A bunch of random facts: Veggies and Fruits

A bunch of random facts: Veggies and Fruits

Ketika bosan, dan perlu menulis… Apa jenis tulisan yang bisa kubawa ke situs ini ya…

Sebenarnya aku ada hutang tulisan filsafat, tapi karena tulisan terakhirku sudah mengenai filsafat, aku merasa ini sedikit terlalu berat untuk dibuat sekarang, dan tidak akan terlalu banyak menambahkan traffic site, yang sedang drop pada bulan Oktober ini.

Salahkan Marvel untuk terlalu lama menunda keluarnya film berikutnya, dan salahkan DC untuk mengeluarkan Aquaman pada bulan Desember. Wait, ada Spiderman: Into the Spiderverse! Oke, kita tunggu itu saja dulu…

Ehem, kembali ke topik.

Tanpa adanya sumber pop culture yang cukup (Venom adalah pengecualian, karena aku telat menonton, sekarang pun belum) aku semacam kebingungan ingin membuat artikel, jadi semoga ideku ini mampu dinikmati!

Materi dan Struktur

Beberapa fakta disini akan bersangkutan dengan struktur dan juga zat yang membuat sebuah sayur atau buah.

Air, dan Asam

Jadi… Seperti yang mayoritas orang tahu, bahasa Inggris dari Semangka adalah Watermelon, dan bahasa Inggris dari Melon adalah… (UMM) melon (atau Honeydew, cantaloupe, terserah lah, aku lebih suka menyebut melon).

Nah, fakta itu sebenarnya cukup tepat, karena watermelon dan melon sendiri sangat-sangat mirip strukturnya. Jika Melon Honeydew yang paling sering anda temukan di supermarket terdekat terbuat dari 86% air, 7% serat, dan sisanya berupa DNA, dan juga nutrisi-nutrisi di dalamnya… Semangka memiliki konten yang amat mirip… terbuat dari 93% air, dan 3% serat, lalu tentunya banyak nutrisi lain di dalamnya.

Uniknya, hanya perbedaan zat sekitar 10% ini (dari nutrisi, DNA, dan tentunya perbandingan Air/serat) warna, rasa, dan tekstur kedua buah amat jauh berbeda.

Berikutnya, beberapa kemiripan lain yang ditemukan secara struktur dapat dilihat di hidangan samping Nasi+Ayam Goreng milikmu… Biasanya, disimpan, Sambal, Selada, Tomat dan juga Timun.

Banyak orang (termasuk diriku sendiri) yang hanya menyukai salah satu diantara tomat atau timun. Aku sendiri lebih suka timun, dan kurang menyukai tekstur lembek dan asam yang ada di tomat.

Lucunya… (dan ironisnya) Timun terbuat dari 96% air, 3% serat, dan 1% yang tersisa adalah beberapa hal-hal lain yang hanya dituliskan sebagai Other contents di beberapa buku… Sedangkan, Tomat, terbuat dari 90% air, 6% serat, 3% asam, dan 1% zat lain-lain.

Jadi, tomat dan timun ini, sebenarnya memiliki rasa, tekstur, dan gizi yang cukup berbeda dengan satu sama lain. Tapiiiiii… Zat yang menyusun mereka hampir sama persis.

Hanya dengan perbedaan 3% asam, 3% serat, dan 1% zat lain-lain tersebut (seperti gizi, mineral, dan juga DNA), rasa dari keduanya langsung jomplang ke satu sisi. Kadar serat dari tomat dilemahkan oleh asam yang ada, dan memberikannya tekstur kenyal, sedangkan kadar air di timun membuat sayur tersebut lebih keras.

Kesimpulan: Kita sebagai manusia hanya punya sedikit perbedaan, namun sebenarnya kita satu makhluk yang sama… Ba dum tss 😀

Sama seperti tanaman, mayoritas dari tubuh kita berupa cairan, otak kita bahkan terbuat dari 90% air yang dipadatkan oleh sel-sel.

Namun, pada dasarnya, tiap manusia memiliki genetik yang sama persis. Kecuali untuk DNA, 99.999% dari tiap manusia sama saja. 0.001% dari DNA merubah begitu banyak penampilan. Ganteng atau tidaknya seseorang adalah hasil dari mesin gashapon yang dipilih oleh hukum sains, dan jika kamu kurang beruntung 0.001% tersebut membuatmu tampak jelek.

Jangan lupa bahwa kamu cukup beruntung untuk punya 99.999% sel yang berfungsi dengan normal, jadi coba saja untuk bersyukur pada mukamu, meskipun itu jelek, apalagi kalau kamu ganteng.

Misguided?

Banyak orang mengira bahwa sayur adalah suatu jenis makanan yang dimakan sesudah dimasak, seperti misalnya, bayam, kol, zucchini, dan lain-lain. Juga banyak orang mengira bahwa BUAH adalah makanan manis yang boleh langsung dimakan tanpa perlu dimasak kembali.

Perlu diingat lagi… Tidak selalu. Banyak sekali ada common error dan miskonsepsi umum yang terjadi di kalangan umum. Jadi,mari kita catat beberapa kali… Ini adalah beberapa miskonsepsi mengenai buah, ataupun sayur, yang anda semua perlu ingat.

Definisi

  • Sayur adalah jenis tumbuhan yang ketika dimakan… merupakan tumbuhan itu sendiri.
  • Buah adalah embrio yang sudah matang, dan digunakan sebagai alat menyebarkan biji oleh tanaman. Buah bisa dianggap sebagai anak dari suatu pohon.

Fakta…

  • Paling sederhana, dan paling sering orang salah lihat… Tomat. Tomat adalah buah, dan BUKAN sayur. Iya, tomat dimasak sebagai sayur, padahal tomat adalah buah.
  • Strawberry, Blackberry, dan juga Raspberry… bukanlah beri. Mereka merupakan buah.
    • Menurut ilmu biologi, sebuah beri adalah inti dari sebuah bunga yang ketika dikeluarkan, akan menghasilkan sejenis buah berukuran kecil, dan stroberi, blackberry, serta raspberry, berasal dari pohon, dan BUKAN bunga… tanaman tersebut adalah sebuah buah.
    • Catatan lagi… Beri adalah semacam subjenis dari buah… Sama seperti kacang tanah sebagai subjenis dari kacang.
  • Terong, justru… Merupakan beri. Karena terung berasal dari inti sebuah bunga yang dibuahi.
    • Kumohon… jangan bingung. Stroberi bukan merupakan beri karena dia alat untuk berkembang biak, dan terung justru HASIL dari perkembang biakan.
  • Tahu mengenai Almond? Almond itu kacang bukan? Haha… bukan… 🙂 Almond itu adalah sepupu dari… Buah Persik. Jadi, lain kali, jika kamu ingin bilang ke orang-orang yang menawarkanmu almond, jangan langsung bilang bahwa kamu alergi kacang, karena almond adalah buah.
  • Jadi… apa saja yang sudah kurusak… Almond, terung, stroberi, blackberry, raspberry. Oh iya… masih ada lagi. Kacang tanah yang berada dalam cangkangnya… Tampak seperti ini?
    • Ya… mereka itu sekeluarga dengan kunyit… Jadi, kalau kamu alergi kacang, seharusnya memakan kacang seperti ini takpapa… (Jangan coba jika kamu memang sudah pernah mencoba dan memiliki alergi pada kacang yang seperti di atas ini)
  • Oke, mari kita rusak bunga-bunga juga!
    • Apel sekeluarga dengan mawar.
      • Mawar tidak memiliki buah tetapi.
    • Oh iya… ceri juga
    • Pir juga…
    • Apa lagi… Buah Plum…

Jadi… bagaimana? Sudah cukup bingung… Kacang = Legume, sekeluarga dengan kunyit, bunga mawar sekeluarga dengan apel, stroberi, dan beri lainnya, bukan berasal dari keluarga beri, hanya saja kebetulan mirip dengan beri, dan terung… merupakan beri.

Believe me, your family isn’t weird.

Kesimpulan…

Jadi, sebenarnya, artikel hari ini hanya akan sedikit di bawah 1000 kata, semoga tetap menarik…

Namun aku akan segera menyimpulkan…

Banyak hal yang mudah kita lewatkan, dan oleh karena itu, akan jauh lebih baik jika kita ingin memerhatikan hal lebih banyak, dan tidak menelan bulat-bulat apa yang diberikan oleh orang lain untuk kita.

Silahkan berpikir sedikit mengenai kalimat itu, dan sampai lain waktu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *