan.

“Mengapa apel ini jatuh?” Aku bertanya… “Semua benda jatuh ke Bumi…” Tentunya, ini suatu hal yang pasti, tetapi… “Mengapa benda bisa terjatuh?”. Ketahuilah bahwa semakin banyak kamu bertanya semakin banyak jawaban yang dapat kamu temukan. “Pasti, ada sesuatu yang menariknya ke Bumi!” Dari situ, segalanya menjadi lebih jelas… Dari semua catatanku dan pekerjaanku kau akan tahu tentunya…

Apa yang kamu pikirkan jika kepalamu terkena apel? #apaapelmu

#apeljatuh #gravitas #alicetree

Likes: 5000++

Top Comments:

  • (Unknown): Aku akan memakan apel itu kalau itu jatuh!
  • Fatio.Duillier: Professor, aku masih saja mengagumi dirimu sampai hari ini. Terima kasih atas semua ajaran dan bimbinganmu selama ini.
  • J.Locke: Pekerjaanmu sangat mengagumkan, dan kurasa dengan aksesku untuk menerbitkan buku, segalanya akan lebih mudah untuk membuatmu makin terkenal.
    • Replying J.Locke: Japri aku! Aku sudah punya banyak tulisan untuk diterbitkan!

Dan masih banyak lagi… Tetapi itu terima kasih ke John Locke buku miliknya, Principia dapat diterbitkan di luar Inggris. Seluruh Eropa dapat menikmati Principia (entar akan ada info lebih lengkap nanti), sesudah kerjasama Locke-Newton ini.

FYI: riwayat hidup Newton baru ada sesudah diterbitkan suami keponakannya…

Principia

Philosophie Naturalis Principia Mathematica.

Buku ini merupakan buku yang berisi kompilasi seluruh pekerjaanku selama 20 tahun terakhir. Di dalamnya ada banyak hal yang membahas Gravitasi, dan sebenarnya seluruh buku ini membahas gaya dan gerakan dengan cara yang orang-orang belum pernah pikirkan sebelumnya.

Aku juga menuliskan 3 hukum fundamental mengenai Fisika di sini, tentunya ini sangat menarik, dan kurasa dia sudah cukup sederhana untuk dimengerti orang-orang seperti @RobertHooke.

Tetapi, mungkin belum tentu juga…

Bagaimanapun juga, buku ini dapat dibeli dan ditemukan di beberapa perpustakaan terbesar di Inggris, serta toko buku pada umumnya.

CATATAN: Ah, Newton, sangat-sangat sopan dan tidak memprovokasi.

Likes: 2000++

Top Comments:

  • RobertHooke: Tulisanmu ini tidak ada artinya sama sekali, dia hanya berisi sampah, dan juga banyak lubang di teorinya! Aku yakin aku bisa menulis yang ratusan kali lebih baik lagi dari ini!
    • In reply to RobertHooke: Huh… Baiklah, lihat dalam beberapa tahun kedepan ketika sambungan ke Principia akan kukeluarkan.
    • In reply to IsaacNewton: Mari kita lihat ya! Bukumu itu nanti tiada artinya!
  • J.Locke: Untuk yang tinggal di luar Inggris, bisa membeli buku ini dalam 1 bulan ya! Atau kontak saya untuk Pre Order!
  • Fatio.Duillier: Sekali lagi, sebuah karya yang menginspirasi

Sebuah post yang sekilas hanyalah sebuah promosi, tapi Philosphie Naturalis Principia Mathematica ini cukup penting, dan sampai sekarang pun, Matematikanya banyak yang tidak tergantikan.

Oh dan untuk tanggapan Newton ke Hooke… Ia menulis Principia III, dengan bahasa kompleks dan matematika yang hanya akan bisa dimengerti orang-orang yang membaca Principia I dan II dengan detil. Hooke pun tidak bisa mengkritik Newton yang mungkin ia tidak dapat mengerti bahasa rumitnya, dan matematika bersambungnya itu…

Tepuk tangan untuk Newton!

Kesimpulan

Mungkin jika dibaca dengan sekilas, artikel ini agak membosankan. Tapi nyatanya, ketika kita ingin mengenakan sepatu seorang jenius… Ini yang kita akan dapatkan. Newton itu orang membosankan, provokatif, serta… Sebenarnya dia tidak punya terlalu banyak teman dekat.

Mungkin teman dekat yang ia miliki dibawah 10, hanya Fatio Duillier, Wickins (yang berpisah sesudah Newton lulus kuliah), dan… ada beberapa lagi sih.

Selain itu, Newton juga menarik sangat banyak hater, seperti Gottfried Leibniz, John Locke, dan juga beberapa pengikut mereka. Tetapi kenyataannya Newton itu seseorang yang tentunya sangat menarik… Dan mungkin riwayat post Newton tidak akan jauh berbeda dari yang sudah ada disini

Untuk story, aku yakin Newton bukan orang yang rela meluangkan waktu untuk mengeluarkan Story. Atau mungkin ini alasan… Siapa yang tahu pasti? 😛

Jika artikel ini menarik, terima kasih! Jika artikel ini membosankan, ini Newton, apa yang kau harapkan? (sekali lagi, mungkin ini alasan untuk “Azriel, kamu tidak bisa menulis post IG, main sosmed aja gak. Tetapi, siapa yang tahu pasti?)

Sampai lain waktu!

Oh dan disclaimer di akhir…

Ini hanya prediksi dan perumpamaan dari apa yang SUDAH terjadi. Semua fakta ini nyata, tetapi tidak ditulis seutuhnya dengan cara ini.

Untuk jumlah follower, Newton hanya terkenal di Inggris dan sedikit bagian dari Eropa, jadi sejujurnnya followernya tidak akan sebanyak itu juga. Bagaimanapun juga, Isaac lebih terkenal sesudah ia meninggal, dan matematika kompleks ciptaannya itu menjadi lebih mudah dimengerti. (pada zamannya gravitasi itu kompleks ya)

Appendix

Riwayat hidup Newton diluar matematikanya, ada di sebuah jurnal, atau mungkin memoir tulisannya. Seluruh catatan dan pengerjaan miliknya sudah dibukukan dan diberikan nama, dan siap untuk diterbitkan oleh siapapun yang menemukannya…

Di akhir hidupnya Newton memilih mati tanpa sebuah “blessing” atau berkat dari seorang pendeta.

Seluruh jurnal hidupnya pun ditulis dan dicatat oleh John Conduit, suami dari keponakannya yang mengurus Newton sampai ia meninggal. Kalau itu bukan karena Conduit mungkin Sir Isaac Newton takkan memiliki cerita menarik sebanyak ini.

FUN FACT: Newton mengakhiri hidupnya sebagai seseorang yang memastikan semua koin di Inggris bersih dari pemalsuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *