7 Deadly Sins: Inspirasi Dari Tokoh Utama Spongebob

7 Deadly Sins: Inspirasi Dari Tokoh Utama Spongebob

Ada banyak teori di Reddit, dan banyak website lainnya, yang berisi banyak geek ga ada kerjaan. Dan kurang lebih mereka menemukan fakta bahwa tokoh utama dari film yang semestinya untuk anak-anak, yaitu Spongebob Squarepants, berasal dari 7 Deadly Sins.

Well teori ini udah sejak entah kapan sejujurnya, tapi aku sempet iseng baca Dante’s Inferno beberapa chapter a while ago, dan aku menjadi semacam kepo atas Christian Teaching ini, karena honestly it sounds a bit catchy, dan kayanya sering pisan nongol di literatur. Terus ketemu deh teori ini.

Eventually teori ini di confirm oleh Spongebob’s Father himself, Stephen Hillenburg. Dan ya, kadang ada yang obvious, tapi ada yang less obvious juga… jadi… karena sekali lagi, bingung pengen nulis apa, jadinya aku nulis ini aja…

Let us be carried by the waves, moving to the article!

7 Deadly Sins

Sebelum masuk ke representasi 7 Deadly Sins-nya sendiri, jadi, apa saja sifat buruk yang dianggap deadly ini? Well ada 7, dan kurasa analisis itu tidak terlalu susah. Ya, 7 Deadly Sins ini, berasal dari beberapa christian teachings, dan awalnya dia ditulis di bahasa Latin. Honestly untuk membahas ini secara dalam… it’s not my place here. Bukan agamaku, takut gak sopan, dan lain-lain. Jadi aku ga mau bahas sejarahnya, melainkan definisinya sajah.

Semua 7 Deadly Sins ini merupakan opposite dari Knightly Virtues, dan juga merupakan abuse dari sebuah hal yang normal dan dibutuhkan oleh seseorang. Pada dasarnya, ajaran mendasar di agama Islam, yaitu untuk menjadi orang yang content sudah bisa dengan mudah avoid ketujuh sin ini.

BTW, fakta ironis… 7 Deadly Sins jauh lebih terkenal dari 7 Knightly Virtues… Sedikit ngakak pas aku tahu bahwa ada opposite dari deadly sins ini sebenernya.

Oh, dan tokoh yang represent si dosa juga akan dimasukkan di bawahnya ya…

Wrath

Dikit-dikit marah, dikit-dikit marah. Ya, pada dasarnya Wrath biasanya ada di orang yang gak sabaran, dan tidak punya perlampiasan positif dari emosi amarahnya itu.

Definisi mendasarnya sebenarnya, Wrath adalah seseorang yang gak punya channeling emosi yang benar. Jika seseorang marah-marah padahal gak ada apa-apa yang terjadi, dia terbilang nyebelin. Selain itu, orang yang wrathful juga biasanya gak punya kontrol atas dirinya dan emosinya sendiri.

Wrath sendiri bukan merupakan sin yang berhubungan dengan barang kepunyaan, tetapi hanya merupakan sin yang berbahaya karena dia tanda orang yang… yah… marah-marah sih :/ aku semacam kurang kata-kata untuk sin pertama hari ini.

Also, Achilles adalah orang yang cuman punya drive gara-gara dia gak sabar. Jadi, meski dia godly sometimes, he’s just… a bad person actually… Off-topic dikit 🙂

Knightly Virtue, or the oppostie of wrath adalah… Patience, of course 🙂

Tokoh yang represent Wrath siapa? Meet Squidward Tentacles… Orang yang kerjaannya marah-marah, dan marah, dan marah, dan marah. Dikit-dikit dia sebel, dan dikit-dikit dia merasa ada hal yang ga ideal, sayangnya perlampiasannya rada-rada negatif. Ini cukup obvious sih… It’ll take you about 3 episodes to notice… that Squidward isn’t really that patient.

Greed/Avarice

Aku lebih suka avarice sebenernya, lebih catchy, tapi Greed ini lebih jelas.

Greed itu memiliki definisi fundamental dari seseorang yang tidak bisa melepas sesuatu kepunyaannya. Secara mendasar, orang yang serakah itu orang yang tidak bisa melepas kepunyaannnya, posesif, dan juga merebut apa yang semestinya punya lain.

Ini gak harus uang sih, meskipun biasanya emang uang yang dipake jadi patokan utamanya. Tetapi andaikan kita ingin memiliki power, jika kita tidak rela melepas kekuatan dan kekuasaan yang kita punya itu, kita sudah terbilang greedy. Jadi, bentuk apapun dari seseorang yang tidak mau melepas worldly things ini, juga termasuk sebagai greed…

Kebalikan dari Greed? Charity, atau orang yang well, content dan merasa puas dengan kepunyaan, ingin berbagi… yah… begitulah.

Nah, seringkali Greed itu berhubungan dengan uang, dan sejujurnya tidak ada yang lebih cocok untuk Greed daripada si Kepiting yang jadi boss-nya spongebob. Mr. Krabs ini pada dasarnya emang serakah, kopet, dan gak rela ngeluarin uang, sama kaya Wrath, Mr. Krabs juga cukup obvious dia masuk kriteria Greed, karena dia gak se gak jelas beberapa karakter lain disini.

Sloth

Sloth seringkali dihubungkan dengan kemalasan. Tetapi so far, ada suatu hal fundamental yang membedakan kemalasan ini, dengan sin lainnya, karena banyak definisi dosa Sloth ini…

Tetapi kemalasan ini sudah mulai banyak definisinya, da… cek aja itu, Gabut, dll… itu masuk Sloth ga sih? Sejujurnya aku kurang yakin, tapi Sloth memiliki definisi fundamental dari meninggalkan tanggung jawab. Dan meninggalkan tanggung jawab ini hal yang, yeah pretty bad.

Biasanya sih, Sloth ini ga bisa dikorelasikan dengan dosa lain, karena jika dosa lain dianggap seolah-olah memiliki terlalu banyak, Sloth ini kebalikannya. This sin focuses on, doing nothing, instead of doing too much. Jadi, harus diakui, Sloth ini rada memusingkan… bahkan di Wikipedia kalimat pertama untuk Sloth ini adalah… “peculiar jumble of notions and definitions”. Jadi di artikel ini, kita akan stick dengan definisi meninggalkan tanggung jawab.

Knightly Virtue dari Sloth (atau kebalikannya) adalah… diligence. Yah, kebalikan orang males apa? orang rajin… udah as simple as that…. (kadang lucu ya kalau kita mencari terlalu rese padahal jawabannya simpel… iya aku kira kebalikannya akan rada memusingkan)

Nah, Patrick Star seseorang yang kayanya ga pernah dikasih tanggung jawab apa-apa dan emang orang yang males. Bahkan ada satu episode dimana dia mengajarkan orang lain untuk tidak melakukan apa-apa. Sekali lagi, itu cukup obvious bahwa Patrick Star itu Sloth, karena dia meninggalkan tanggung jawabnya untuk bekerja seperti cowo pada umumnya.

Envy

Yah, Envy ini merupakan sin yang harusnya bisa direpresent dengan mudah oleh tokoh di film ini… Tapi tetep aja, mau kubahas.

Envy itself adalah sebuah sin yang berarti, iri, atau jealous atas kepunyaan orang lain. Baik kepunyaan ini adalah kepunyaan materi, penghargaan, achievement, atau cewe, apapun lah. Jadi kalau anda sebagai mantan iri, tahu bahwa mantan kalian udah ada yang punya lagi, yah kamu dah masuk Envy.

Nah, secara fundamental, Envy juga sama, merasa tidak pernah puas, mirip dengan Greed tadi, tapi, Envy ini berbeda dengan highlight bahwa orang yang jealous-an itu orang yang gak merasa cukup dengan cara yang… berbeda…

Jika orang Envious pada orang lain, dia sebenernya merasa tidak memiliki apa-apa, dan memandang dirinya terlalu rendah. Kurang lebih, ini terjadi di orang yang, kinda depressed, atau… ya emang jealous-an aja sih… Like I said, bukannya dia merasa tidak pernah puas, dia merasa… seolah-olah dirinya tidak punya apa-apa.

Envy sendiri juga merupakan nama model laptop dari merek HP yang dipakai Bubi. Knightly Virtue-nya adalah Kindness, yang merupakan kebalikan, daripada iri-an sama orang lain, kalau orangnya kind, dan compassionate dia akan merasa happy jika ada temannya yang happy.

Tokoh yang mewakili Envy siapa? Tuh, si Plankton. Gimana coba dia ga envious? Kayanya cukup obvious, sekali lagi. Dikit-dikit jealous dan bersiasat buat nyolong resepnya Mr. Krabs, dan seterusnya… Kalau masih belum bingung karena pemilihan tokohnya obvious, siap-siap untuk 3 sin terakhir.

Pride

Pride itu sering dijelaskan sebagai sin paling… Parah. Kaya, lu teh gimana sih, songong amat jadi orang. Kalau mau dibahas secara fundamental, kayanya, ini bakal rada rese… Tapi coba deh

Dasarnya, orang yang Prideful itu orang yang merasa dirinya adalah yang terbaik, dan dia juga ingin menjaga status itu. Sejak zaman Yunani, mitologi sudah despise banget sama sin ini. Dewa-dewi Olympus yang manusiawi itu semuanya sangat-sangat prideful, dan ingin bener-bener membuktikan ke semua orang bahwa dirinya yang terbaik.

Pride sendiri juga bisa berarti sebagai orang yang memandang dirinya terlalu tinggi, dan dia rada insecure karena itu, jadinya dia rela melakukan hal-hal demi membuktikan itu. (okay ini repetitif).

Jika dosa-dosa lain berbasis ke orang-orang yang mau punya, atau punya kebanyakan hal, dasarnya, Pride ini lebih fokus ke orang-orang yang merasa bahwa dirinya itu… gini-gini-gini, dan… yah begitulah. Keywordnya sudah di highlight… merasa.

Nyatanya orang yang prideful ini hanya merasa saja bahwa dirinya terlalu baik, atau ingin membuktikan bahwa dirinya yang terbaik, dan kadang dia juga ga ngeh bahwa dirinya prideful, tetapi seharusnya, ini sin paling… unrealistic. Gak realisitis soalnya dia ya… meninggikan dirinya, tanpa menganggap hal-hal lain.

Sekali lagi, kebalikan dari Pride, atau kesombongan ini adalah, humility, yang cukup obvious. Orang sombong, sama orang rendah hati… dah as simple as that.

Nah, tokoh yang represent pride ini, adalah si Tupai bawah Air, Sandy. Sandy dianggap prideful karena seringkali ada episode yang menunjukkan bahwa dia adalah orang yang ingin membuktikan hal-hal ke orang lain, dan juga memang dia orang yang sombong sih pada dasarnya. Selain itu, Sandy juga suka brag atas hal-hal yang dia achieve…

Lust

Lust, ah… sin yang didapat dari seseorang yang gak bisa menahan diri. Of course contoh dari beberapa acts yang lustful bukan sesuatu yang mau, dan boleh dibahas di family friendly website kaya Dikakipelangi.com ini, tapi intinya, lust adalah semacam overflowing compassion yang berubah menjadi hal negatif dan obsesi karena kurangnya kemampuan perlampiasan emosi.

Tetapi menurut definisinya, Lust tidak hanya untuk those adult stuffs… Lust itu adalah abuse dari sebuah human need. Tetapi karena banyaknya sin lain untuk represent abusiveness dari dosa itu, jadinya Lust itu seringkali mengalami miskonsepsi untuk… yah itu lah. Sekali lagi, family friendly

Selain itu, Lust untuk hal-hal lain seperti, Lust for Money, dapat dibedakan dengan Greed. Lust itu dianggap berbeda dengan Greed jika seseorang telah menjadi kecanduan pada uang atau power. Perbedaannya ada disitu…

Secara fundamental, Lust adalah sebuah dosa yang membuat seseorang berpikir bahwa sesuatu yang bersifat pleasure sebagai hal yang merupakan kebutuhan, dan merasa tidak bisa hidup tanpa itu. (Cough, online game addicts, COUGH).

Knightly Virtue (kualitas kesatriaan) dari Lust adalah Chastity, yang berarti seseorang dengan hati yang murni, dan intention yang murni juga.

Believe it or not, this 18+ sin di represent oleh… ahahaha… Spongebob himself.

WHAT!? KOK BISA SIH? Jadi keyword hari ini dimulai di… “Tidak Bisa Menahan Diri” dan dilanjut dengan “Overflowing Compassion”. Spongebob sendiri merupakan orang yang gak bisa menahan diri, as if itu ga cukup jelas. Dan kalau ngeh, overflowing compassion ini berarti dia terlalu adore sama beberapa orang, sampai ke titik dia “nyandu” ngegangguin orang. Yeah rada gak jelas, tetapi ini mungkin sin paling susah di represent di sebuah film anak-anak.

Gluttony

Gluttony… Augustus Gloop reminds me of this… Kayanya Charlie And The Chocolate Factory juga semacam memiliki koneksi dengan 7 Deadly Sins ini… Minor break dan off-topic btw Augustus (fat kid) itu gluttony, Violet (doyan bubble gum) itu Pride, Veruca (spoiled kid) itu Greed, dan Mike (TV Addict) itu Sloth…

On topic. Gluttony adalah sebuah sin yang fokus ke makan. Jika Lust tadi fokus ke tidak mau hidup tanpa sesuatu, Gluttons ini adalah orang-orang yang tidak mau berhenti makan. Tetapi, meski Gluttony itu seringkali membahas makanan, dan kebanyakan makan… Sebenernya secara fundamental, dia bukan itu.

Fundamentally, Gluttony adalah perasaan untuk tidak mau berhenti mendapatkan pleasure, yang terkadang juga membutakan orang dari rasa cukup. Overabusing sesuatu ketika seharusnya kita sudah cukup mendapatkan pleasure itu sudah bisa dan seharusnya dianggap sebagai gluttony.

Alhasil kalau kita mau liat perbedaan jika Gluttony ini ingin diberikan ke hal lain selain makanan, misalnya.. uang (iya, lagi) gitu? Gluttony adalah saat jika seseorang ga mau berhenti buat indulge dirinya sendiri ke si uang.

Jika Lust adalah saat seseorang menjadi addict dan tidak bisa hidup tanpanya, gluttony adalah overindulgence dan ketika seseorang udah bener-bener gak mau berhenti sampai dia “kenyang”.

Knightly Virtue, atau kebalikan dari Gluttony adalah Temperance, which represents… ya balance dan perasaan “sabar”.

Nah… tokoh yang merepresent gluttony di Spongebob itu… si peliharaannya Spongebob. That snail known as Gary.

Ini hal yang rada… gak jelas sebenernya 🙁 Like, gimana orang bisa nemuin benang merah antara si keong sama gluttons? Mungkin diantara sin dan tokoh lainnya ini paling gak jelas. Jadi ternyata, Gary ini sering membuat Spongebob harus pulang kerja cepet, sampai-sampai si Spongebob ini untuk… “Gary harus dikasih makan!” Karena, Gary ini ga bisa berhenti makan. Jadinya, dia semacam, Gluttony without the fatness.

In Conclusion

Aku capek…

Oh bukan ya… Hmm…

Every problem has a simple solution. Sometimes a solution can solve many problems.

Oke, jadi, jika kita anggap 7 Deadly Sins ini adalah sebuah hal yang negatif, dan ada 7 dosa yang dasarnya juga beda-beda. Sebenernya solusinya cuman satu lho…

Jadi orang yang content, dan merasa cukup pada dirinya, dan apa yang dia miliki. UDAH! CUKUP, semua sins itu terpecahkan dengan sebuah solusi mudah.

Also conclusion tambahan, spongebob kurang dibahas, tepuk jidad… tapi ya, semoga tidak terkesan clickbait, karenas seriusan, ini BUKAN clickbait. Tetapi aku terbawa arus dan jadi ngebahas 7 Deadly Sins dan melupakan tujuan utama artikel ini.

Dan btw, Spongebob itu film anak-anak dengan konflik orang dewasa, jadi please, watch with caution.

Until next time!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *