Adakah tips untuk mendapatkan Blog Viewer?

Adakah tips untuk mendapatkan Blog Viewer?

Terkadang ada cukup banyak orang merasa bahwa konsistensi itu nomor satu dalam menulis, dan sejujurnya one day one post adalah langkah yang sangat baik dan optimal untuk mendapatkan viewer di blog. Konsistensi memang penting untuk mendapatkan kemampuan menulis, tetapi, untuk apa menulis jika tidak ada seorangpun yang membaca?

Jawaban dari pertanyaan ini tentunya sederhana, banyak penulis menulis demi… menulis. Untuk mengeluarkan gagasan dan juga perasaan yang terpendam (what Azriel?) tetapi, seiring waktu, akan keluarlah percikan untuk mendapatkan viewer lebih. Banyak orang tidak ingin terjebak dengan hal yang sama, dan akan berusaha menulis untuk mendapatkan 1 dari 3 jenis viewer, setidaknya menurutku.

Bagaimanapun juga, mari kita masuk ke artikelnya, dan mungkin disini akan ditemukan beberapa tips (bukan semuanya, tentunya semua yang ditulis disini amat subjektif, baik secara opini, ataupun kemampuan) untuk mendapatkan viewer di blog, tanpa menggunakan media sosial lain.

(Review Fakta: 27.000 Viewer dalam 1 tahun, 3000-an didapat via Link WhatsApp, atau Instagram, mayoritas sisanya berasal dari search engine)

Tips disini murni cara untuk menggait viewer via Search Engine, atau Blog Reader (seperti WordPress Reader, Blogpost Timeline, dan semacamnya).

Jenis Pembaca

Ada 3 jenis pembaca yang ingin digait dalam menulis sebuah blog post.

Semuanya memiliki karakteristik masing-masing, dan semuanya juga memiliki cara untuk dibawa agar mengunjungi blog milikmu.

Pembaca Setia

Ciri khas para pembaca setia biasanya ditemukan dari seseorang yang mengunjungi blogmu kalau tidak seminggu sekali, sehari sekali… Ia biasanya datang untuk melihat karya tulismu, dan dalam statistik, ialah orang yang menambahkan 1 view ke tiap post terbarumu.

Yah, sebenarnya, kita takkan tahu siapa pembaca setia kita, kecuali jika ia memang teman dekat, dan/atau keluarga… Tetapi, jika para pembaca setia ini merupakan orang asing yang belum pernah anda temui di dunia nyata, maka kemungkinan besar, ia sangat menyukai konten yang anda tulis, meskipun tidak ada tema yang membelakangi.

(FYI: Blog dikakipelangi.com ini tidak punya tema sedikitpun. Aku sering menulis tentang Pop Culture, sering menulis tentang humaniora, psikologi, sejarah, dan juga masih banyak lagi.)

Jujur saja, menggait pembaca setia yang merupakan orang asing amat sulit. Tentunya mendapatkan orang yang selewat saja cukup mudah, tetapi mendapatkan orang yang datang ke blog ini (terutama via search engine) lebih dari sekali akan amat sulit.

Cara Mendapatkan Pembaca Setia…

  • Ajaklah beberapa teman dekatmu dan juga keluargamu untuk sesekali berkunjung ke blog milikmu. Jika ia anggap tulisanmu menarik, maka ia akan datang sekali lagi, dan juga sekali lagi, sampai-sampai ia akan mengunjungi blogmu pada basis mingguan, atau bahkan, harian.
  • Tulis sesuatu dengan tema, atau buat tulisan yang bersambung. Tentunya, gunakanlah tautan pada akhir artikel yang menghubungkan artikel A dengan tema C dan artikel B dengan tema C juga. Sama bagi yang bersambung.
    • Jika perlu, dan belum sempat menulis, tambahkan release date sambungan pada akhir artikel, terutama pada cerita. Jika pembacanya memang suka dengan tulisan yang tidak kilat seperti para Social Media junkie inginkan, mereka akan benar-benar datang kembali. (tentunya jika ingat, hihihi)
  • Sejujurnya, mendapatkan pembaca setia mungkin adalah jenis pembaca yang paling sulit untuk ditemukan. Percaya pada diriku.

Pembaca Selewat

Pembaca selewat.

Mungkin 15.000 dari 24.000 total viewer yang datang dari search engine merupakan pembaca selewat.

Apakah karakteristik dari pembaca selewat? Mereka orang yang datang sekali, bilang hai pada satu artikel yang menangkap mata mereka pada google search, dan dadah, kemungkinan besar mereka takkan kembali.

Tentunya, pembaca selewat ini adalah jenis orang yang ingin ditargetkan jika ingin menghasilkan duit cepat via iklan. Tetapi, seseorang yang pintar akan memanfaatkan pembaca selewat, dan merubahnya menjadi pembaca setia.

Pembaca selewat mungkin adalah jenis pembaca yang paling sulit digait secara permanen, karena biasanya, blog (terutama yang segmented, seperti blog milikku ini…) itu didatangi hanya ketika ada yang dicari. Blog mana yang perlu didatangi, tentunya ditunjukkan oleh Google.

Cara Menggait Pembaca Selewat

  • Ikuti Google Trends, pelajari pola search, sesuai dengan bahasa yang kautuliskan di blog (jika bahasa Inggris, buatlah current issue dunia, dan jika bahasa Indonesia, buatlah artikel tentang hal yang pop secara lokal. Atau, buatlah sesuatu dalam bahasa Inggris, tetapi mengenai Indonesia, itu akan menjadi sesuatu yang menarik juga) dan buatlah sesuatu yang mungkin membuat blog mu berada di halaman pertama sebuah google search.
  • Pelajari Search Engine Optimization, agar tulisanmu bisa dibaca orang yang google sesuatu secara spesifik.
  • Buatlah artikel yang menjelaskan sesuatu yang belum pernah dituliskan orang lain.
  • Jika memang ingin secara spesifik menggait Pembaca Selewat, tidak ada salahnya keluar dari tema buatan atau segmentasi blogmu. Gaya penulisan, jika bisa, jangan buat terlalu kompleks… Kurangi bahasa dan istilah yang biasa di skim read (ironisnya, skim reading adalah jenis istilah yang kumaksud, istilah yang biasanya hanya beberapa orang ingin baca)

Tentunya, jika pembaca selewat memang tidak akan berubah menjadi pembaca setia (atau jenis pembaca ketiga), akan lebih baik jika kita lemparkan post yang menarik berkali-kali, sehingga mereka akan datang terus. Pada sisi lain, kita bisa menyesuaikan gaya penulisan, dengan memanfaatkan fitur wordpress agar pembaca selewat ini, akan mau mencoba menjadi… Pembaca Kepo.

Pembaca Kepo

Pembaca Kepo ini, pada dasarnya, adalah pembaca selewat. Tetapi, mereka tidak hanya membaca selewat lalu close, dan melupakan nama blog yang menyajikan tulisan dari topik yang mereka cari.

Pembaca kepo ini, biasanya klik tombol-tombol, baik di kanan, dan di kiri, atau mungkin Hyperlink pada kata-kata dan paragraf di artikel.

Mereka ingin tahu lebih banyak mengenai blog ini, dan mungkin juga merasa bahwa blog itu akan bisa memberikan bacaan menarik selain klikan yang ia buat tadi.

Berdasarkan memerhatikan statistik selama 3 bulan terakhir, sekitar 20% dari pembaca yang mendatangi artikel Arti Wakanda Forever, menjadi pembaca kepo.

Sayangnya, karena kurangnya persiapan dari diriku dan juga dari kejutan viewer dan visitor artikel tersebut… Aku tidak bisa menaikkan statistik pembaca kepo dan pembaca selewat.

Amat disayangkan, aku baru melakukan tips yang aku tuliskan ini, sekitar seminggu sesudah gelombang ribuan pembaca telah melewati artikel tersebut. (website ini hampir down, atau setidaknya, ngadat)

Agar pembaca, dan calon penulis tidak mengikuti kesalahan yang aku buat, selalu bersiap untuk membuat para pembaca selewat ini, menjadi pembaca kepo…

Cara Membuat Pembaca Selewat Menjadi Kepo…

  • NOMOR 1! Paling sederhana, dan juga paling efisien. Tambahkan Hyperlink. Serius, adanya Hyperlink pada sebuah artikel yang sudah menarik, yang mengarah ke artikel yang sama menariknya, atau mungkin, lebih menarik… Bisa saja menambah dan menggugah selera para pembaca untuk terus mencicipi, dan mengintip hidangan yang blog anda sajikan.
    • Artikel dengan Hyperlink biasanya menggait 40% pembaca selewat untuk memberikan klik pada hyperlink tersebut. Alhasil, 40% view tambahan.
  • Berikutnya, sama seperti pada cara menggugah pembaca setia… Adalah dengan membuat artilkel yang bersambung. Setidaknya, berikan mereka lebih dari satu kesempatan untuk mengunjungi blog anda. Jika mereka memang suka, mereka akan ingat nama blog-nya kok.
  • Buatlah theme blog yang enak dilihat. Ingat, enak dilihat. Aku bisa dibilang beruntung, aku sudah memiliki tema blog yang menarik, dengan watercolor, dan juga warna yang tak terlalu gelap sampai titik… edgy, dan juga tidak terlalu terang sampai ke titik, flashy. Tetapi, jika penulis blog ingin menarik orang, tariklah mereka bukan dari tulisan milikmu saja, tetapi juga dari perbandingan warna yang menarik serta bagus.
    • Enak dilihat dan menarik berbeda. Aku memiliki teman yang berkomentar mengenai tema blog, katanya itu kurang menarik. Untungnya, blog milikku cukup enak dilihat, dan perbedaannya ada di prioritas kita. Aku lebih suka gambar (dan diberikan juga… hehehe) yang enak dilihat, dan tidak terlalu flashy sampai menarik.
    • Atraksi utama Dikakipelangi.com tetap tulisan, tetapi tentunya, layaknya mall yang nyaman… mall itu perlu enak, dingin, serta enak untuk parkir. Kita tidak hanya datang ke mall untuk sebuah toko, (meski memang ada saatnya kita ingin ke sebuah toko spesifik) tetapi kita ingin ke mall dan menikmati aura mall tersebut juga.

Nah, jangan lupa untuk menarik orang agar mereka datang lagi, dan bukan hanya datang sekali, lalu sudah deh, dadah….

Kesimpulan

Kesimpulan hari ini ada dua.

Satu! Hidup adalah proses, sama juga seperti menulis dan mendapatkan pembaca. Kita tidak bisa hanya mendapatkan pembaca dari sebuah artikel, tentu saja kita perlu berusaha, dan membiarkan pembaca yang datang agar, berproses, dari seseorang yang hanya lewat,  terus menjadi penasaran, hingga akhirnya ia membaca dengan setia.

Nomor dua adalah, hindari sensasi yang hanya sensasional, dan memiliki makna minim.

Clickbait mungkin efektif, terutama bagi rakyat Indonesia, tetapi, apakah clickbait benar-benar sepadan dengan resiko orang-orang merasa tertipu dan tidak pernah kembali lagi? Apakah kamu ingin mendapatkan pembaca selewat saja?

Percaya sama aku, dengan pembaca selewat, menemukan momen agar mereka datang kembali dan kembali lagi akan sulit. Kita butuh momen untuk menembak layaknya sniper, yang benar-benar! JLEB! Ini momenku, ayo kita gait pembaca selewat sebanyak-banyaknya.

Jangan terlalu bahagia dengan momen atau topik buatanmu jika yang datang hanyalah orang yang lewat. Kamu akan ingin juga mendapatkan pembaca setia, atau setidaknya, pembaca yang kepo.

Sampai lain waktu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *